Ketika menyusuri pinggir pantai kota kelahirannya di Porto, Portugal, desainer João Leão terganggu dengan banyaknya sampah plastik yang menumpuk.


Tidak ingin tinggal diam, João mulai mencari cara untuk mengurangi sampah plastik tersebut. Ia lalu membuat PET (Personal Electric Transport) Mini, papan skate elektrik yang seluruhnya terbuat dari sampah plastik.







Selain mengurangi sampah plastik, tingginya tingkat pergerakan pekerja (commuting) di Porto dan fasilitas transportasi publik yang buruk membuat ide ini harus terealisasi.


Baca juga: Instalasi Sampah Plastik Laut Dalam Ruangan


Proses desain dimulai sejak memilih sampah plastik jenis apa saja yang cocok dijadikan sebagai material papan. Di antara ABS, PP, PET, dan HDPE, João akhirnya memutuskan untuk menggunakan plastik HDPE yang lebih sesuai.




Pendiri Maker Studios ini lalu meminjam bentuk kulit trenggiling ketika mendesain rumah sirkuit elektronik yang berada di bawah papan.




Baca juga: Studio Desain Asal Inggris Sulap Sampah jadi Speaker


Rumah tersebut ia klaim cukup kuat untuk melindungi komponen sirkuit tanpa harus memengaruhi gaya jalan papan itu sendiri.




Di bagian akhir, papan skate tersebut dicetak menggunakan mesin perkakas 3D CNC dengan material plastik yang sebelumnya sudah ditentukan.


Dengan berat sekitar 7,7 kilogram dan panjang 75 sentimeter, papan skate yang terbuat dari sampah plastik ini bisa melaju dengan kecepatan maksimum 33 kpj. Baterai papan skate ini juga bisa bertahan hingga 35 kilometer dengan 2 jam pengisian ulang baterai.



Sumber, foto & teaser: Inhabitat