Kontainer atau peti kemas merupakan kotak besi besar yang biasa digunakan untuk mengirimkan barang dalam skala besar, biasanya ke luar negeri.


Kontainer bekas yang sudah tidak digunakan – meski bukan hal baru – kini banyak dijadikan material utama untuk membangun hunian.





Hunian yang sering disebut dengan istilah prefab (bongkar-pasang) ini mulai banyak dilirik karena diklaim lebih cepat proses konstruksinya dan ramah lingkungan karena menggunakan material-material bekas.


Jika Anda tertarik membangun hunian prefab menggunakan material kontainer bekas, berikut CASA Indonesia sajikan 5 inspirasi desain yang bisa membantu Anda.


1. Tambahkan panel-panel kayu.



Cladding kayu vertikal sebagai fasad / Antonio Corcuera


Tampilan natural adalah salah satu aspek dari hunian berparas modern. Anda bisa menggukanan susunan cladding kayu vertikal sebagai fasad rumah kontainer.


Susunan tersebut, selain menampilkan aura natural, juga dapat melindungi lapisan kontainer bermaterial besi yang rentan berkarat, ketika terkena air hujan.


2. Berikan bukaan lebar.



Jendela floor to ceiling untuk rumah kontainer berparas modern / Pinterest


Secara gaya, kontainer berbentuk balok memang sudah sesuai untuk hunian berparas modern.


Baca juga: 15 Ide dan Inspirasi Jenis Pintu Kayu untuk Hunian


Tidak hanya memiliki bentuk sederhana, hunian berparas modern juga sebaiknya memaksimalkan cahaya alami.


Anda bisa memberi bukaan lebar pada salah satu sisi kontainer sebagai jendela untuk membiarkan cahaya matahari masuk. Sebaiknya, jendela tersebut diarahkan ke barat karena matahari sore memiliki derajat panas lebih tinggi dibandingkan pagi hari.


3. Gunakan konsep rumah panggung.





Rumah kontainer berbentuk rumah panggung / Studio Saxe


Bentuk kontainer yang kaku membuat rumah kontainer tidak bisa begitu saja dibangun di atas lahan yang bergelombang.


Untuk menyiasati kekurangan tersebut, dirikan kaki-kaki bermaterialkan besi untuk menopang kontainer selevel lebih tinggi dari tanah.


Selain dapat membuat rumah kontainer berdiri di atas lahan yang tidak rata, rumah panggung dari kontainer ini juga tahan banjir. 


4. Ekspos warna asli kontainer.



Satu massa bangunan terdiri dari dua kontainer dengan warna asli berbeda / Mito Covarrubias


Ketika membangun rumah kontainer, Anda bisa melapisi sisi luar kontainer dengan cat atau cladding kayu sehingga permukaan asli kontainer yang terkesan 'buruk' bisa ditutupi.


Baca juga: 10 Inspirasi Rak TV Minimalis Modern Terbaru!


Namun untuk kesan nyentrik, Anda bisa menampilkan lapisan asli kontainer. Jangan ragu untuk memilih kontainer dengan warna berbeda agar fasad Anda kian mencolok. 


5. Susun kontainer sekreatif mungkin.



Susunan crossbox menampilkan rumah kontainer berbentuk kantilever / Architecturian


Material kontainer yang solid membuat peti-peti ini bisa disusun sedemikian rupa.


Susunan kontainer bisa dibuat sekreatif mungkin; tidak hanya dalam susunan linear, tetapi juga silang-menyilang, bahkan menjorok ekstrem seperti rumah kantilever.


Foto teaser: dok. Architecturian