Dapur berantakan dan menyebabkan kebingungan saat ingin menyiapkan masakan adalah hal terakhir yang Anda inginkan. Proses yang terkadang rumit ini perlu diatasi dengan rak dapur dengan layout efektif menyesuaikan dengan ruang yang Anda miliki di rumah.


Bentuk seperti apa saja yang dapat menjadi solusi layout rak dapur untuk dapur Anda?




Baik digantung maupun berkonsentrasi di area bawah dapur bisa dilakukan untuk mewujudkan rak dapur bergaya minimalis di hunian. Mari simak ulasan lengkap berikut untuk solusi rak dapur minimalis yang tentunya membuat dapur lebih rapi.


1. Gantung di dinding alat yang sering digunakan

Menaruh seluruh perangkat di dalam kabinet memang terlihat lebih rapi. Namun, bisa saja menjadi kurang efektif jika terdapat alat-alat yang sering digunakan. Contohnya seperti sendok dan spatula. Taruh alat tersebut dalam satu wadah lalu gantung pada strip metal pada backsplash.


EN House oleh DFORM / Kiearch

EN House oleh DFORM / Kiearch



Baca juga, Sudah Dicoba, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


2. Rak gantung untuk piring kesayangan

Gelas serta piring favorit Anda dapat disusun rapi pada rak gantung terutama jika akan sering dipakai. Susun rak hingga tiga tingkat agar masih mudah untuk dijangkau. Untuk barang-barang berukuran kecil satukan dalam kotak yang dapat diletakkan di rak paling atas.


The Handmade Home

The Handmade Home


3. Kabinet dengan gagang pintu di sisi bawah

Bagi area penyimpanan menjadi di bagian bawah serta atas permukaan meja dalam bentuk kabinet. Untuk mempermudah jangkauan tangan, dapat menggunakan kabinet dengan gagang pintu di sisi bawah. Sehingga pintu nantinya justru akan terbuka dengan arah dari bawah lalu ke atas.


Marta Wojtysiak

Marta Wojtysiak


4. Gunakan kaca pada pintu kabinet

Simpan peralatan makan Anda dan susun rapi di dalam kabinet bagian atas. Piring dan gelas yang tertata rapi bisa menjadi unsur estetika pada dapur yang terlihat berkat penggunaan kaca. 


Linda Levene / LLI Design

Linda Levene / LLI Design 


Baca juga, 20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis


5. One wall Kitchen

Jika memiliki bukaan jendela pada dua sisi ruang yang berseberangan, taruh rak dapur Anda pada salah satu dinding. Dengan demikian pergerakan menjadi lebih leluasa dan rak dapat disusun dalam jejeran garis horizontal yang rapi.




Tria Arquitetura / Julia Ribeiro

Tria Arquitetura / Julia Ribeiro


6. Kamuflase kabinet di pantry dengan sliding partition

Elemen yang fleksibel merupakan solusi bagi yang tinggal di apartemen atau di hunian dengan lahan terbatas. Terapkan kabinet secara compact dalam layout one wall kitchen dengan rak bagian atas yang sekaligus menyimpan exhaust. Jika sudah selesai menggunakan dapur, Anda dapat menutupinya dengan partisi dengan fitur sliding dan mengubah area tersebut menjadi living room.


Brad Swartz Architects / Tom Ferguson

Brad Swartz Architects / Tom Ferguson


7. Garis vertikal pada pintu kabinet

Unsur vertikal membantu menciptakan ilusi ruang yang lebih tinggi. Maka garis vertikal terbuat kayu dapat Anda contoh sebagai motif pada pintu kabinet serta bagian badan pada island.


Brave New Eco / Emma Byrnes

Brave New Eco / Emma Byrnes



Baca juga, Ini Dia Material Solutif untuk Dapur dan Kamar Mandi!


8. Susun kabinet dengan layout = (2 baris)

Untuk dapur yang terletak di sudut rumah, barisan kabinet yang terbagi dua bisa membantu efektivitas saat beraktifitas di dapur. Bayangkan saja, Anda bisa dengan mudah menumis masakan sambil mencuci sayuran di dekat wastafel hanya dengan membalik badan. Saat berdiri di satu titik, bisa menggapai beragam alat dan bahan masakan di kabinet yang terletak di depan maupun di belakang Anda.


Dazey Dessert House / Danielle Roxanne Nagel

Dazey Dessert House / Danielle Roxanne Nagel



Baca juga, Ingin Dapur Kecil Terasa Besar? Ini 8 Tipsnya!


9. Rak kabinet terletak di bawah

Solusi ini akan tepat bagi yang memiliki apartemen dengan tinggi kurang dari tiga meter, berbentuk persegi, dan memiliki layout yang menyatukan living room, dining room, dan dapur. Agar menghindari kesan sempit, dengan memenuhi kabinat di bagian atas dinding dapur, Anda dapat menerapkan seluruh kabinet penyimpanan di bagian bawah yang sekaligus menjadi meja preparation.


HUS Arquitetos

HUS Arquitetos




Foto teaser: Pantry di Lokal Hotel oleh KJO Architecture / Heidi's Bridge