Sebenarnya, ada hal yang perlu dipertimbangkan sebelum orang memilih tinggal di komplek perumahan. Seperti, mereka harus memperhatikan keamanan, suasana, fasilitas yang didapat, dan letaknya yang strategis atau tidak.

Ditambah lagi, biasanya rumah-rumah yang berada di komplek telah memiliki desain yang sudah ditentukan. Namun, hal itu tidak berlaku untuk beberapa komplek perumah unik yang tersebar di seluruh dunia ini.

Oleh karena itu, CASA Indonesia telah membuat 10 kompleks unik dari seluruh dunia.





1. Menetap di rumah Hobbit


Earth House, Switzerland / Pinterest


Seorang arsitek asal Swiss, Peter Vetsch menciptakan komplek perumahan ala Hobbit yang dinamakan Earth Houses. Komplek yang berada di Switzerland ini terdiri atas sembilan rumah yang masing-masing memiliki 3 sampai 7 kamar tidur. Komplek ini terlihat sangat asri karena ditimbun oleh tanah dan rumput. Penghuni pun bisa menghemat listrik di rumah karena rumah ini terasa sejuk saat musim panas dan lebih hangat saat musim dingin. 


Baca juga, 16 Macam Arsitektur Rumah Paling Populer dan Sejarahnya


2. Perumahan yang terdapat di lantai 10 


Cosmo Park, Thamrin City / Metro TV


Memiliki fasilitas yang lengkap karena ada taman, lahan parkir, lapangan tenis, dan kolam renang. Meski terletak di atas gedung Thamrin City, Jakarta, Cosmo Park ini cukup aman dan sudah memiliki sertifikat. Dengan desain rumah modern minimalis, penghuni pun tetap dapat merasakan tinggal di komplek seperti biasanya dengan pemandangan gedung-gedung Jakarta Pusat di malam hari. 


Baca juga, Solusi Desain Rumah Masa Depan dari Belanda untuk Anda


3. Tinggal di dalam rumah berbentuk kubik miring


Cubic House, Rotterdam / Holand


Lokasinya berada di Rotterdam, Belanda. Cubic House, merupakan komplek perumahan berbentuk kubis ini sengaja dibuat miring seakan sedang menggelinding. Meskipun tampilan luar terlihat miring, ternyata itu tidak berlaku untuk area dalam. Bagian dalam tetap mendatar normal seperti rumah pada umumnya.


4. Kumpulan dinding putih dengan atap abu-abu


Alberobello, Italia / We The Italians


Tetap mempertahankan gaya bangunan abad ke-14, dengan dominasi dinding berwarna putih dan atap abu-abu. Alberobello, pemukiman di Italia telah mendapatkan gelar salah satu kota tercantik di dunia. Para warga juga telah membangun sebuah museum untuk para turis yang ingin mengenal lebih jauh kota ini. 


Baca juga, Da Maria Hadirkan Suasana Segar Tepi Laut Italia


5. Surga dunia di ujung utara


Qasigiannuguit, Greenland / Pinterest


Qasigiannuguit, pemukiman cantik yang berada di ujung utara dunia menjadi surga dunia yang terlupakan. Dikelilingi oleh pegunungan, lokasi yang tersembunyi membuatnya dikatakan "Spotted Seals" untuk hewan-hewan laut yang tinggal di teluk tersebut. Tempat ini pun menjadi objek wisata bagi para turis berbagai negara untuk merasakan kelestarian keindahan serta elemen sejarah dan budaya yang masih ada.





6. Terlihat seperti sebuah latar film kolosal Asia


Fenghuang Ancient Town, Tiongkok / Tripadvasor


Berada di kaki gunung dan daerah aliran sungai Tuojiang, kota tua Fenghuang pemukiman ini pertama kali dibangun pada tahun 1704. Area ini pun menjadi salah satu tempat di Tiongkok yang tidak terpapar oleh modernitas. Suasananya pun mengingatkan akan setting sebuah film kolosal Asia yang terkenal pada zamannya.


Baca juga, Transformasi 5 Kota Megah Tiongkok


7. Singgah di lembah pegunungan


Aït Ben Haddou, Maroko / Tripadvasor


Pemukiman cantik yang berada di Maroko Aït Ben Haddou terletak di dekat lembah Pegunungan Atlas. Dulunya tempat ini seringkali disinggahi oleh para pedagang rempah, namun semenjak ada jalur perdagangan yang lebih cepat, tempat ini sepi akan pedagang yang mengakibatkan perekonomian di desa ini melambat. Para penduduk pun mulai meninggalkan pemukiman ini dan membuatnya menjadi semacam relik.


8. Mengapung di atas air


Cua Van, Vietnam / Lanhabaycruises


Baca juga, Unik! Resort Ini Berada di Antara Teluk dan Laut


Berada di Ha Long Bay, Cua Van adalah sebuah desa yang mengapung di atas air. Terdiri dari beberapa rumah warna-warni yang memang sengaja dibangun di atas air ini memiliki pemandangan cantik tidak ada duanya. Dikelilingi pegunungan yang gagah, membuat pemukiman unik ini semakin menawan untuk dilihat dari berbagai sudut.


9. Kecantikan hunian saat tertutup salju


Desa Shirakawa-go / Japanbyjapan 


Berisikan rumah-rumah tradisional Jepang, desa Shirakawa-go menjadi salah satu desa wisata terfavorit oleh para turis yang telah datang ke Jepang. Letaknya berada di lereng gunung Haku-san, pemukiman ini terlihat sangat cantik saat diselimuti salju tebal.


Baca juga, 9 Hotel Unik di Jepang yang Harus Anda Coba


10. Menikmati keindahan Santorini dari pemukiman tradisional


Oia Greece / Flickr


Pemukiman tradisional yang terletak di Santorini ini memiliki rumah yang didominasi oleh warna biru dan putih. Berada di atas tebing dan berbatasan langsung denngan pemandangan laut Mediterania, para pengunjung bahkan masyarakat yang tinggal di sini akan terkesima melihat keindahannya.


Sumber foto + teaser: landolia