Sepuluh hasil imajinasi dari berbagai pelaku industri kreatif yang menggambarkan Nusantara lewat karakternya masing-masing di pameran Casa Indonesia ke-10. Dari tahun ke tahun, area Designer Showcase Casa Indonesia selalu menghadirkan karya-karya yang luar biasa dan mampu menarik perhatian para penikmat desain dan arsitektur yang memikat hati.





Tahun ini pameran Casa Indonesia 2020 kembali hadir pada 7 - 10 Mei mendatang. Sebelum itu, mari bernostalgia untuk mengintip hasil karya-karya yang terlibat pada Casa Indonesia 2019 kemarin.


1. Pulang karya Arumdalu Lab



Membangun rumah dengan biaya lebih murah dan compact adalah ide yang mengawali karya di zona Designer Showcase bertajuk Pulang milik Arumdalu Lab. 


Baca juga, Kapan Pameran Casa Indonesia 2020 Diselenggarakan?


2. Khayal Semesta karya DP + HS Architects 



Instalasi duo Don Pieto dan Henny Suwardi di zona Designer Showcase menarik perhatian pengunjung dengan instalasi yang dreamy serta dapat menyegarkan visual Anda. 


3. Between The Lines karya WOFFICE



Karya Designer Showcase dari biro arsitek yang digawangi Joe Willendra menghadirkan gemulainya perforated steel yang sangat bagus untuk Anda abadikan di akun media sosial.


Baca juga, Temukan 17 Instagrammable Spot di Casa Indonesia 2019!


4. Kaleidoskop karya Ong Cen Kuang



Para peserta Designer Showcase sepertinya berbondong-bondong dalam menciptakan karya yang instagrammable. Bersama instalasi bertajuk Kaleidoscope, lini produk lighting ini mencuri perhatian pengunjung untuk mengabadikan momen di dalamnya.


5. Seasonal Affective Disorder (SAD) karya Isha Hening



Bergabung dalam zona Designer Showcase, mengabadikan kunjungan ke pameran Casa Indonesia 2019 menjadi lebih trendy dengan karya motion graphic artist ini.




Baca juga, 8 Fakta Menarik Tentang Casa Indonesia 2019


6. Upholstering The Body, Dressing The Room karya Auguste Soesastro


Ke dalam Upholstering The Body, Dressing The Room Auguste Soesastro membungkus segala objek sehari-hari, mulai dari perabot, pakaian, hingga perlengkapan rumah, dengan satu jenis kain. Inilah hasil dari presentasi yang mendemonstrasikan luasnya kemungkinan dari sebuah bahan yang memiliki pemikiran fungsional. 


7. Inane karya Budi Kurniawan



Sebuah instalasi yang menawarkan interpretasi tentang Khatulistiwa dari jalan kehidupan dan berharap agar manusia dapat terlepas dari batasan-batasan hal skeptis. 


Baca juga, Perayaan 1 Dekade, Pameran Casa Indonesia 2019 Dibuka!


8. Kontemplasi Utopia Tropis karya Antonius Richard 



Instalasi yang berfungsi sebagai metafisik ironi tentang pentingnya ruang kontemplasi publik sebagai bentuk selebrasi akar ruang-ruang di Indonesia. 


9. Cloud Karya Joko Avianto


Cloud, sebuah instalasi yang dihadirkan oleh seorang senimat pahat, Joko Avianto, mengimplementasikan karakter yang kita cari dalam imaji-imaji awan. Bentuk instalasi yang menggambarkan gumpalan-gumpalan awan yang cenderung organis, formal yang semrawut, sekaligus teratur dalam empat buah panel jalinan PU dari Viro Build. 


Baca juga, Selebrasi Pemenang Casa Design Challenge 2019


10. Matahari Nusantaraku karya Artmosphere



Seperti memasuki bumi dengan lapisan-lapisan panel yang merepresentasikan garis-garis lintang. Instalasi Matahari Nusantaraku karya desainer cahaya, Artmosphere, warna cahaya matahari yang natural, yakni color temperature merupakan dasar dalam menentukan pencahayaan dalam proyek ini. 


Sumber foto + teaser: Dok. CASA Indonesia