Malam penganugerahaan film paling bergengsi di dunia, Academy Awards ke-92 pada 9 Februari waktu Amerika Serikat telah dihelat.


Acara yang biasa disebut Oscars ini menampilkan deretan sutradara dan film-film bergengsi yang bersaing dalam 24 kategori.






Poster The Two Popes / Amazon


Salah satu film tersebut adalah The Two Popes, film karya sutradara Fernando Meirelles yang mengisahkan Paus Benediktus XVI (Anthony Hopkins) dan Kardinal Jorge Mario Bergoglio (Jonathan Pryce).


Baca juga: Nyaris Saja! 6 Selebriti yang Hampir Menjadi Arsitek


Meirelles, sutradara dari film yang mendapatkan tiga nominasi Oscars 2020 ini ternyata tidak mengawali pendidikannya di ranah sinematografi, tetapi di bidang arsitektur.



Profil Fernando Meirelles / Variety


Sutradara kelahiran 9 November 1955 ini mengenyam pendidikan arsitektur di Universitas Sao Paolo, Brasil.


Meski menjadi mahasiswa arsitektur, Meirelles muda sudah menunjukkan ketertarikannya terhadap seni sinematografi. Tidak seperti mahasiswa arsitektur pada umumnya, dia bahkan menggunakan medium film untuk mempresentasikan tugas akhirnya.




"Saya tidak pernah bekerja sebagai arsitek, tetapi saya selalu berpikir sebagai arsitek. Arsitektur memiliki kemiripan dengan penyutradaraan. Arsitek adalah orang dengan visi dan dia membutuhkan kemampuan orang lain untuk membuat visinya terlaksana. Sutradara juga sama seperti itu," ujar Meirelles seperti dilansir Collider.


Baca juga: 5 Arsitek Asal Tiongkok dengan Karier Menakjubkan


Keilmuan arsitekturnya tersebut membuat film-film Meirelles peka terhadap konsep keruangan. Salah satu film yang melejitkan namanya, City of God (2002) menunjukkan hal itu.



Salah satu adegan di dalam City of God / Time


Dilansir The Guardian, Sao Paolo, kota yang menjadi latar film City of God disulap Meirelles menjadi satu instalasi besar.


Untuk film terbarunya, The Two Popes, Meirelles membuat ulang set Kapel Sistina, lengkap dengan fresco renaisans karya Michelangelo pada ceiling yang serupa aslinya.



Kapel Sistina sebagai latar The Two Popes / Los Angeles Times


Teaser: Los Angeles Times