Academy Awards ke-92 atau Oscars yang dihelat di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat baru saja menghasilkan banyak rekor dan fakta-fakta baru.


Simak 10 fakta unik yang telah dihimpun CASA Indonesia mengenai malam penganugerahaan Oscars 2020.





1. Tidak ada sutradara perempuan dalam nominasi Best Director.



Profil Greta Gerwig. Filmnya yakni Little Women (2019) tidak masuk dalam radar Best Director / Variety


Meski 62 perempuan tercatat sebagai nomine di dalam keseluruhan kategori Oscars 2020, dan menjadi yang terbanyak dalam sejarah Oscars, tidak ada satu perempuan pun yang bersaing di dalam kategori Best Director.


Kathryn Bigelow menjadi perempuan pertama yang memenangkan Best Director pada 2009 lewat film The Hurt Locker. Lalu Greta Gerwig terakhir menjadi nomine Best Director pada 2017 lewat film Lady Bird.


2. Toy Story menjadi waralaba animasi pertama yang bolak-balik memenangkan Oscars.



Salah satu adegan Toy Story 4 dengan detail visual dan tekstur mumpuni / Detroit Metro Times 


Toy Story 4 tidak hanya menunjukkan karya animasi penuh pengalaman dari Disney, film yang memenangkan Best Animated Feature ini juga mencetak rekor baru.


Waralaba animasi yang pertama kali dirilis 1995 silam ini telah memenangkan dua penghargaan Oscars kategori Best Animated Feature; Toy Story 3 pada 2011 dan Toy Story 4 pada 2020.


3. Netflix menjadi studio yang mengumpulkan nominasi terbanyak dalam Oscars 2020.



Profil Marriage Story (2019), film garapan Noah Baumbach yang khusus disiarkan melalui Netflix / Netflix


Setelah sebelumnya berjaya lewat film Roma (2018), perusahaan layanan streaming Amerika Serikat Netflix kini menjadi studio film yang mengumpulkan nominasi terbanyak dalam Oscars 2020; yakni 24 nominasi.


4. The Irishman hasilkan proses de-aging yang inovatif.



Salah satu adegan di dalam The Irishman / The Verge


Menggunakan sistem berbasis cahaya dan tekstur dan perangkat lunak yang mampu mengubah bentuk wajah karakter tanpa polesan animasi, The Irishman karya Martin Scorsese menjadi kontestan kuat dalam gelaran Oscars 2020.


Baca juga: Panggung Oscars 2020: Ternyata Berbentuk Angin Topan!


Meski tidak menyabet satu gelar pun dari 10 nominasi, proses de-aging film ini ternyata cukup rumit dan patut dibahas. 


Untuk membuat The Irishman sempurna, tim VFX menciptakan 1750 rekaman untuk film tersebut, yang secara hitungan setara dengan rekaman untuk dua film.


5. Ford v Ferrari gunakan practical effect semaksimal mungkin.



Tampilan mobil di dalam Ford v Ferrari / Hollywood Reporter


Meski menjadi film yang mengangkat latar 1966 dengan suasana dan mobil-mobil balap klasik berharga tinggi, film Ford v Ferrari tetap memaksimalkan practical effect dalam tiap adegannya.


Setiap mobil klasik yang keluar di dalam film secara khusus dibuat untuk keperluan pengambilan gambar. Hal tersebut merupakan keinginan dari sutradara James Mangold yang tidak ingin terlalu banyak menggunakan CGI.




6. 1917 hadirkan film dengan gaya one-take yang rumit.



Salah satu adegan di dalam film 1917 / USA Today


FIlm 1917 garapan Sam Mendes secara kasat mata hadir sebagai film yang menampilkan gaya one-take dari awal hingga akhir film.


Padahal, film tersebut merupakan kombinasi dari berbagai macam teknik pengambilan gambar, penyuntingan, dan CGI hingga film tersebut terkesan seamless. Meski begitu, rekaman terpanjang yang difilmkan memiliki durasi sekitar 9 menit.


7. Joker menjadi film yang paling banyak mendapatkan nominasi.



Profil Joaquin Phoenix sebagai Joker / IndieWire


Film garapan Todd Phillips yang bercerita tentang kisah lahirnya Joker (Joaquin Phoenix) menjadi film yang paling banyak mendapatkan nominasi pada Oscars 2020.


Baca juga: Sutradara Nomine Oscars 2020 ini Pernah Kuliah Arsitek


Dari 11 nominasi, film ini meraih dua penghargaan; Best Actor (Joaquin Phoenix) dan Best Original Music Score (Hildur Guðnadóttir).


8. Martin Scorsese menjadi sutradara hidup yang paling banyak mendapatkan nominasi Best Director Oscars.



Profil Martin Scorsese / Variety


William Wyler menjadi sutradara yang paling banyak mendapatkan nominasi Oscars, yakni 12 nominasi. Namun, Wyler telah meninggal 27 Juli 1981 silam.


Meski pencapaian Martin Scorsese belum melampaui Wyler, ia tetap menjadi sutradara yang paling banyak mendapatkan Oscars yang hingga kini masih hidup, yakni 9 nominasi Best Director.  


9. Hildur Guðnadóttir menjadi perempuan pertama yang memenangkan Best Original Score.



Hildur Guðnadóttir menerima piala Oscar untuk Best Original Score / Variety


Hildur Guðnadóttir menjadi perempuan pertama yang memenangkan Best Original Score. Sebelum Academy of Motion Picture Arts menggabungkan kategori terkait score pada 2002, ada 6 perempuan yang pernah dinominasikan.


10. Parasite memecahkan banyak rekor.



Salah satu adegan di dalam film Parasite / Hollywood Reporter


Parasite, film karya Bong Joon-ho merupakan film yang menjadi headline Oscars 2020. Film yang mengisahkan konflik antar kelas sosial ini memecahkan banyak rekor.


Parasite menjadi film Korea pertama yang berhasil memenangkan 4 kategori sekaligus pada perhelatan Oscars 2020; Best Foreign Language, Best Original Screenplay, Best Director, dan Best Picture.


Parasite juga menjadi film berbahasa non-Inggris pertama yang berhasil memenangkan kategori Best Picture. Ia juga menjadi film Korea pertama yang memenangkan Best Foreign Language.