Hari Valentine yang dirayakan di seluruh dunia setiap tanggal 14 Februari ini identik dengan Hari Kasih Sayang. Namun memang, ungkapan dan tindakan untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayang tidak harus bertepatan dengan hari Valentine setiap tanggal 14 Februari, melainkan bisa dilakukan setiap hari.




Sejarah yang melatarkbelakangi perayaan Hari Valentine ini adalah dari kisah dan cerita seorang Santo yang bernama Valentinus di zaman Kaisar Caludius II. Valentinus meninggal setelah menjalani hukuman pancung karena membantu menikahkan banyak pasangan secara diam-diam. Karena disebut sebagai pejuang cinta, maka sebagai tanda penghormatan dirinya maka setiap tanggal 14 Februari dijadikan hari Valentine yang mengambil namanya sebagai sebuah tradisi hari peringatan.


Peringatan hari kasih sayang ini, tenyata memiliki beberapa simbol dan makna hari Valentine yang ternyata tidak banyak orang yang mengetahui.


1. Simbol hati terpanah



Cokelat bentuk hati



Simbol hati yang berwarna merah dan tertusuk panah ini merupakan salah satu simbol hari Valentine. Makna yang terkadang di dalam simbol tersebut, yaitu jantung yang melambangkan cinta dan memberikan hati secara penuh untuk seseorang ini berarti menyerahkan seluruh hidupnya kepada orang yang dipilih dan dikasihi.


Hati yang tertusuk panah ini dimaknai seseorang yang memberikan hatinya, dan otomatis harus menanggung risiko meskipun pada akhirnya ditolak dan menjadikan dirinya sakit hati. Sebagian orang juga mempercayai bahwa simbol hati dan panah ini merupakan lambang dari penyatuan antara laki-laki dan perempuan. Jadi, jangan heran jika Anda akan banyak menemukan simbol ini dalam dekorasi hari Valentine.


Banyak juga simbol Valentine yang berbentuk hati ini digantikan dengan kotak coklat yang dibentuk seperti hati yang diberikan special untuk orang tersayang.


Baca Juga: Hadiah Valentine Sesuai Zodiak untuk Pasanganmu!


2. Bunga mawar



Rangkaian Bunga Mawar

Bunga Mawar/baletonflowerchef



Bukan hanya sebagai simbol yang biasa digunakan ketika perayaan hari Valentine. Dibalik dijadikannya simbol dan hadiah hari Valentine, ternyata ada kisah populer dari legenda di Roma yang menceritakan tentang Cupid. Cupid membawa vas berisi nektar manis untuk para dewa di Gunung Olympus. Di dalam perjalanan, beberapa nektar tumpah di tanah.


Dari tumpahan nektar ini, lalu muncul bunga mawar yang indah. Jika dipikir-pikir lagi, bahwa ada hal yang menarik yang perlu untuk diperhatikan, jika huruf-huruf kata 'rose' disusun ulang maka akan menjadi Eros yakni Dewa Cinta.


Selain sebagai simbol perayaan Valentine, bunga mawar ini juga dijadikan sebagai hadiah Valentine sebagai bukti tanda rasa cinta dan kasih sayang. Mulai dari sati tangkai mawar merah hingga satu bucket bunga yang akan membuat hati pasangan semakin cinta.


3. Simpul cinta



Cincin bentuk love

Cincin bentuk love/moachimo



Simpul cinta ini menjadi salah satu simbol hari Valentine yang ternyata tidak ketahui banyak orang. Simpul ini adalah rangkaian lilitan dan jalinan loop yang tidak ada awal ataupun akhir, layaknya simbol ‘tidak terhingga’ di dalam Bahasa matematika.




Memang banyak simbol-simbol yang berasal dari mitologi Yunani atau Eropa, simpul cinta ini ternyata muncul dari tradisi dari bangsa Arab. Kisah ini terjadi ada seorang wanita muslim muda yang tinggal di rumah ortodoks yang terkenal ketat. Wanita ini memiliki ketertarikan kepada pria dan sering mengirimkan pesan rahasia yang dibuat dari simpul karet sebagai tanda cinta.


Kisah tersebut menjadi sebuah tradisi dalam pengiriman pesan, dan saat ini ternyata simpul ini masih digunakan ketika mengirim pesan melalui internet.


Sebagai simpul cinta, ini diibaratkan layaknya sebuah cincin yang bisa dijadikan sebagai hadiah Valentine. Bukan hanya hadiah, memberikan cincin ini bisa Anda jadikan sebagai media untuk melamar pasangan. Sungguh romantis!


Baca Juga: Manis & Romantis! Hadiah Valentine untuk yang Tersayang


4. Burung lovebird dan merpati


Kartu ucapan valentine

Kartu ucapan valentine handmade/deco.variat_handmade



Siapa sangka jika burung lovebird dan merpati ternyata merupakan salah satu simbol hari Valentine. Simbol ini berasal dari kepercayaan zaman dulu, di mana burung-burung ini menemukan pasangannya setiap tanggal 14 Februari.


Makna yang terkandung dalam simbol ini adalah sebuah kemurnian, kerendahan hati dua sejoli yang akan memunculkan visi setiap pasangan dalam hubungan percintaannya.


Anda bisa menggambar burung lovebird dan merpati ini untuk menghiasi kartu ucapan Valentine yang Anda buat sendiri. Dengan demikian, Anda akan terkesan sungguh-sungguh dalam mengungkapkan perasaan cinta dan sayang kepada pasangan.


Baca Juga: 9 Hadiah Manis di Hari Valentine


5. Cupid


Kartu Valentine

Kartu Valentine/deco.variat_handmade




Cupid dikenal dalam mitologi Yunani sebagai Eros putra Apphrodite yakni Dewi Cinta Yunani. Di mitologi tersebut, Cupid selalu diindetikkan oleh seorang anak muda, namun seperti bayi lengkap dengan sayap. Jika dalam Bahasa Latin, Cupid diartikan sebuah keinginan.


Dalam mitologi Latin, dewa asmara ditampilkan sebagai anak laki-laki bertubuh gemuk yang memiliki sayap yang tugasnya membuat orang jatuh cinta. Di mitologi yang lain menyatakan bahwa setiap orang yang ditembak panah Cupid ini akan jatuh cinta kepada orang pertama yang dia lihat. Bahkan panah Cupid ini tidak akan terlihat dan mereka tidak dasar jika mereka sudah ditembak oleh panah Cupid yang akan membuat mereka jatuh cinta.


Simbol ini bisa ditemukan dalam kartu-kartu ucapan hari Valentine yang didesain unik dan menarik dengan harapan kartu ini akan disimpan selalu oleh pasangan untuk mengingatkannya momen Valentine yang dilalui bersama.


Itulah 5 simbol dan makna hari Valentine yang ternyata banyak orang yang tidak mengetahuinya, bahkan bisa dijadikan ide untuk memberikan hadiah Valentine terindah untuk orang terkasih. Semoga bermanfaat !


Foto teaser: freestocks.org