Menerima sinar matahari di dalam apartemen tidak semudah menerima sinar matahari pada rumah tapak. Jumlah dan ukuran jendela yang terbatas menjadi penghalang dari masuknya sinar matahari ke dalam apartemen.






Pufik Homes


Masalah ini dapat menimbulkan suasana yang tidak semangat di dalam apartemen. Penghuni akan merasa tidak terinspirasi dan hal ini akan mempengaruhi produktivitas penghuni setiap harinya.


Bagaimana cara mensiasati hal ini? Simak artikel berikut!


1. Manfaatkan tembok putih apartemen Anda


Make Space


Apartemen dengan tembok yang berwarna putih akan memiliki suasana yang lebih terang dan segar dibandingkan dengan apartemen yang memiliki tembok dengan warna yang lebih gelap seperti hitam atau abu-abu.




Apabila tembok apartemen Anda berwarna putih, gorden dengan warna yang sama akan menjadi pasangan yang cocok. Warna putih secara otomatis akan menambah kesan terang pada ruangan, terutama pada pagi hari saat sinar matahari menembus jendela.

 

2. Tambahkan kaca sebagai aksen

Aksen apa yang dapat menambah kesan luas dan terang pada hunian? Kaca jawabannya! Bersahabatlah dengan kaca karena kaca dapat merefleksikan cahaya dan membuat ruangan terkesan lebih luas dan terang.



Tescar


Selain itu, kaca juga memiliki banyak sekali model, bentuk dan ukuran yang dapat disesuaikan dengan gaya interior dari hunian Anda sebagai hiasan yang dapat mempercantik.



Futurist Architecture


3. Hindari furnitur dengan warna gelap

Dengan misi menjadikan apartemen lebih terang, menghindari furnitur dengan warna yang gelap sudah menjadi kewajiban. Ganti perabotan Anda dengan warna-warna yang terang untuk mendukung sinar matahari yang masuk.





Decorpad


Menggunakan furnitur dengan bahan dasar kaca juga dapat dijadikan pilihan karena kaca dapat menerima dan memantulkan cahaya dengan baik.


Baca juga, 6 Tip & Trik Menata Interior Apartemen Kecil



Next


4. Minimalkan perabotan

Bertempat tinggal di dalam apartemen dengan jendela yang terbatas dan cahaya matahari yang minim dapat diatasi dengan mengurangi jumlah perabotan di dalam hunian. Selain terlihat lebih luas, hunian Anda juga akan terkesan lebih bersih karena banyak perabot yang berkurang.


Cate St Hill


Dengan hunian yang terkesan lebih luas dan terbuka, sinar matahari akan lebih mudah menggapai setiap sudut ruangan karena tidak ada perabot yang menghalangi masuknya sinar matahari.



The Ultra Linx


5. Bersihkan jendela secara rutin



Architecture Beast


Tips terakhir adalah bersihkan jendela secara rutin. Jendela adalah sumber masuknya sinar matahari ke dalam apartemen Anda. Apabila Anda membiarkan jendela kotor, maka cahaya yang masuk ke dalam hunian Anda akan terganggu dan berkurang.


Baca juga, 10 Desain Aksesori Jendela Minimalis untuk Rumah Anda



Bates Cleaning


Selain membersihkan jendela, melap perabotan-perabotan lain yang terbuat dari kaca juga sangat penting untuk menjaga kebersihan dan menambah kesegaran dalam hunian.


Sumber teaser: Pufik Homes
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara