Dulu warna abu-abu sering kali dianggap sebagai warna yang suram dan kelam, bahwa apabila warna abu-abu digunakan sebagai warna pada hunian maka hunian tersebut akan terkesan tidak hidup dan membosankan.




Tetapi seiring perkembangan di dunia desain, warna-warna netral seperti abu-abu belakangan ini justru menjadi primadona untuk dijadikan pilihan warna dalam mendekor hunian, tentunya dengan nada warna yang tepat.


Tip & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan

Elle Decor


Berikut CASA Indonesia telah merangkum beberapa tips dan trik untuk menggunakan warna abu-abu pada hunian dengan tepat.


1. Ketahui intensitas pencahayaan dari ruangan yang akan didekor

Warna abu-abu sering dijadikan warna dasar atau bahkan sebagai aksen pada hunian. Tetapi untuk mendapatkan hasil yang maksimal, Anda harus mengetahui terlebih dahulu intensitas pencahayaan yang akan diterima oleh ruangan.


Tip & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan

Freshome


Hal ini diperlukan untuk menyesuaikan warna abu-abu dengan intensitas cahaya yang akan diterima ruangan dan agar pemilihan warna dapat dilakukan dengan tepat.


2. Ketahui nada warna abu-abu yang tepat

Setelah mengetahui jumlah pencahayaan yang akan diterima ruangan, Anda dapat memilih warna abu-abu seperti apa yang akan cocok untuk diaplikasikan.


Ruangan dengan instensitas pencahayan yang tinggi akan cocok untuk diberi warna abu-abu dengan warna dasar yang hangat. Sedangkan ruangan dengan intensitas pencahayaan yang lebih rendah membutuhkan warna abu-abu dengan warna dasar yang lebih dingin.


Tip & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan

Freshome



Cara ini dilakukan untuk menghindari hunian terlihat kotor dan kumal karena pemilihan warna abu-abu yang salah.


Baca juga, 8 Kombinasi Warna Cat Ruang Tamu Minimalis Terbaik


3. Hindari warna abu-abu dengan warna dasar merah muda dan ungu

Masih berhubungan dengan tips sebelumnya, pemilihan warna abu-abu sebaiknya tidak memiliki warna dasar ungu dan merah muda. Warna dasar ini akan menghasilkan warna abu-abu yang tidak netral dan tidak dapat berbaur dengan warna lain pada hunian.


Tip & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan

Decozilla


Ruangan yang diberi warna ini akan lebih susah untuk disesuaikan karena warna ungu dan merah muda yang terdapat pada warna dasarnya tidak cocok untuk dijadikan warna yang netral.


4. Jangan takut untuk menggabungkan warna abu-abu dengan warna yang kontras

Sebagai warna yang netral, warna abu-abu akan dapat menjadi komplementer dari warna-warna terang seperti warna dari bebatuan permata, mulai dari warna biru, ungu, merah sampai hijau.


Tip & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan

Homedit


Penggunaan warna ini harus tetap disesuaikan dengan intensitas pencahayaan yang diterima oleh ruangan.


Baca juga, New and Fresh! 12 Tips Dekorasi Ruang Tamu Kekinian


5. Pilih warna abu-abu untuk perabot besar pada ruangan

Warna abu-abu dapat dijadikan aksen pada ruangan dengan mengaplikasikannya pada perabot-perabot berukuran besar seperti sofa, meja, kursi hingga tempat tidur.


Tip & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan

Camden Charter

Sumber teaser: Home Designing
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara