Mengecat dinding merupakan salah satu cara dalam bagian proses merenovasi untuk memberikan perubahan pada ruangan atau rumah secara keseluruhan. Mengecat dinding ruangan atau rumah akan terkait dengan warna cat yang akan digunakan. Ini karena setiap warna tentu akan memberikan aksen dan kesan yang berbeda.




Urusan mengecat dinding memang bisa dilakukan sendiri tanpa harus meminta bantuan para tukang, namun sebelum itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini CASA Indonesia berikan 12 tips dan hal penting yang harus dipertimbangkan sebelum mengecat dinding.

1. Tentukan waktu yang tepat


Mengecat Dinding Ruangan

woodensense


Memang sekilas, kegiatan mengecat dinding terlihat sederhana dan siapapun bisa melakukannya sendiri. Namun nyatanya mengecat dinding butuh banyak usaha, waktu, dan juga tenaga. Kebanyakan orang akan lebih memilih untuk mengecat dinding ketika musim panas, karena ini akan membantu cat sehingga bisa lebih cepat kering. Jika demikian, Anda harus mengetahu kapan waktu musim panas itu terjadi. Lakukan proses mengecat dinding rumah, ketika Anda memiliki waktu luang yang cukup karena pastinya proses ini akan membutuhkan waktu seharian bahkan bisa lebih lama.  


Baca Juga: Tips & Trik Menggunakan Warna Abu-Abu pada Ruangan


2. Siapkan dinding ruangan yang akan dicat


Membersihkan dinding dari bekas cat

regentrealtybelize.com


Dalam proses mengecat, Anda tidak bisa langsung menumpahkan cat ke dinding ruangan atau rumah! Anda harus terlebih dulu mempersiapkan dinding tersebut. Mulai dari membersihkan dinding dari bekas cat sebelumnya atau bisa menggunakan cat primer (cat dengan warna putih) sebagai pelapis sehingga warna cat utama yang nantinya digunakan akan lebih bagus. Sebaiknya Anda juga tidak lupa untuk mendempul bagian-bagian yang rusak, sehingga permukaan dinding bisa mulus dan terlihat bagus setelah dicat. 


3. Pilih dan tentukan warna cat


Pilih dan tentukan warna cat

onekingslane.com


Memilih dan menentukan warna cat yang akan digunakan memang tidak mudah. Tentu ketika memutuskan untuk mengganti cat ruangan alasan utamanya adalah Anda sudah bosan dan jenuh dengan penampilan ruang tersebut, dan di sisi lain Anda juga merasa kebingungan dengan warna cat lainnya yang sesuai dengan ruangan tersebut.


Untuk memudahkan Anda, langkah awal cobalah tentukan palet warna yang Anda inginkan. Apakah tone warna yang vibrant, warm, atau mungkin monokrom. Sebaiknya untuk menentukannya, Anda bisa menyesuaikan dengan warna furnitur yang ada di dalam ruangan tersebut. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah menentukan warna yang Anda ingin gunakan.


Baca Juga: 7 Tips Mempercantik Sudut Ruangan di Rumah


4. Pastikan untuk menghitung kebutuhan cat


menghitung kebutuhan cat

diy.com


Setelah selesai menentukan warna, tips dan langkah selanjutnya adalah menghitung jumlah cat yang akan dibutuhkan. Ini dilakukan untuk sesuai kebutuhan, tidak lebih atau tidak kurang.


Menghitung jumlah kaleng cat yang akan digunakan, bisa dengan menghitung luar dari ruangan yang ingin penampilan dan catnya ingin diganti. Setelah itu, Anda bisa menanyakan ke toko bangunan yang menjual cat, perkiraan satu kaleng cat digunakan untuk luas berapa meter. Dengan mengetahui jumlah kaleng cat yang dibutuhkan, Anda akan mengetahu berapa banyak uang yang harus dikeluarkan untuk melakukan pergantian cat dalam sebuah ruangan.  

5. Pakai cat dasar sebelum mengecat


Pakai cat dasar sebelum mengecat

amazonaws.com


Terkadang poin ini sering menjadi kesalahan yang biasa terjadi ketika akan mengecat dinding di rumah. Padahal penggunaan cat dasar ini sangat bermanfaat dalam proses pengecatan, karena hal tersebut akan membantu dan mambuat cat warna melekat lebih lama sekaligus menonjolkan warna cat utama.


Baca Juga: 5 Tips Menata Ruangan agar Terlihat Luas dari Ahlinya


6. Pencahayaan dalam ruangan harus juga diperhatikan





Pencahayaan dalam sebuah ruangan menjadi faktor penting. Dan setiap ruangan tentu memiliki intensitas cahaya yang berbeda tergantung letak ruangan tersebut. Melihat pencahayaan ruangan, juga bisa dijadikan faktor untuk menentukan warna cat yang akan digunakan.

Jika ruangan yang ingin diganti catnya ini memiliki jendela dengan ukuran cukup besar, berarti ini pencahayaan cukup sehingga warna-warna yang terang bisa dipilih untuk memberikan kesan luas pada ruangan tersebut.


7. Perhatikan kondisi ruangan yang ingin diubah


Kondisi ruangan yang ingin dirubah

apartmenttherapy.com




Memang, Anda harus paham benar tenang kondisi hingga masalah yang terjadi pada dinding di setiap ruangan rumah Anda. Ada saja kondisi di mana warna dinding sebelumnya tidak bisa ditimpa atau memang kondisi ruangan tersebut memang minim pencahayaan atau cenderung gelap.


Jika kondisinya demikian, maka Anda harus dapat menemukan solusi untuk menutupi kekurangan dari ruangan tersebut. Salah satunya dengan menggunakan warna cat yang akan memberikan aksen dan kesan cerah pada ruangan tersebut.


8. Coba-coba beragam warna cat terlebih dulu


Mencoba beragam warna cat terlebih dulu

ksmithinterior.com


Dalam semua hal, butuh proses trial and error! Termasuk ketika akan menggunakan warna cat untuk ruangan yang akan diperbaiki. Untuk mencobanya, Anda bisa langsung mengecat sedikit pada dinding atau menggunakan lembaran kertas hingga kardus untuk melihat kualitas warna cat tersebut.


Coba juga untuk melihat hasil cat tersebut dengan menyesuaikan interior atau furnitur yang ada. Selain itu untuk memastikannya lagi, Anda bisa melihat cat tersebut dalam beberapa kondisi, seperti terkena sinar lampu, cahaya matahari, atau bahkan dalam kondisi normal.


9. Tentukan dinding utama ruangan


Tentukan dinding utama ruangan

winduprocketapps.com


Mengecat ruangan tentunya dengan tujuan untuk memberikan kesan yang berbeda dengan ruangan lainnya. Jika demikian, Anda bisa pertimbangkan mana yang menjadi dinding utama yang akan Anda tonjolkon.


Untuk terlihat menonjol, Anda bisa menggunakan cat berbeda ditambahkan dengan ornamen-ornamen penting dalam ruangan tersebut. Misalnya ranjang, atau sofa di depan dinding tersebut. Dengan demikian, perhatian akan terpusat pada dinding utama tersebut.


10. Pakai kuas terlebih dulu, baru roller


Kuas untuk mengecat

paintdenver


Kenapa penggunaan kuas terlebih dulu ketika proses pengecetan dinding? Kuas sendiri akan mampu menjangkau sudut-sudut ruangan yang sempit yang tidak bisa jika menggunakan roller, seperti ujung langit-langit, sekitar jendela, hingga plafon.


Sedangkan roller akan cocok digunakan untuk mewarnai bagian-bagian dinding yang cenderung lebar sehingga lebih terekspos. Pastikan memilih kuas dan roller yang memiliki kualitas baik sehingga tidak akan meninggalkan bulu di permukaan hingga bagian dalam kaleng cat.


11. Jangan lupakan langit-langit ruangan


Jangan lupakan langit-langit ruangan

architechturaldigest.com


Bagian ini terkadang sering terlupakan ketika proses pengecatan dinding. Sebagai alternatif, Anda bisa memilih warna-warna cat yang kontras dengan warna interior lain dengan tujuan orang akan bisa melihat dan memerhatikan langit-langit atau plafon rumah Anda.


12. Tentukan sentuhan terakhir yang Anda inginkan


Tentukan sentuhan terakhir yang Anda inginkan

archiexpo.com


Tahapan finishing juga perlu Anda pertimbangan sebelum proses mengecat dimulai. Untuk semakin menarik, pastikan pilih dan tentukan finishing yang sesuai dengan dekorasi di ruangan atau rumah yang Anda perbaiki.


Proses penyelesaian dalam pengecatan, Anda bisa menambahkan sentuhan matte yang akan membuat permukaan dinding terlihat mulus . Atau bisa juga dengan memilih tambahan dengan sentuhan concrete yang memperlihatkan keadaan apa adanya dinding tersebut.


Itu dia 12 tips dan hal penting yang harus menjadi perhatian Anda ketika akan mengecat dinding ruangan di rumah Anda.


Foto teaser: siefkencontracting