Museum Zhejiang adalah museum yang terletak di Hangzhou, Tiongkok. Ditemukan pada tahun 1929, museum ini memiliki koleksi seputar geologi, ekologi dan paleontologi yang mencapai jumlah 200,000 spesimen. 


Museum Zhejiang di Hangzhou




Provinsi Zhejiang, negara Cina bagian Timur adalah tempat di mana banyak ditemukannya penemuan dari zaman Cretaceous atau zaman kapur. Museum Zhejiang dibangun pada dataran yang miring dan dikelilingi hutan bambu dengan pemandangan sawah pada kaki bukit. 


Museum Zhejiang di Hangzhou


Museum ini dibangun oleh David Chipperfield Architects pada tahun 2018 dengan bangunan yang luas dan sejumlah aula sebagai tempat pameran. Beberapa penemuan yang dapat Anda temukan di museum ini antara lain adalah fosil dinosaurus, patung dinosaurus dengan ukuran asli, diorama kehidupan di hutan serta beberapa pajangan multimedia interaktif dengan berbagai elemen.


Baca juga, Simak 7 Fakta Menarik Tentang Museum Angkut, Kota Batu




Museum Zhejiang di Hangzhou


Komposisi dari museum ini terdiri dari delapan paviliun yang tersusun mengikuti topografi dari lahan yang ada. Sebuah loggia atau koridor terbuka mengelilingi area tengah dari bangunan ini sekaligus menjadi penyambung antara bagian dalam dan luar bangunan.


Museum Zhejiang di Hangzhou


Pada bagian Utara dari situs ini, terdapat paviliun yang berguna sebagai pintu masuk yang menyambut pengunjung. Area masuk ini menawarkan pemandangan dari area tengah dan taman yang ada. Terletak pada salah satu sisi dari setiap paviliun, aula pameran dapat diakses secara langsung maupun melalui loggia yang melewatinya.


Dilansir dari: Arch Daily
Sumber teaser dan foto: David Chipperfield Architects
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara