Tentu Anda mengenal Maison et Objet dan Salone del Mobile Milan sebagai pameran desain bertaraf internasional bergengsi yang diselenggarakan dari tahun ke tahun. Di antara dua nama besar tersebut, di bulan Februari juga terselenggara sebuah pameran desain di Benua Biru. 


Bernama Object Rotterdam, pameran ini berafiliasi dengan Art Rotterdam Week dan menghadirkan desain-desain cutting edge dari berbagai material untuk kesenian, kriya, arsitektur, serta fashion. Berikut adalah enam kursi berdesain menarik yang dipamerkan pada Object Rotterdam 2020.




1. Inflatable Leather, Satomi Minoshima


Inilah 6 Kursi Berdesain Unik di Object Rotterdam 2020!


Sebagai lulusan Design Academy Eindhoven, Satomi Minoshima mengembangkan desain inflatable seating dengan pendekatan yang lebih luks dan tahan lama. Menggunakan kulit sapi sebagai material utama, bahan tersebut dimodifikasi dengan karet inflatable untuk menghadirkan sebuah kursi yang menggambarkan gaya hidup masa kini yang lebih dinamis. 


Baca juga: Udara Kotor? 5 Air Purifier Bisa Jadi Solusi!


2. DMS-6 chair, Matteo Dal Lago


Inilah 6 Kursi Berdesain Unik di Object Rotterdam 2020!


Matteo Dal Lago mencoba untuk menggabungkan emosi manusia serta ketepatan mesin ke dalam desainnya untuk DMS-6 chair. Sang desainer menggunakan metode 3D printing untuk membuat rangka utamanya. Untuk finishing, Matteo melapisi kursi ini dengan resin dengan pola tidak merata untuk menambah kesan unik dan natural seperti alam. 


3. Scraped Earth, Rino Claessens


Inilah 6 Kursi Berdesain Unik di Object Rotterdam 2020!


Mengolah keramik komersil untuk menjadi sebuah produk yang lebih versatile dengan ukuran yang lebih besar merupakan tujuan dari Rino Claessens merancang kursi bernama Scraped Earth. Terdapat lima buah keramik berasal dari batuan alam yang dilebur dalam satu cetakan besar untuk menghasilkan sebuah stool. Warna yang dihasilkan pada stool ini pun merupakan pewarnaan alami dari konsentrat kemarik tersebut.




Baca juga: Inilah Wajah Hunian di Masa Depan Yang Ramah Lingkungan


4. Palletsofa, Jarle Veldman


Inilah 6 Kursi Berdesain Unik di Object Rotterdam 2020!


Sebagai sebuah alat pengangkut barang, palet kayu terkesan sebagai sebuah hal yang kaku dan memiliki fungsi yang terbatas. Namun menurut Jarle Veldman, kehadiran barang tersebut memiliki makna yang esensial terutama bagi orang-orang yang berada di lini produksi. Oleh sebab itu, Jarle sebagai seorang desainer produk ingin menghadirkan makna baru kepada sebuah palet kayu dengan mengubahnya menjadi sebuah tempat duduk yang nyaman, indah, dan multi fungsi bernama Palletsofa.


5. Gijsbrand chair, Daan Snippe


Inilah 6 Kursi Berdesain Unik di Object Rotterdam 2020!


Melalui Gijsbrand chair, Daan Snippe menawarkan sebuah solusi untuk bisnis yang lebih baik dan efisien bagi pengrajin produk skala rendah. Kursi yang menjadi bagian dari koleksi Under Production ini dirancang menggunakan bahan yang berasal dari kursi Ikea yang tak lagi diproduksi. Paduan kreativitas dan material yang layak akan membantu percepatan perancangan sebuah produk serta membantu mengurangi biaya produksinya.


Baca juga: 12 Tips dan Pertimbangan Sebelum Mengecat Dinding Rumah


6. Deflated Icon, Orson Oxo Van Beek


Inilah 6 Kursi Berdesain Unik di Object Rotterdam 2020!


Terinspirasi dari kursi LC2 karya Le Corbusier, Orson Oxo Van Beek melakukan reinterpretasi dengan membuat versi inflatable. Kursi ini menggunakan busa dan kulit sebagai material utamanya. Meskipun begitu, highlight utama pada kursi ini terjadi saat deflate. Melalui bentuk tersebut, sang desainer bercerita mengenai ketidak sempurnaan di balik citra yang indah.


Sumber foto: dok. Ronald Smits / Dezeen