Proses Pengomposan atau proses penguraian sisa makanan menjadi pupuk kompos merupakan salah satu alternatif untuk mendaur ulang limbah rumah tangga Anda.


Namun sisa makanan yang kotor dan seringkali berbau tidak sedap membuat proses pengomposan terasa sulit. Alhasil untuk menyuburkan tanaman, Anda lebih suka menggunakan pupuk siap pakai.







Beberapa waktu lalu di CES 2020 Las Vegas, perusahaan rintisan asal Kanada Anvy Technologies meluncurkan Sepura, mesin pengomposan eco-friendly yang bisa dipasang di bawah sink perabot.


Baca juga: 8 Rekomendasi Gadget Baru 2020 yang Wajib Dibeli


Dengan fitur filter karbon, Sepura dapat menetralisir bau tidak sedap dari sisa makanan dan mencegah lalat sehingga Anda bisa menyimpan sisa makanan di wadah Sepura hingga sebulan.




Sepura tidak hanya menjadi wadah pengomposan saja. Dia juga mampu menggiling sisa-sisa makanan hingga halus dan tidak berbau.






Dari segi tampilan, Sepura cukup sederhana. Empat lampu LED di bagian depan wadah menjadi indikator kapasitas Sepura saat itu.


Baca juga: Kotak Makan Siang untuk Gadget Anda: BentoStack


Jika isi wadahnya sudah penuh, Anda bisa mengangkatnya dengan cara menggeser wadahnya ke luar seperti lemari. Sepura juga memiliki sensor built-in yang otomatis menghentikan proses pengomposan ketika ada bahan non-makanan yang masuk ke dalam.




Sepura saat ini tersedia melalui sistem pemesanan pre-order lewat situs resminya. Unit-unit tersebut lalu akan dikirimkan mulai akhir 2020.


Sumber: Inhabitat
Foto & teaser: Sepura