Rumah joglo merupakan rumah berlanggam tradisional masyarakat Jawa. Joglo sendiri merupakan kata-kata yang merujuk bentuk atap yang unik dari rumah joglo.


Rumah joglo rata-rata menggunakan kayu sebagai material utamanya dengan tampilan terbuka berkat penggunaan kolom-kolom kayu sebagai penyangga.





Meski rumah joglo identik dengan langgam arsitektur tradisional, berikut CASA Indonesia sajikan inspirasi desain untuk membuat rumah joglo berparas modern dan kekinian.


1. Hal yang perlu diingat sebelum membangun rumah joglo


Ilustrasi rumah Joglo dengan halaman besar / Insinyur Bangunan


Sebelum membangun hunian Anda dalam bentuk rumah joglomodern, hal yang patu diperhatikan adalah lingkungan sekitar tempat hunian Anda akan berdiri.


Baca juga: 5 Inspirasi Desain Rumah Kontainer Berparas Modern


Untuk lingkungan yang menampilkan perumahan dengan tembok melekat, hunian berbentuk rumah joglo tidak disarankan. Hal tersebut dikarenakan atap joglo yang lebih lebar membuat hunian membutuhkan halaman luas di sekitarnya.


2. Jadikan rumah joglo sebagai foyer



Rumah joglo modern berkat kehadiran foyer terbuka untuk menyambut tamu / Market Rumah


Rumah berparas modern biasanya memiliki foyer sebagai ruangan penyambut tamu yang sedang berkunjung ke rumah.


Anda bisa mendesain rumah joglo modern menggunakan foyer terbuka menggunakan atap joglo. Selain sebagai ruang menerima tamu, foyer tersebut juga bisa dijadikan ruang bersantai yang teduh dan sejuk.


3. Kombinasikan dengan material kekinian





Rumah joglo yang dikombinasikan dengan material modern seperti bebatuan / Pinterest


Biasanya rumah joglo tradisional menggunakan material kayu hampir pada semua aspek. Untuk rumah joglo modern, gunakan material-material yang kini lebih jamak digunakan.


Baca juga: Desain Rumah Modern Untuk Pasangan Yang Baru Menikah


Anda bisa menggunakan material seperti keramik atau marmer pada lantai, material beton juga bisa disematkan sebagai kolom bangunan. Yang patut diperhatikan adalah, cari skema warna yang sesuai seperti warna natural atau earthy agar tidak bertabrakan.


4. Padukan rumah joglo dengan fasilitas modern



Rumah joglo modern lewat kehadiran fasilitas seperti private pool / Sakti Desain


Jangan ragu untuk memadukan hunian rumah joglo Anda dengan fasilitas-fasilitas modern. Lewat pemilihan skema warna yang sesuai, dua elemen tersebut nyatanya juga bisa berbaur.


Anda bisa menambahkan fasilitas kolam renang atau sunken lounge sehingga rumah joglo Anda bisa tampil modern.


5. Rumah joglo dua lantai



Rumah joglo modern dua lantai / The Gorbalsla


Rumah joglo tradisional biasanya hanya terdiri dari satu lantai. Agar membuatnya berparas modern, rumah joglo bisa digubah menjadi dua lantai.


Agar lebih maksimal, Anda bisa membuat hunian dalam dua massa bangun. bagian pertama merupakan ruang utama berbentuk pendapa satu lantai, sedangkan bagian kedua merupakan bangunan utama yang terdiri dari dua lantai.  


Teaser: Pinterest