Jauh sebelum pandemi, pot tanaman atau vas bunga rasanya hanya menjadi dekorasi biasa. Setiap rumah pasti memilikinya, tapi hanya sekadar koleksi tanpa memberikan perhatian khusus. Namun sekarang di saat koleksi tanaman hias menjadi semakin marak, pot tanaman dijadikan sebagai aksesori interior dan outdoor yang menyenangkan untuk dipilih dan dimiliki. 


Di dunia desain internasional, begitu banyak brand dan desainer yang merancang pot tanaman. Tak sekadar sebagai tempat menaruh tanaman, namun ada estetika dan fungsi yang diperhatikan dengan detail. Merangkum dari Design Milk, CASA Indonesia memilih 4 pot tanaman yang sangat menarik jika bisa dibeli. 




1. Pot berumur 60 tahun

Umanoff Planter adalah pot rancangan dari brand Menu. Walaupun memiliki koleksi furnitur yang terlihat modern, sebetulnya Menu adalah perusahaan yang telah berdiri sejak tahun 1978 dari Denmark. Mereka memiliki begitu banyak koleksi produk dan furnitur yang cocok untuk segala gaya dan waktu.




Umanoff Planter hadir dalam tiga ukuran berbeda yang memadukan irisan garis-garis baja dan tenunan rotan. Pot ini dirancang pada tahun 1961 oleh almarhum Arthur Umanoff, seorang ahli tanaman yang begitu terkenal di masanya.


2. Gajah kecil yang peduli bumi

Terinspirasi seperti bayi gajah dengan telinga yang kecil, pot bernama Noah ini menggunakan campuran komposit gipsum berkualitas tinggi. Dirancang dengan cermat dan dibuat dengan tangan di House Racoon atelier asal Belgia. Dikarenakan merupakan buatan tangan, maka setiap produk benar-benar unik dan dapat berbeda dari gambar yang ditampilkan.




Pot ini sangat cocok untuk tanaman kecil ataupun menjadi wadah segala peralatan, seperti make up, ATK, peralatan makan, dll. Tak hanya menjual produk biasa, House Raccoon menggalang sebuah kampanye yang peduli lingkungan, setiap pembelian satu pot maka mereka akan menanam satu tumbuhan.  




3. Dekorasi yang seperti art piece

Seperti yang dijelaskan di awal artikel, pot atau vas sekarang menjadi dekorasi yang unik untuk rumah. Bukan sekadar sebagai pot, Capra Designs merancang Eros Vase yang membentuk selayaknya sclupture. Jadi Anda bebas mau menggunakannya dengan / tanpa bunga. 




Eros Vase hanya memiliki satu lubang kecil jadi cocok bagi Anda yang senang hiasan tanaman dalam bentuk satu batang. Vas ini hadir dalam tiga pilihan warna, yaitu Neptune, Fossil, Emerald. 


4. Biru yang segar

Dome Eros Planter sangat cocok untuk tanaman kering. Fitur alas berkaki empat sebenarnya adalah nampan atau alas pot yang bisa dilepas dan pasang. Pastikan jangan sampai ada genangan air di bagian nampan, agar tanaman tidak membusuk.




Dome Eros Planter juga buatan Capra Designs asal Australia. Semuanya handmade sehingga warna dan bentuknya tidak akan seragam.


Foto teaser: Umanoff Planter / Menu