Banyak cara untuk mempercantik rumah. Salah satunya adalah dengan memberikan dekorasi yang cantik pada hunian. Seperti elemen lain pada interior, dekorasi juga menjadi hal penting untuk memperindah dan mendukung suasana interior yang ingin diciptakan. Adanya sebuah dekorasi dapat menjadi nilai plus atau focal point pada ruangan.


Namun, dekorasi tidak melulu harus beli, lho! Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang di sekitar Anda seperti barang bekas atau barang yang sudah tidak terpakai. Coba cek di rumah Anda, adakah botol-botol kaca yang sudah lama tak terpakai? Jika ada, kali ini Tim Editorial CASA Indonesia akan membagikan beberapa ide dekorasi dari botol kaca yang bisa Anda ikuti untuk mempercantik hunian Anda, yuk disimak!






1. Partisi dari botol kaca


Bosan dengan partisi yang mainstream? Anda bisa menggunakan kreativitas sekaligus memanfaatkan material yang ada di sekitar Anda dengan membuat partisi dari botol kaca. Partisi ini dapat Anda gunakan sebagai pemisah antar area yang fungsional maupun dekoratif saja.



Partisi kaca dari botol Wine / Badaulf Catton von Eckartsberg Architects




Partisi botol kaca / Archdaily


Anda dapat menggunakan keseluruhan bagian dari botol kaca atau hanya sebagian, misal hanya bagian bawah botol kaca. Atur penyusunan botol-botol kaca kemudian berikan renggangan sedikit untuk membentuk bayangan, terakhir rekatkan dengan lem. Anda dapat menggunakan partisi ini di area yang dapat dijadikan focal point, namun jangan lupa untuk membersihkan botol kaca dari debu agar tetap cantik, ya!



2. Jendela warna-warni


Pernah melihat jendela warna-warni ala kaca patri? Anda bisa juga, lho membuat jendela dekoratif seperti ini dari botol kaca yang ada di sekitar Anda! Caranya, cukup siapkan beberapa botol kaca dari warna yang berbeda, lalu ambil bagian bawah botol kaca dan susun sesuai ukuran kusen kaca Anda dengan bentuk yang Anda inginkan.



Pantone Bottle Glass Window / Imgur


Setelah tersusun, Anda dapat menyegelnya dengan resin kaca dan biarkan mengeras selama 24 jam atau lebih. Jika sudah mengeras, Anda dapat memasang DIY kaca berwarna-warni ini seperti pemasangan kaca biasa. Selamat mencoba!


Baca juga: Hemat Budget! Ini 18 Dekorasi DIY Kamar Kosan Kekinian


3. Lampu gantung


Botol kaca juga ternyata dapat dijadikan lampu gantung, lho! Banyak kreasi bentuk lampu gantung yang dapat Anda coba untuk mempercantik rumah. Bentuk dan warna yang unik dari botol kaca dapat menjadi daya tarik lampu gantung.



Lampu Gantung dari Botol Bekas Bir / Newfangled Scrapyard



Kreasi Lampu Gantung dari Botol Kaca / Reddit


Anda hanya perlu menyiapkan beberapa botol kaca yang sudah dibersihkan, kemudian masukkan instalasi lampu dan susun sesuai keinginan Anda. Voila! DIY Lampu gantung dari botol kaca dapat bertengger cantik di ruang tamu atau ruang makan Anda.



4. Vas Bunga


Punya banyak bunga pemberian orang terkasih atau bunga hasil berburu di taman? Yuk, simpan di vas bunga cantik buatan sendiri! Vas bunga dari botol kaca dapat digunakan untuk menyimpan bunga hidup ataupun bunga kering. Caranya sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan botol kaca yang sudah dibersihkan, lebih bagus jika warnanya bening transparan agar memperlihatkan bagian bunga secara keseluruhan.



Botol Kaca sebagai Vas Bunga / Style Me Pretty


Jika Anda menyimpan bunga hidup, jangan lupa untuk menambahkan air bersih secukupnya agar bunga dapat terhidrasi dan tahan lebih lama. Anda juga dapat menghias botol kaca dengan berbagai macam dekorasi yang unik untuk membuat vas bunga Anda semakin cantik. Selamat mencoba!



5. Candle holder



Candle Holder / Swagbucks


Kreasikan botol kaca sebagai tempat lilin untuk hunian Anda! Caranya mudah, Anda hanya perlu menyiapkan botol kaca dengan lebar mulut yang sesuai dengan diameter lilin Anda, dan letakkan lilin di mulut botol. Anda juga dapat mengkreasikan botol kaca dengan berbagai hiasan yang dapat membuat candle holder Anda semakin cantik. Mudah, bukan?


Baca juga: Coba Sendiri! Ini Tips Mendekorasi Interior Secara DIY


6. Lampu meja dekoratif


Selain membuat lampu gantung, Anda juga dapat membuat lampu meja dekoratif dari botol kaca yang ada di sekitar Anda, lho! Dengan berbagai bentuk dan kreasi, botol kaca dapat disulap menjadi armatur lampu atau badan lampu untuk menyangga lampu meja.





Lampu Meja dari Botol Whiskey / Yatharth Nijhawan


Selain menambah nilai keunikan pada ruangan, lampu juga dapat dimanfaatkan sebagai penghemat biaya, mengingat harga lampu meja tidak murah, Anda dapat mulai membuat kreasi lampu meja dari botol kaca. Unik, ya!



7. Terrarium


Siapa yang pernah melihat taman kecil yang biasanya terdiri dari tanaman lumut atau yang biasa disebut dengan terrarium? Biasanya, terrarium diletakkan di akuarium kecil atau wadah-wadah penyimpanan yang kecil untuk menjaga kelembaban tanaman lumut di dalamnya.



Terrarium in a bottle / Reddit


Anda dapat memanfaatkan botol kaca sebagai tempat dari taman kecil yang dapat dilihat dari luar. Gunakanlah botol kaca bening transparan untuk menyimpan terrarium Anda. Letakkan terrarium di tempat yang lembab seperti ruangan yang terkena sinar matahari atau kamar mandi Anda.



8. Lonceng angin



Lonceng Angin / Shareably


Akhir-akhir ini sudah mulai memasuki musim hujan dengan angin yang berhembus kencang. Ada cara untuk memanfaatkan cuaca dan angin yang kencang di rumah Anda, yaitu dengan membuat lonceng angin. Lonceng angin biasanya terbuat dari kayu atau bambu, namun Anda juga dapat membuatnya dari botol kaca!



9. Dekorasi ala Message in a bottle


Pernah lihat film yang menampilkan sebuah surat di dalam botol kaca? Ya! Anda kini dapat membuat dekorasi ala film bajak laut dengan menghadirkan message in a bottle. Isinya dapat beragam, Anda dapat memasukkan beberapa genggam pasir pantai, sepucuk surat atau foto kenangan lalu tutup dengan penutup kayu.



Message in a bottle / Invite in a Bottle


Dekorasi ini cocok disimpan sebagai aksen tambahan di ruangan Anda. Anda juga dapat memberikan dekorasi ini sebagai kado untuk orang terdekat. Unik, ya!


Baca juga: Hemat Biaya! 8 Dekorasi Rumah DIY untuk Rumah Keluarga


Dari berbagai inspirasi di atas, adakah ide yang akan Anda coba? Membuat dekorasi dari bahan yang ada di sekitar Anda sangatlah mudah dan dapat mengasah kreativitas. Jika Anda bersama anak-anak, gunakan kesempatan membuat DIY dekorasi dari botol kaca ini sebagai kegiatan yang seru untuk dilakukan selama di rumah saja. Selamat mencoba!



Foto teaser: Wine Enthusiast
Teks oleh: Atsmara Tsaniya