Fenomena tanaman hias memang masih menjadi tren sejak masa pandemic tahun lalu. Setiap orang sepertinya memiliki koleksi tanaman hias yang menjadi favoritnya. Namun, beberapa jenis tanaman hias saat ini memang sedang meroket harganya. Jenis-jenis tanaman seperti philodendron langka dan aglonema masih menduduki peringkat sebagai jenis tanaman hias dengan harga mencengangkan. Tidak kalah dengan philodendron dan aglonema, jenis tanaman keladi juga saat ini sedang menjadi favorit. Memang ada jenis keladi yang relative mahal, namun ternyata ada beberapa jenis keladi yang murah dan mudah dipelihara lho!


Keladi Putih

Jenis keladi ini sebetulnya banyak tumbuh di alam liar. Namun, sejak tren tanaman hias menanjak, jenis keladi putih juga ikut masuk dalam kategori tanaman hias favorit. Daunnya yang lebar dan putih seperti tertutup salju membuat keladi ini diburu saat menjelang Natal tiba. Harga di pasaran untuk keladi putih dewasa ini sekitar 30 – 50 ribu Rupiah dan akan cantik bila ditanam dalam kelompok banyak.




Keladi Putih (Foto: Tokopedia)


Keladi Red Star

Sama seperti jenis keladi lainnya, keladi red start ini pun banyak tumbuh di alam liar. Yang membuat jenis keladi ini tersohor adalah motif bintang dari urat daunnya. Bentuk seperti bintang dan kembang api membuat keladi ini begitu sedap dipandang. Untuk harganya sendiri juga terjangkau, sekitar 20 – 50 ribu untuk ukuran deasa dan sudah mencapai tinggi hamper 1 meter.

Keladi Red Star (Foto: Shopee)


Keladi Merah atau Pink

Serupa dengan keladi red star, jenis keladi ini memiliki ciri khas warna pink di pusat daunnya. Warna pink ini akan semakin mencolok bila ditanam atau ditempatkan pada area yang terkena sinar matahari. Pasaran keladi merah atau pink ini juga cukup menyenangkan, berkisar antara 20 – 30 ribu Rupiah untuk ukuran dewasa.

Keladi Merah atau Pink (Foto: Tokopedia)




Keladi Tricolor

Jenis keladi ini merupakan salah satu jenis keladi yang juga disukai penggemar tanaman hias. Warna dasar daun keladi tricolor berwarna hijau dengan bercak-bercak warna putih dan merah di sekitar daunnya. Keunikan keladi ini akan semakin indah bila ditanam secara bergerombol dalam satu pot. Kisaran harga keladi tricolor adalah 10 – 20 ribu untuk ukuran dewasa.

Keladi Tricolor (Foto: Shopee)


Keladi Amazon

Punya dana lebih untuk memelihara keladi? Keladi amazon boleh jadi pilihan untuk menghias rumah Anda. Keladi ini memiliki bentuk yang unik seperti topeng tengkorak. Urat daun yang tegas dengan bentuk telinga lancip di ujungnya membuat keladi ini menjadi favorit. Untuk memeliharanya pun tidak sulit, yang penting kelembapannya tetap terjaga dan cukup sinar matahari. Untuk harga keladi amazon ini lebih tinggi, sekitar 100 – 200 ribu untuk ukuran dewasa.

Keladi Amazon (Foto: Tokopedia)


Keladi Batik

Keladi batik bisa dikatakan sebagai keladi dengan kasta tertinggi di bangsa keladi. Keindahan keladi jenis ini terletak pada motif daunnya yang berwarna merah menyala dengan urat daun menyerupai guratan batik. Keladi jenis ini memang harus memiliki perhatian khusus karena daunnya begitu tipis. Kelembapan tanah dan takaran sinar matahari harus menjadi perhatian khusus saat memelihara keladi batik. Untuk kisaran harga, keladi batik dewasa bisa mencapai ratusan ribu Rupiah, namun apabila Anda memelihara jenis anakan bisa didapat dengan harga sekitar 75 ribu Rupiah.

Keladi Batik (Foto: Shutterstock)