Selama pandemi dan PSBB, apa hal yang Anda lakukan untuk mengusir rasa bosan dengan isi rumah? Banyak masyarakat Indonesia yang kini mulai hobi mendekorasi huniannya demi membuat suasana yang lebih nyaman selama di rumah aja. Jika Anda juga melakukan dekorasi ulang pada hunian Anda, biasanya Anda akan membeli furnitur atau dekorasi yang tersedia di pasaran. Namun, Anda tidak melulu harus membeli dekorasi baru, lho!


Dekorasi dapat diciptakan dengan metode Do it Yourself atau yang dikenal dengan DIY. Singkatnya, Anda dapat membuat sendiri dekorasi sesuai keinginan dari barang-barang yang mudah ditemukan di sekitar Anda. Salah satu material yang sering digunakan adalah botol kaca. Banyak kreasi yang dapat dihasilkan dari botol kaca, namun sebelum Anda memulai membuat dekorasi dari botol kaca, ketahuilah beragam informasi mengenai karakteristik dari kaca. Biasanya, beberapa material kaca ada yang tidak tahan panas sehingga dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih materialnya.





Beberapa pertimbangan yang perlu Anda perhatikan sebelum memulai adalah:



Pilih bentuk dan warna yang sesuai



Various Type of Glass Bottle / Walmart


Pemilihan bentuk dan warna dari botol kaca yang digunakan sangat berpengaruh pada hasil akhir. Jika Anda menginginkan hasil yang netral, gunakan bentuk botol yang umum dengan warna bening transparan, namun jika Anda memiliki konsep lain, Anda dapat memilih berbagai bentuk dan warna yang sesuai dengan konsep Anda.


Baca juga: Patut Dicoba! Ide Dekorasi dari Botol Kaca Bekas


Tidak melulu harus beli baru


Untuk membuat dekorasi ala DIY, Anda tidak harus membeli barang baru yang diperlukan. Coba lihat di sekitar Anda, adakah botol kaca bekas yang masih layak digunakan?



Koleksi Botol Kaca Bekas untuk Dekorasi Vintage / Fine Art America


Jika ada, botol kaca bekas justru dapat menambah nilai khusus pada hasil akhir dekorasi. Terutama bagi Anda yang menyukai gaya vintage, penggunaan botol kaca bekas dapat menjadi pilihan.



Pastikan botol kaca sudah dibersihkan


Sebelum difungsikan, pastikan botol kaca yang digunakan sebagai dekorasi Anda telah dibersihkan. Agar terhindar dari debu dan kotoran, Anda juga wajib membersihkan botol kaca secara rutin.



Clean Glass Bottles and Jars / Etsy


Membersihkan botol kaca cukup mudah, Anda hanya perlu menyiapkan kain yang dibasahi air lalu bersihkan botol hingga debu yang menempel hilang. Dan voila! Dekorasi botol kaca Anda kini kembali mengkilap.


Baca juga: Hemat Biaya! 8 Dekorasi Rumah DIY untuk Rumah Keluarga


Gunakan kreativitas Anda!


Kreativitas tanpa batas! Anda dapat memanfaatkan kreativitas yang dimiliki untuk membuat berbagai dekorasi dari botol kaca. Gunakan beberapa hiasan seperti pita, renda atau tali untuk menambah kesan crafty pada dekorasi botol kaca Anda.





Glass Bottle Craft / Etsy



Painted Glass Bottle DIY Decoration / Happy Hooligans


Anda juga dapat menggunakan cat warna untuk mendapatkan hasil yang lain, untuk hal ini gunakan kreativitas Anda untuk melahirkan dekorasi masterpiece!



Hilangkan sisi tajam dari ujung kaca


Kaca memiliki sisi-sisi yang tajam, terutama jika Anda menggunakan bongkahan atau pecahan dari botol kaca. Jangan lupa untuk menghaluskan sisi-sisi yang tajam dari ujung kaca.



Sanding Glass Bottle / Condo Blues



Melt-method of Glass Bottle / Etsy


Anda juga dapat memotong kaca dengan bentuk yang tumpul. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari kecelakaan dalam penggunaan dekorasi.


Baca juga: Coba Sendiri! Ini Tips Mendekorasi Interior Secara DIY


Jika Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas sebelum mulai membuat dekorasi DIY dari botol kaca, kini Anda dapat berkreasi dengan mudah dan aman. Ketahuilah bahwa membuat dekorasi dengan hasil tangan sendiri dapat menjadi sebuah kegiatan yang menyenangkan selagi senggang. Selamat mencoba di rumah!



Foto teaser: Dishfunctional Designs
Teks oleh: Atsmara Tsaniya