Bagi sebagian orang, warna merah kerap dihindari saat mendekorasi ruangan karena dianggap dapat membuat ruangan rumah terasa lebih panas dan juga sempit. Namun, bukan berarti Anda sama sekali tidak bisa mengaplikasikan warna ini ke dalam rumah. Anda dapat memadukan warna merah dengan warna lainnya saat mendekorasi ruangan. Berikut inspirasinya!


Gunakan Furniture Berwarna Merah

Dekorasi ruangan berwarna merah

                                                                                        (Source: Amazon)





Selain memang karena fungsinya, furniture dalam rumah juga berperan sebagai sarana untuk mempercantik rumah sehingga sangat penting untuk memerhatikan desain, ukuran, penempatan dan warna. Jika Anda memiliki rumah dengan konsep modern, Anda dapat mengaplikasikan warna-warna cerah pada interiornya dan warna netral pada dindingnya. Misalnya: Warna putih pada dinding ruangan dan warna merah pada sofa. 


Lampu Meja Berwarna Merah

dekorasi ruangan berwarna merah

                                                                                (Source: Riverbendhome)


Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, rumah berkonsep modern sangat mengandalkan warna-warna cerah pada interiornya. Ini karena, biasanya rumah dengan konsep modern didominasi warna-warna dingin, dan untuk memeriahkan ruangan Anda dapat memadukannya dengan warna merah. Contohnya, Anda dapat menempatkan lampu meja dengan sentuhan warna merah di ruang tamu atau ruang keluarga, makan kesan yang didapatkan pun akan menjadi sangat berbeda. 


Menggunakan Karpet Berwarna Merah

Dekorasi ruangan berwarna merah

                                                                            (Source: Hand Knotted)


Dekorasi ruangan berwarna merah lainnya yang dapat Anda aplikasikan di dalam rumah adalah karpet. Anda dapat memilih karpet merah atau karpet merah bermotif, tinggal Anda sesuaikan dengan konsep ruangan di rumah. Dengan hadirnya karpet berwarna merah ini akan membuat keseluruhan dekorasi ruangan yang netral akan lebih meriah. 




Mengaplikasikan Warna Merah Pada Salah Satu Bagian Dinding

Dekorasi ruangan berwarna merah

                                                    (Source: Design Interior: Christine M / Decorilla Designer)


Jika Anda tidak ingin mengaplikasikan warna merah secara berlebihan karena takut dapat mengganggu suasana, rumah terasa lebih panas dan sempit, Anda dapat mengaplikasikan warna merah pada salah satu bagian dinding ruangan. Berikan beberapa aksen warna putih pada dinding ruangan tersebut, seperti built in shelves atau bingkai foto agar tercipta keseimbangan di dalamnya. 


Gunakan Tirai Berwarna Merah

Dekorasi ruangan berwarna merah

                                                                                      (Source: Amazon)


Untuk menciptakan kesan ruangan kuat dan menarik, Anda tidak perlu menjadikan warna merah sebagai warna yang dominan. Cukup gunakan saja beberapa dekorasi sederhana namun dengan ukuran yang besar. Jika ruangan di rumah Anda memiliki dinding dan plafon berwarna putih, serta lantai dengan pelapis berwarna terang, Anda dapat menggunakan tirai berwarna merah agar suasana ruangan semakin hangat, cerah, dan tercipta keseimbangan. 


(Teaser: Foto & David Frutos (@davidfrutos_foto_arquitectura) Arsitek: La Errería (@la_erreria) )