Salah satu faktor yang dapat menunjang kualitas pekerjaan dan dapat meningkatkan produktivitas adalah meja kerja itu sendiri. Bayangkan, meja kerja yang berantakan tentu dapat membuat stres dan mengganggu produktivitas kerja. Berikut ini beberapa ide menata meja kerja, siapa tahu, dengan begitu produktivitas kerja akan meningkat. 


Atur Ulang Posisi Meja Kerja & Gunakan Organizer

menata ulang meja kerja mungil

(ashley domestic imperfections)


anda bisa memanfaatkan ruang kosong di bawah jendela sebagai ruang kerja di rumah. dengan begitu, anda bisa bekerja sembari menikmati pemandangan yang menyegarkan mata sekaligus memberikan akses cahaya matahari untuk masuk. untuk menyimpan berbagai peralatan kerja, gunakan built-in shelves, rak tambahan, atau organizer agar meja kerja anda tetap terlihat rapi.


jaga kebersihan meja kerja

ide menata ulang meja kerja

(photo & arsitek: gregory lavor (@gregorylavor.arquitetura) )


menjaga meja kerja tetap bersih dan rapi sangat penting untuk membantu anda tetap nyaman dan fokus bekerja. pastikan semua dokumen dan peralatan kerja memiliki tempatnya masing-masing. buang atau daur ulang dokumen yang sudah tidak lagi terpakai, agar meja kerja tetap rapi dan bersih sehingga dapat meningkatkan produktivitas dan tercipta suasana kerja yang lebih kondusif. 


hiasi dengan barang-barang kesukaan

menata ulang meja kerja

(matthew williams)


kehadiran beberapa barang-barang kesukaan yang bersifat personal dapat menambah energi positif di meja kerja. secara tidak langsung, barang-barang kesukaan yang bersifat personal seperti bingkai foto orang terkasih atau action figure favorit dapat menambah semangat dan motivasi saat anda merasa lelah dengan pekerjaan. namun pastikan jangan terlalu banyak menghiasi meja kerja dengan barang-barang kesukaan, agar meja kerja tetap terlihat rapi. 




gunakan sticky notes

ide menata ulang meja kerja

(magnolia.com)


untuk memudahkan pekerjaan, anda bisa menggunakan sticky notes untuk membantu dalam mengingatkan pekerjaan-pekerjaan penting yang harus anda lakukan. tak hanya itu saja, penggunaan sticky notes yang berwarna-warni bisa membuat meja anda akan terlihat lebih berwarna dan list pekerjaan pun akan lebih tertata rapi. anda juga bisa menempatkan bulletin board sebagai media untuk mencatat to do list pekerjaan penting anda. 


hiasi meja kerja dengan tanaman hias

menata ruang kerja mungil

(Monika Hibbs / Pinterest)


Ternyata, menghiasi meja kerja dengan tanaman hias mampu meningkatkan produktivitas kerja hingga 15%. Seperti yang Anda ketahui, tanaman hias dapat membantu memperbaiki kualitas udara di sekitar meja sekaligus memberikan efek rileks dan fresh, sehingga dapat membantu Anda untuk berkonsentrasi dan fokus dalam bekerja. Pastikan Anda meletakkan tanaman hias di tempat dengan pencahayaan yang memadai. Anda juga harus rajin-rajin merawat tanaman hias ini, ya!


(Teaser: Photo & Styling : Nelson De Coninck ( @nelplant ) )