Pernah membayangkan ada suatu fasilitas publik yang dapat berfungsi sebagai bar, restoran, pusat olahraga, taman bertani bahkan pusat komunitas? Fasilitas publik yang hadir pada tahun 2019 ini dirancang oleh Andrés Jaque sebagai respon terhadap perilaku masyarakat di dalam komunitas yang seringkali keluar rumah untuk datang ke sebuah tempat publik secara individualis.


Andrés Jaque sang arsitek membuat fasilitas yang dinamakan Run Run Run Intervention di Madrid, Spanyol untuk membantu masyarakat untuk membebaskan diri dari ruang individu sehingga di dalam fasilitas ini, segala kegiatan dapat dilakukan secara bebas dan terbuka. Konsep bangunan merespons bangunan perkotaan di sekelilingnya, namun dirancang ulang sehingga bentuk dari bangunan ini menyerupai rumah kaca dan gua.






Fasilitas Run Run Run Intervention di Madrid


Baca juga: Menakjubkan! Liburan di Kubah Warna-Warni Teluk Persia


Secara garis besar, fasilitas ini terbagi menjadi 4 area utama berdasarkan aktivitas yang dilakukan, yaitu area resto dan bar, area olahraga, area berkebun dan area komunitas atau lounge tempat seluruh pengguna dapat berkumpul. Keempat area ini terintegrasi dengan ruangan terbuka tanpa sekat.



Area utama Run Run Run Intervention



Area Bar



Area Sirkulasi




Baca juga: Prestasi Mendunia! 2 Arsitek Indonesia Raih Penghargaan


Seperti yang dilansir dari Arch Daily, adanya fasilitas ini dapat menyatukan kegiatan dan mengenal relasi di dalam komunitas, sejak fasilitas ini didirikan banyak anak muda di komunitas Madrid yang jadi lebih sering beraktivitas ke luar rumah dan mengenal lingkungan sekitarnya.



Area Selasar Komunal



Fasad Run Run Run Intervention


Fasilitas ini tentu dapat menjadi solusi dari hiruk pikuknya dunia perkotaan beserta individualisme yang tinggi. Terkadang, sebuah lingkungan juga perlu sebuah tempat yang dapat menyatukan komunitas di dalamnya. Andrés Jaque membuktikan bahwa arsitektur dapat berperan penting dalam kehidupan bermasyarakat.



Sumber foto: Jose Hevia
Teks oleh: Atsmara Tsaniya