Sebuah studio arsitektur di Riga, Latvia bernama GAISS Arhitekti mendesain sebuah hunian rumah tinggal bergaya minimalis dengan luas area 212 meter persegi yang hadir dengan ciri khas plat horizontal di bangunannya. Rumah ini rampung pada tahun 2020 dari desain awal di tahun 2012, proses perancangan dan pembangunan yang lama ini akhirnya menghasilkan rumah dengan detail interior yang rumit dan furnitur custom khusus untuk rumah ini. Rumah ini kemudian dinamakan Three Slabs House sesuai dengan plat horizontal yang ada di dalam rumah.


Terletak di pinggiran kota Riga yang merupakan lingkungan padat penduduk, sang arsitek paham betul dengan isu privasi di lingkungan tersebut. Rumah ini menghadap ke jalan utama, namun sang arsitek membentuk sebuah plat horizontal untuk mengarahkan balkon ke arah taman dan atap sempit ke arah depan jalan. Kemudian atap juga dibentuk dengan plat horizontal yang sama dengan kontur yang berulang secara vertikal.









Bidang utama yang digunakan adalah plester unfinished yang dikombinasikan dengan kayu alami untuk menandai area pintu masuk. Dilansir dari archilovers, detail di fasad ini dikurangi agar rangka jendela dan aluminium terekspos dengan pagar baja di tampilannya.








Untuk bagian interior, ruang utama memiliki konsep open space yang manyatukan dapur, ruang tamu, ruang makan dan tangga yang menghubungkan ruang utama dengan area kamar. Seluruh area di dalam rumah memiliki cahaya alami yang berasal dari jendela yang menghadap ke taman maupun jalan utama.






Area-area di dalam rumah memiliki integrasi yang sama untuk menghubungkan area satu dengan yang lainnya. Dengan konsep seperti ini, sang arsitek berharap rumah kecil ini dapat terasa lebih leluasa dan dijelajahi dengan bebas.



Sumber foto: dok. Madara Gritane
Teks oleh: Atsmara Tsaniya