Keunikan craft Indonesia memiliki daya tarik tersendiri dan tersebar di beberapa kota, seperti Jakarta, Bandung, Bali, dan Yogyakarta.

Berikut beberapa toko rekomendasi yang bisa jadi inspirasi Anda yang ingin mendekorasi rumah atau memberikan hadiah ke kerabat tercinta.




Toko-toko ini menjual furnitur serta pernak-pernik seperti bantal, vas bunga, hiasan rumah, dan tempat lilin.



1. Elements, Kemang, Jakarta Selatan


Terletak di Jl. Benda, Kemang, toko furnitur ini juga menghadirkan berbagai kerajinan tangan yang unik dengan gaya natural dan eklektik, helm berbalut rotan adalah salah satu koleksi yang paling menarik perhatian.

kerajinan tangan yang dijual di elements kemang

Toko berfasad kaca transparan ini secara ramah memperlihatkan segala koleksi berpalet warna putih dan coklat.


2. Cemal Cemil, Kemang, Jakarta Selatan


Toko ini menjual barang pernak pernik seperti bantal, tas, kalung yang memiliki tema serba-serbi Indonesia seperti “saya suka krupuk”, “saya suka nasi”, “saya suka gorengan”, “Tana Toraja”, “Yogya”, dan lainnya.


barang-barang yang dijual di cemal cemil kemang


Toko ini digemari kalangan ekspat untuk oleh-oleh mereka kembali ke negaranya, dan tentu saja bagi kita semua yang cinta buatan Indonesia.


3. Galeri Pot, Kemang, Jakarta Selatan


Bagi yang ingin mencari pot dengan segala ukuran, warna, dan motif, toko bergaya Bali ini bisa dijadikan pilihan. Segala pot nuansa rustik atau kontemporer ini adalah handmade dan bisa custom made, jadi pilihannya tidak terbatas.


barang-barang yang dijual di galeri pot kemang


Selain pot, Galeri Pot juga memiliki beberapa aksesoris rumah seperti vas, lampu kaca, dan tempat lilin.



4. Tobucil, Panaitan, Bandung


Tobucil adalah kepanjangan dari Toko Buku Kecil yang merupakan sebuah rumah tua Belanda yang dialihfungsikan menjadi sebuah toko peralatan craft dan buku-buku sastra yang jarang ditemukan.


barang-barang yang dijual di tobucil bandung


Tempat ini secara rutin mengadakan workshop kelas rajut, membuat lampion, letter press, book binding, dan kelas menulis fiksi untuk memberi variasi kegiatan bagi masyarakat Bandung.


5. Best Ideas, Kamuning, Bandung


Bagi yang suka nuansa hijau dari tanaman, toko ini perlu didatangi. Mereka memiliki berbagai bentuk vas gantung, dome kaca, rumah burung, dan keranjang bunga dengan konsep rustic, vintage, atau shabby chic.




barang-barang yang dijual di best ideas bandung


Beberapa sofa dan meja untuk ruang tamu dan teras juga tersedia. Bagi yang sedang mencari hadiah unik, banyak masyarakat Bandung yang merekomendasikan tempat ini.


6. Gaya Ceramic & Design, Ubud, Bali


Toko yang berlokasi di kawasan Ubud ini memiliki produksi keramik di bawah arahan seniman keramik asal Amerika Hillary Kane. Ia kerap bekerja sama dengan seniman keramik dari seluruh dunia melalui resident artist program.

keramik yang dijual di gaya ceramics and design bali


Selain menjual keramik, tempat ini juga membuka kelas workshop yang menarik banyak peminat.


7. Carga, Petitenget, Bali


Terletak di antara hijaunya taman, berbelanja di toko bergaya Bali etnik ini terasa begitu sejuk. Nuansa tradisional Bali tersirat juga pada koleksi mangkuk dan piring, bantal, keramik, hingga alat tulis dan kertas kado di toko ini.


barang-barang yang dijual di carga bali


Carga pun memiliki satu sudut khusus untuk buah hati, seperti mainan, furnitur, dan boneka buatan tangan yang keuntungannya dipakai untuk Bali street-kids (YKPA).


8. Kim Soo, Seminyak, Bali


Menggabungkan gaya Mediteranian dan monokromatis, sudut baru di kawasan Seminyak ini menjadi tempat yang nyaman untuk menghabiskan waktu, baik bagi Anda yang ingin berbelanja di showroom yang menjual berbagai living products serta pernak-pernik atau sekadar mencoba Kopi dan Es Kelapa andalan cafe mereka.


barang-barang yang dijual di kim soo bali



9. Dagingtumbuh Shop (dgtmb), Kadipaten Kidul, Yogyakarta

Dimiliki oleh seniman Eko Nugroho, toko cinderamata ini adalah bentuk mini dari karya-karyanya. Segala coretan, goresan, dan cerita-cerita yang biasanya ia tuangkan ke dalam kanvas atau pun medium lain, ia aplikasikan pada benda-benda sehari-hari.


barang-barang yang dijual di dagingtumbuh shop


Masyarakat pecinta seni kini bisa memakai tas, t-shirt, jaket, emblem, alat tulis, hingga mainan bernuansa Eko Nugroho kapanpun.



Foto oleh Engel Tanzil, Elements, Bali Guide, Best Ideas, Dgtmb, Gaya Ceramic & Design, Chapitology, Diyson, Only1ivy.blogspot.co.id