Kegiatan mendengarkan musik adalah hal yang menyenangkan. Selain dapat menenangkan pikiran, musik pun sering dijadikan teman dalam berbagai perjalanan ataupun teman dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Kehadiran alat bantu untuk mendengarkan musik pun menjadi kabar gembira untuk para pecinta musik. Kali ini pengeras suara sudah hadir dalam desain dan teknologi yang memukau. Seperti sembilan speaker berikut ini, mulai dari speaker yang dapat melayang di udara, speaker berukuran kecil yang sekaligus dapat menjadi casing handphone, hingga tali speaker yang seperti ekor monyet sehingga dapat diletakkan dimanapun serta keempat speaker lainnya yang wajib dimiliki.


1. Luciano
Menggabungkan teknologi suara dengan seni keramik, speaker bluetooth yang diberinama Luciano ini menawarkan kualitas suara yang unggul dan jernih. Bentuknya yang unik seperti sebuah trompet ini desain oleh desainer Italia, Paolo Cappello. Hadir dalam enam pilihan warna baik glossy ataupun matte yang sepenuhnya diproduksi dengan bahan keramik dari nove. Selain itu, kecanggihan lainnya speaker ini dapat di kontrol oleh Iphone.




Speaker Luciano ketika terkoneksi dengan Iphone.



Hadir dalam warna merah, biru, dan hitam.

(Dokumentasi Foto : Designboom.com)


2. Monkey Radio
Studio Ding3000 memperkenalkan Monkey Radio untuk merek Palomar. Sebuah radio dan speaker portabel yang dapat digantungkan di mana saja. Sesuai namanya, radio ini memiliki desain yang fleksibel. Ketika tali dibengkokkan, tali tersebut seperti ekor monyet yang dapat menggantung di pipa, tiang, sepeda, hingga pergelangan tangan manusia. Selain itu, terdapat pula bluethooth yang memungkinkang pengguna untuk streaming lagu-lagu mereka sendiri,

Tampilan tali speaker yang fleksibel.


Dapat digantungkan di tiang seperti ekor monyet.

(Dokumentasi foto: Studio Ding3000)


3. Beosound 1 dan Beosound 2
Awalnya siapa yang mengira tabung silver ini adalah pengeras suara berteknologi mutakhir, hanya dengan sentuhan lembut pada bagian atas, speaker nirkabel portabel ini akan menyala secara otomatis. Desainnya berbentuk 360 derajat, membuat Beosound 1 dan Beosound 2 dapat didengarkan dari segala sisi. Speaker terbaru dari Bang & Olufsen ini dilengkapi dengan teknologi acoustic lens dan dapat melakukan streaming musik melalui Google Cast, AirPlay, DNLA atau Bluetooth dari smartphone.


Beosound 2 dan Beosound 1



Tampak detail Beosound 1



Tampak detail Beosound 2

(Dokumentasi foto: Bang & Olufsen)


4. Floating Cloud Speaker
Selanjutnya, speaker unik berbentuk awan ini adalah hasil kolaborasi antara Richard Clarkson Studio dan Crealev. Berteknologi Bluetooth, yang lebih menakjubkan Floating Cloud Speaker ini dapat melayang di atas piringan setinggi 1-2 inci. Pengeras suara yang terinspirasi bentuk awan cumulonimbus dapat melayang karena levitasi magnetik dan dapat digunakan berkat baterai lithium ion dengan daya efisien. Semakin memukau dengan adanya efek suara dan lampu LED seperti halilintar saat Bluetooth diaktifkan.





Floating Cloud Speaker yang sedang melayang di atas lingkaran hitam dengan ketinggian 1-2 inci.
(Dokumentasi foto: Richard Clarkson Studio)


5. Rockit Log
Mengeksplorasi kayu tak serta merta hanya dapat dijadikan furnitur atau aksesoris rumah lainnya. Kali ini mantan pemain sepak bola USA, Jay Demerit menginovasikan kayu bekas menjadi sebuah speaker. Bernama Rockit Log, speaker ini dilengkapi dengan bluetooth, powerful amplifier, dan baterai yang tahan lama.

Motif kayu pada Rockit Log Speaker.


Setiap speaker memiliki motif kayu yang berbeda-beda.

(Dokumentasi foto: Jay Demerit)


6. Peri Audio
Mendengarkan musik sambil mengisi daya baterai handphone kini dapat terjadi dalam satu waktu dengan kehadiran smartphone case, Peri Duo. Persembahan dari Peri Audio ini, handphone akan langsung terkoneksi ke speaker melalui bluetooth dan wifi yang tersedia. Selain itu terdapat pula daya 2500mAh yang mana pengguna dapat sekalian mengisi baterai handphone selama 12-17 jam.

Hadir dalam 4 motif berbeda

Dapat dengan mudah dimasukkan disaku celana

(Dokumentasi foto: Peri Duo)


7. LG Levitating Speaker
Tak jauh berbeda dari speaker awan sebelumnya, kali ini brand LG mempersembahkan LG Levitating Speaker. Pengeras suara ini memiliki teknologi elektromagnet yang membuatnya dapat melayang di atas permukaan tanpa harus terhubung kabel. Selain itu kejernihan suara yang dihasilkan speaker ini dapat digunakan baik di dalam maupun di luar ruangan.


Tampak detail LG Levitating Speaker yang unik

(Dokumentasi foto: LG)


8. Small Transparent Speaker

Setelah berhasil dengan Transparent Speaker pada 2011, People People meluncurkan kembali pada dalam versi yang lebih kecil. Memanfaatkan built-in sensor pengguna dapat menerima notifikasi melalui smartphone mereka ketika salah satu bagian perlu diperbaiki. Kecangihan lainnya, speaker ini juga didukung oleh bluetooth 4.1, Google Cast, Apple Airplay dan Spotify.



Keeleganan Transparent Speaker


Hadir dalam dua pilihan warna, hitam dan putih.

Dokumentasi foto: People People, Designboom.com)


9. Larva Brightsounds 2
Traveling kemanapun berpegian akan semakin menyenangkan dengan membawa Brightsounds 2. Speaker portabel berteknologi bluetooth dari Larva Speaker ini dapat bertahan 36 jam selama pemutaran musik dan 48 jam untuk penerangan cahaya. Selain itu, juga dilengkapi dengan fitur USB untuk keperluan pengisian daya.


Kemudahannya dapat di bawa kemanapun saat traveling

(Dokumentasi foto: Larva Speaker )