Membayangkan tinggal di tengah hutan bisa jadi dambaan sebagian orang yang sudah penat dengan pencakar langit dan rumah vertikal yang mengelilinginya. Terobosan unik dilakukan oleh firma Sparks Architecture yang merancang hunian layaknya tenda untuk camping. Bukan sekadar tenda, lokasinya pun berada di tengah hutan di wilayah Queensland.

Oleh sebab itu, dinding hujau berupa pepohonan tinggi menjulang akan menjadi menu sarapan setiap pagi. Menyinggung soal luasan, hunian ini sangat memadai dari segi ruang. Tersedia tiga kamar tidur, ruang keluarga hingga dapur yang memiliki bukaan ruang optimal agar kesegaran udara dapat terus bersirkulasi di dalam rumah. Iklim di Australia yang cenderung ekstrim diantisipasi melalui beragam teknik desain. Bila musim dingin menerpa, kehangatan rumah tetap dipertahankan melalui fungsi pintu geser serta ruang insulasi di antara dua atap mampu menangkap panas matahari di siang hari. 

Dengan bermacam fitur yang tersimpan di dalam rumah dengan desain minimalis ini, hidup berdampingan langsung dengan alam bukan lagi menjadi barang mahal yang hanya bisa didapat saat liburan.













Sumber: Archdaily

Foto oleh: Christopher Frederick Jones