Desain yang baik dan indah tidak cukup tanpa penataan yang tepat. Sepuluh tips versi CASA Indonesia di bawah ini akan membuat rumah semakin rapi sekaligus menyegarkan. Ikuti langkah demi langkah dan sebisa mungkin memaksimalkan furnitur yang ada di rumah.


1. Tempatkan furnitur menjauh dari dinding.





Semakin Anda tempatkan furnitur-furnitur merapat ke dinding, ruangan akan terlihat berantakan dan sesak. Jika Anda posisikan sofa, meja, kursi dan furnitur lainnya menjauh dari dinding, suasana ruangan akan menjadi lebih lega.




2. Pastikan ruang masuk pertama hunian Anda tertata dengan apik.


Entry room atau ruang depan mencerminkan rumah Anda secara keseluruhan. Jika sedari ruang masuk sudah terlihat berantakan, seluruh bagian hunian dapat diyakini juga tidak tertata dengan baik.




3. Gantungkan foto atau lukisan layaknya sebuah galeri yang selalu membawa kesan bersih dan rapi.


Lukisan maupun foto sangat awam dijadikan pajangan dalam sebuah rumah. Hanya saja, jika diletakan tidak beraturan dimana-mana justru membuat rumah terkesan berantakan.


Ketika Anda menggantungkan lukisan atau foto, pastikan Anda menempatkannya secara seimbang dan terorganisasi.



4. Gunakan kotak-kotak penyimpanan yang serupa.


Bentuknya yang sama menghadirkan kesan rapi dan terorganisasi. Kotak-kotak penyimpanan yang diberi label kategori juga menghindarkan Anda dari kehilangan barang-barang kecil yang kerap tercecer dan memudahkan ketika waktunya bersih-bersih rumah.



5.Sembunyikan kabel-kabel perangkat elektronik Anda.


Meski terdengar sepele, hal ini cukup memberi perubahan besar. Kabel-kabel yang saling terlilit satu sama lain dan berantakan akan mengalihkan perhatian dari tatanan interior yang cantik.





6. Gunakan rak untuk menyimpan barang-barang.


Satu hal yang patut diingat dalam menempatkan barang-barang pada sebuah rak, tetap berikan ruang di antara barang-barang yang Anda letakkan dan jaga keseimbangan dari rak teratas hingga ke rak paling bawah.




7. Gunakan rak terbuka atau tanpa pintu.


Rak terbuka 'memaksa' Anda menata hal-hal di dalamnya tetap rapi dan bersih karena langsung terlihat. Tak hanya itu, Anda juga mau-tidak mau menyortir barang-barang mana yang esensial dan layak disimpan, mana yang tidak, agar rak selalu enak dilihat.




8. Untuk menjauhkan kekacauan dari rumah, cobalah untuk tetap menjaga setiap permukaan meja atau kabinet apapun tetap bersih.


Meski sering tergoda untuk menaruh ini-itu di atasnya, cobalah untuk membuatnya tetap kosong. Inilah cara paling cepat dan ringkas untuk membuat rumah lebih rapi.




9. Gunakan sepasang bantal yang berukuran agak besar ketimbang beberapa bantal kecil dalam jumlah banyak.


Bantal-bantal kecil yang ditempatkan di setiap sofa menciptakan suasana riuh. Cukup hadirkan beberapa bantal dengan kualitas terbaik, berbentuk dan bermotif sederhana adalah keputusan terbaik untuk menciptakan ruangan yang apik dan juga rapi.



10.Singkirkan tanaman besar dan rimbun di dalam rumah yang akan membuat suasana penuh.


Pilihlah tanaman yang ukurannya lebih kecil. Selain membuat ruangan lebih lega, tanaman kecil cenderung lebih mudah dalam hal perawatannya ketimbang tanaman besar yang tak jarang justru menurunkan kualitas udara di dalam ruangan.



Foto dok. iemo.jp, homesthetics.net, id.pinterest.com, uk.pinterest.com, stylebyemilyhenderson.com, www.houzz.com, www.thedebrief.co.uk, stylebyemilyhenderson.com, blog.redcurrent.co.nz, www.madisonmodernblog.com, humble-homes.com