Di zaman serba berbasis teknologi seperti sekarang ini, bekerja dari rumah atau virtual work semakin merebak di masyarakat. Virtual work menjanjikan produktivitas yang lebih efektif dan efisien.

Tapi jangan salah, meski dilakukan dari rumah, tak jarang gangguan terbesar para virtual worker justru datang dari dalam rumah sendiri. Tanpa penataan yang baik dan tepat, suasana kerja dengan mudah buyar lantaran dekat dengan ruang tv atau dapur dan meja makan.

Tips yang disadur dari Wrike ini adalah beberapa kiat mudah menciptakan suasana kerja di rumah agar lebih fokus sekaligus produktif.





1. Cahaya Matahari yang Maksimal

Penjahayaan adalah salah satu faktor kenyamanan utama dalam menciptakan suasana kerja yang nyaman. Hindari pencahayaan dengan lampu neon karena menyebabkan kantuk. Cahaya alami adalah yang terbaik untuk produktivitas seharian.


2. Eliminasi Gangguan-Gangguan

Singkirkan seluruh hal yang sekiranya mengganggu kinerja. Gunakan ruangan yang tenang, tidak ada televisi, dan memiliki pintu sehingga Anda bisa menutupnya apabila sewaktu-waktu kegiatan anak atau anjing peliharaan Anda menciptakan suara yang cukup riuh.

Aplikasi pada komputer yang dapat memblokir situs-situs yang dapat mengalihkan fokus juga patut Anda gunakan.


3. Kontrol Temperatur Ruangan

Menurut penelitian, suhu udara pada ruangan yang terlalu dingin menyebabkan kesalahan-kesalahan penulisan. Jaga suhu ruangan tetap di kisaran suhu 25 derajat celsius; ini adalah temperatur paling ideal untuk produktivitas kerja.


4. Pilihlah Warna dengan Bijak

Palet warna hijau dan biru diyakini mampu meningkatkan fokus dan efisiensi kerja, sementara kuning dapat memancing optimisme dan energi. Jauhkan dominasi warna merah atau jingga yang terlalu mencolok dan dapat mengalihkan fokus.




5. Keep It Simple!

Gadget dan dekorasi yang berlebihan dapat menjadi pengalih ketika Anda hendak bekerja. Ketimbang menambah dekorasi di dinding meja lebih baik berinvestasi pada barang-barang yang dapat memudahkan Anda bekerja, seperti kursi kerja dengan desain menawan atau keyboard komputer yang ergonomis.


6. Hadirkan Unsur Tanaman

Pilihlah tanaman mungil dengan perawatan mudah di dalam ruangan. Kehadiran tanaman di suasana kerja dapat menurunkan tingkat stres dan mengurangi polusi udara.


7. Selalu Dekat dengan Inspirasi

Kutipan-kutipan inspiratif, foto-foto orang tersayang, mementos dari perjalanan-perjalanan seru dapat menjadi motivasi positif untuk bekerja seharian. Selain dapat menciptakan personalisasi karakter ruang kerja, hal-hal inspiratif ini membantu Anda membangkitkan good mood.


8. Selalu Siap Persediaan

Kehabisan kertas printer, isi staples, atau alat tulis, akan menyita waktu kerja. Kejadian ini secara langsung menciptakan jeda waktu bekerja yang sering berujung pada banyak pengalihan.


(Sumber foto: dok. www.ezday.co.kr)