Kulkas atau lemari es adalah salah satu tempat penyimpanan paling lazim yang hampir ada di setiap rumah. Keberadaannya membuat bahan makanan, minuman, dan olahannya sanggup bertahan dalam waktu yang lebih lama ketimbang di suhu ruangan.

Tapi tidak jarang juga, makanan dan minuman yang disimpan di kulkas sudah tidak layak konsumsi pada waktu yang lebih cepat dari perkiraan kita. Jangan-jangan, cara menyusun yang kurang tepat menjadi penyebabnya.

Padatnya kesibukan seringkali berdampak pada keteraturan susunan dan kerapihan komponen kebutuhan di dalam kulkas. Tahukah Anda, kulkas yang tertata dengan baik dan bersih dapat menghemat waktu dan pengeluaran Anda?




Salah satu contohnya, jika makanan dan minuman tertata dengan baik di dalam kulkas, kecil kemungkinan bagi Anda untuk tetiba menemukan produk-produk yang sudah rusak karena lupa pernah meletakkannya di belakang produk lainnya. Artinya, tidak ada lagi makanan yang terbuang dan pengeluaran tambahan untuk membeli gantinya.


Terinspirasi dari Apliances Service Station, inilah cara tepat menyusun bahan-bahan makanan, minuman dan olahannya ke dalam lemari es. Dengan susunan yang tepat, kesegaran makanan dan kemudahan penyimpanannya di dalam kulkas akan lebih optimal.

1 : Perlengkapan dapur, seperti serbet, kertas tisu dapur, atau buku resep memasak. Jangan letakkan kemasan botol atau bahan-bahan masakan di permukaan atas kulkas.

2 : Beragam daging yang akan diolah untuk beberapa saat ke depan. Anda juga dapat meletakan adonan pastry atau rotiu siap olah yang biasa dijual dalam keadaan beku.

3 : Sup krim, kaldu, dan kacang-kacangan beku. Anda juga dapat menyusun makanan-makan pencuci mulut seperti es krim atau sorbet.

4 : Potongan-potongan ikan yang siap diolah dan berbagai bagian daging yang sudah terpotong-potong, seperti bacon dan salmon stake.



5 : Di rak paling atas ini, Anda dapat meletakan seluruh makanan atau minuman yang cepat dikonsumsi atau belum selesai dikonsumsi, keju,  rempah-rempah, roti. Tetap tempatkan hal-hal di rak ini pada kemasan untuk mencegahnya berantakan sebab ini adalah bagian paling sering dijamah pengguna.

6 : Bagian pintu adalah bagian paling hangat dari kulkas. Pada bagian ini, Anda dapat meletakkan produk-produk yang bertahan lama, seperti minuman berkarbonasi, dan berbagai saus makanan.

7 : Rak tengah paling ideal untuk menyimpan produk yang kesegrannya harus selalu terjaga. Simpanlah telur, sosis, keju, dan susu pada rak ini. Jangan letakkan deetan telur pada bagian pintu yang beresiko jatuh atau pecah. 

8 : Di bagian bawah  area pintu ini, dengan ruang yang lebih luas, Anda dapat menyimpan minuman-minuman yang kemasannya lebih besar. Air mineral atau jus paling tepat ditelakan di rak ini.

9 : Laci paling bawah memiliki tingkat kelembapan paling rendah. Di sinilah Anda wajib menyimpan berbagai buah dan sayur-sayuran yang mudah rusak. Pada rak di atasnya, Anda juga dapat menyimpan sayuran yang rentan layu, seperti wortel, sayur-sayur berdaun hijau, dan brokoli.


(Sumber foto: www.badboy.ca, www.appliancesonline.com.au)