Work anywhere you want atau dikenal dengan virtual work rasanya menjadi tren yang terus berkembang dan semakin diminati.

Memasuki era serba digital dan hidup bersosial, banyak fasilitas kerja yang menjawab kebutuhan itu, salah satunya dengan hadirnya coworking space.




orang bekerja buka laptop


Berbeda dengan working space biasa, konsep coworking space sebetulnya lebih dalam dari hanya sekadar tempat meeting atau berkutat dengan gadget. Coworking space menjadi tempat yang bisa “menularkan” semangat berkarir, menambah koneksi, dan mempererat komunitas.


orang-orang sedang bekerja di sebuah coworking space


Untuk mendukung produktifitas kerja, desain interior dari coworking space menjadi perhatian penting bagi para pendiri coworking-coworking ini. Berikut 9 coworking space yang berlokasi di Jakarta dan Bandung yang bisa Anda jadikan tempat bekerja.


Intip juga tips bagaimana menjadikan rumah Anda sebagai tempat bekerja yang menyenangkan dengan mengoptimalkan barang-barang yang telah ada. Kunjungi juga artikel yang membahas tentang inspirasi desain kantor yang mengusung konsep open space dan atraktif.



1. Conclave

Berlokasi di tengah kota Jakarta Selatan, Conclave bisa menjadi opsi tempat kerja bagi Anda yang tidak ingin terikat dengan lingkungan kerja yang konvesional dan ingin suasana kerja yang sangat modern.


lantai 1 di conclave coworking


Energi modern sebagai refleksi kaum muda urban terlihat dari gaya interior khas industrial. Nuansa tenang dan nyaman menjadi atmosfer utama yang dihadirkan Sadhiya Hanindita selaku desainer interior dan juga founder produk living Fasa.


area santai conclave coworking


Furnitur didominasi oleh material kayu dan bambu yang menambah suasana hangat dan cozy. Selain area ruang kerja, Conclave menyediakan auditorium berkapasitas 125 tamu yang bisa dipakai untuk workshop atau seminar.


Bagi Anda yang senang membaca buku, Conclave juga memiliki perpustakaan yang terletak di sudut ruangan sehingga memiliki privasi yang menyenangkan.


Alamat: Jl. Wijaya 1 No. 5C, Jakarta Selatan

Jam operasional: 08:00-16:00 (setiap hari) dan akses 24/7 untuk member



Baca juga: Desain Ruang Kerja yang Kids-Friendly Ala Sigi Wimala


2. Base Cowork Lounge

Base Cowork Lounge memiliki desain interior dengan bata ekspos dan nuansa industrial yang edgy.


area resepsionis base cowork lounge


Karena terletak di lantai 12, panorama yang dimiliki coworking space ini cukup fenomenal, yaitu pemandangan kota Jakarta, selayaknya sedang bekerja di gedung pencakar langit.

Yang menjadi highlight dari tempat ini adalah Comic Library yang menyediakan lebih dari 10.000 komik Jepang Asli yang bisa Anda nikmati saat lelah bekerja.


meja-meja di base cowork lounge


Nikmati juga sesruput kopi gratis dari Delonghi Coffeemaker yang terkenal. Anda dapat meminta seberapa kuat kopi Anda, Delonghi akan menggiling biji kopi yang sesuai dengan selera Anda di Base Cowork Lounge.


Alamat: Prudential Tower Lantai 12, JL. Jend. Sudirman Kav.79, Jakarta Selatan

Jam operasional: 09:00-20:00 (setiap hari)



3. Coworkinc

Sesaat menginjak lantai 3 di Wimo Building, nuansa interior yang lembut terasa begitu mengundang untuk bekerja, berdiskusi, atau mencari inspirasi.

Palet warna monokrom serta natural di dinding, lantai, hingga furnitur didesain secara padu oleh beberapa desainer lokal yang terlibat, seperti Rubi Roesli, Eugenio Hendro, dan Sean Bunjamin.


area duduk coworkinc kemang


Secara aktif, Coworkinc menghadirkan seminar-seminar edukatif yang dapat memberikan inspirasi untuk komunitas kreatif. Coworkinc sangat terbuka bagi Anda yang ingin membuat acara di tempat ini, baik dalam grup besar atau pun kecil.


Coworkinc menyediakan ruang kerja seluas 200 meter persegi, dua ruang rapat berkapasitas enam dan delapan orang, dan kafe yang bekerja sama dengan Galla Coffee.


Alamat: Wimo Building Lantai 3, Jl. Kemang 1 no. 7, Jakarta Selatan

Jam operasional: 09:00-21:00 (Senin-Sabtu)



4. Jakarta Creative Hub

Menempati Gedung Graha Niaga Thamrin, Jakarta Pusat, Jakarta Creative Hub memiliki beberapa fungsi tempat, diantaranya sebagai co-working space, co-office, coffee shop, meeting room, dan makerspace room.


area resepsionis jakarta creative hub


Terdapat juga laboratorium, bengkel, perpustakaan, ruang komputer serta berbagai alat dari mesin jahit, mesin bubut hingga mesin potong kayu di ruang publik ibukota ini.


fasilitas makerspace di jakarta creative hub


Dengan luas hingga 1500 meter persegi, desain interior Jakarta Creative Hub ini sangat modern dengan nuansa Industrial yang kental. Dominasi warna hitam dan putih ini terkesan sangat 'anak muda' dan 'kekinian'.


Alamat: Gedung Graha Niaga Lantai 1, Jl. Kebun Melati 5 No.20, Jakarta Pusat

Jam operasional: 10:00-17:00 (Senin-Jumat)





5. ke:kini

ke:kini mengusung konsep yang cukup menarik dengan mengabungkan beberapa furnitur tempo dulu dengan skandinavian. Beberapa bean bag juga disediakan untuk memberikan suasana yang lebih santai.


ruang acara di ke:kini


ke:kini memiliki dua Ruang Acara yang berkapasitas 50 dan 70 orang yang bisa digunakan untuk workshop. Terdapat juga Ruang Pertemuan yang berkapasitas 7 dan 10 orang untuk meeting privat. Sebanyak 50 meja kerja bisa dipergunakan secara bebas.


ruang kerja di ke:kini


Pilih kursi senyaman Anda, mulai dari bean bag, sofa, hingga office chair. Agenda workshop secara rutin mereka lakukan, seperti Kelas Menulis Kota, Kelas Bisnis Fashion, dan terbuka untuk berbagi pengetahuan, pertunjukan karya, pemutaran film, lokakarya, diskusi, dan berbagai aktivitas lainnya


Alamat: Jl. Cikini Raya No. 43/45, Menteng, Jakarta Pusat

Jam operasional: 09:00-21:00 (Senin-Sabtu)


Baca juga: 6 Tips Memilih Wallpaper dan Cat Dinding Interior Rumah


6. Co&Co Workshare

Co&Co Space adalah coworking pertama di tengah kota Bandung dan berlokasi di Dipatiukur. Setelah sukses dengan coworkingnya ini, Co&Co Space akhirnya membuka cabang kedua setelah tiga tahun berdiri dengan nama Co&Co Workshare.


area beanbag Co&Co Workshare


Coworking terbaru ini terletak di Cipaganti dan menggunakan gedung heritage seluas 700 meter persegi. Tempat ini dilengkapi oleh Host-Hub, communal space untuk bekerja dengan loose furniture, meeting room, kantin De Kantine, dan Idea Room yang dipenuhi dengan bean bag.


area kerja Co&Co Workshare


Sebagian besar kursi-kursi didesain oleh Asanka Studio, kecuali kursi di Host-Hub yang merupakan karya almarhum Irvan Noe'man. Sedangkan lampu-lampu merupakan koleksi Uma Living.


Alamat: Jl. Cipaganti No. 138, Bandung

Jam operasional: 08:00-21:00 (Senin-Jumat) dan 08:00-01:00 (Sabtu dan Minggu)


Baca juga: 23 Desain Ruang Kerja yang Membuat Anda Fokus di Rumah


7. Parc C Coworking

Parc C mengusung gaya industrial retro pada cafe dan coworking space. Dengan dinding bata ekspos, ceiling yang berjenjang, berhimpitan langsung dengan taman hijau, dan ditambah dengan sejuknya kota Bandung, beraktivitas di Parc C terasa nyaman seperti di rumah.


area kerja Parc C Coworking


Parc C Coworking memiliki satu ruangan berkapasitas 14 orang yang lengkap dengan personal desk, sofa, serta kamar mandi yang lengkap dengan shower.


meja dan tempat duduk Parc C Coworking


Tak perlu jauh-jauh jika Anda ingin menyantap makanan Asian-Western. Parc C menghadirkan makanan berat seperti nasi, burger, steak, pasta, hingga kopi mendukung aktivitas kerja. Nikmati juga alunan live music yang sering diadakan apabila ada event-event tertentu seperti tahun baru atau valentine.


Alamat: Jl. Kidang Pananjung no.5c , Dago Simpang, Bandung 40134

Jam operasional: 11:00-22:00



8. Eduplex

Gaya bekerja seperti apapun yang Anda senangi, Eduplex menyediakan tempat bekerja yang sangat santai. Selain meja dan kursi kerja yang umum digunakan, Eduplex juga memiliki area lesehan lengkap dengan dengan bean bag dan short coffee table. 


area depan Eduplex


Untuk konsep interior secara keseluruhan, Eduplex mengusung konsep connect, learn, and share. Dengan konsep layout yang fleksibel dan terbuka, Eduplex mengharapkan pengunjung dapat berinteraksi, berbagi, dan membuka networking dengan mudah tanpa ada batasan.


area kerja di Eduplex


Saat lelah meeting atau bekerja, kunjungi cafe Eduplex atau game room berisi TV dan console game.


Alamat: Jl. Ir. H. Djuanda (Dago) No. 84, Bandung

Jam operasional: 24/7 (setiap hari)



9. Bandung Digital Valley

Terinspirasi oleh Silicon Valley yang ada di Amerika, perusahaan Telkom membuka Bandung Digital Valley. Dengan konsep interior yang futuristik, digital, dan open space, Bandung Digital Valley ini menyediakan beberapa area kerja kreatif.


ruang kerja di Bandung Digital Valley


Fasilitas yang mereka sediakan mulai dari coworking space seluas 1200 meter persegi dengan meja kerja kubikel, gadget room, meeting room, creative desk, lounge, dan cafe. Creative Desk merupakan tempat khusus bagi startup Indigo Incubator dapat mengembangkan solusi aplikasi.


Alamat: Menara Bandung Digital Valley Lantai 4, Jl. Gegerkalong Hilir No. 47, Bandung




Foto oleh CASA Indonesia, Base Cowork Lounge, Coworkinc, Engel Tanzil, ke:kini, Nomads, Parc C, Eduplex, Anggi Krisna.