Tidak terasa CASA Design Challenge (CDC) 2016 sudah setahun berlalu. Bagi para calon peserta CASA Design Challenge 2017, mungkin penasaran seperti apa sih proses kompetisi ini?


Lalu siapa saja tokoh-tokoh yang menjadi juri tahun lalu dan kembali menjadi juri tahun ini? Dan tentunya siapa saja nama-nama peserta CDC yang membawa penghargaan? 







Bagi yang belum tahu, CASA Design Challenge (CDC) adalah kompetisi yang diadakan oleh pameran CASA Indonesia dan terbagi menjadi tiga kategori, yaitu furniture, kitchenware, dan lighting sejak tahun 2011.


Simak berikut proses perjalanan CDC 2016 yang diharapkan menjadi inspirasi dan semangat bagi para peserta tahun ini dan tahun-tahun berikutnya.


Para Juri

Beberapa nama yang terlibat di penjurian CDC 2016 adalah Lea Aziz (desainer interior dan Ketua HDII), Rina Renville (desainer produk), Abdi Ahsan (lighting desainer), Miranti M. Lemy (Editor-in-Chief CASA Indonesia Magazine), Lisa Malonda (perwakilan Istituto Marangoni di Indonesia), dan Cristina Morozzi (Istituto Marangoni Italia). Semua nama-nama ini akan kembali menjadi juri CDC 2017.

Untuk tahun ini, Forme Furniture akan mendukung penuh kompetisi ini sehingga Yani Susilowati selaku owner dari Forme akan terlibat sebagai juri CDC 2017.



Sebanyak 130 produk telah dimasukan tahun lalu. Dengan melalui beberapa tahap penjurian, sekitar 30 orang terpilih melakukan presentasi di depan juri-juri. Sesuai data internal yang CASA Indonesia miliki, tahun ini jumlah peserta naik sebesar 60%.




Proses penjurian pun dilakukan secara bertahap sesuai dengan kategori yang ditentukan. Dengan antusias dan semangat berkompetisi, satu demi satu peserta menjelaskan dan mengulas kembali masukan dari para juri. 



Sesuai informasi dari beberapa arsitek dan desainer yang juga berprofesi sebagai dosen di beberapa universitas, kini mahasiswa melihat kompetisi ini sebagai ajang yang penting dan dapat mendukung mereka menjadi calon desainer yang diperhitungkan di industri.





Banyak dari mereka yang meminta secara khusus kepada para dosen untuk mengajari mereka cara berpresentasi. Melalui proses penjurian ini memang mahasiswa atau desainer muda diajak untuk secara aktif untuk berpresentasi dengan baik dan menampilkan hasil yang dapat dipertanggungjawabkan.


Pameran

Telah melalui proses seleksi yang panjang dan menegangkan, ke-14 nama akhirnya mendapat spotlight untuk bertatap wajah dengan masyarakat dengan harapan besar. Seluruh anggota juri bertandang ke area karya CDC 2016 yang dipamerkan, menilai, masing-masing karya dan mewawancarai para peserta.


Berikut wajah dari para peserta CASA Design Challenge 2016 untuk kategori furniture. Lihat juga karya-karya mereka yang telah layak ikut serta dalam kompetisi ini.

Kiri-kanan: Devi Nurgaha (SIRKAM CHAIR), Jowien Tyas N. (MACA TABLE), AG. Gilang Raihasa (WOLO CHAIR), M. Rizki Haris (AYUN CHAIR), Permana Siddiq (SAWAH CHAIR), Cynthia Margareth (PIRIANG), dan Hasbie Alfie (TALAM TABLE).


Selanjutnya, ini keempat wajah untuk kategori lighting. Lihat juga karya-karya mereka yang telah turut serta di panel kompetisi CDC 2016.


Kiri-kanan: M. Arif Malik (HIDDEN 'O'), Dinna Alief N. (KARTINI LAMP), Sopyan Rabiullah R. (POROS HANGING LAMP), Arwin Santosa (TABUIK LAMP)


Dan yang terakhir, ini adalah nama peserta CDC 2016 untuk kategori kitchenware. Lihat juga karya-karya mereka yang telah layak ikut serta dalam kompetisi ini.


Kiri-kanan: Cynthia Margareth (COBEK), M. Ichsan Permana (MEULABOH), Zakaria Ramadhan (CARUBAN)


Banyak di antara peserta yang kini menjadi alumni CDC yang memperoleh kesempatan untuk tampil di pameran ajang internasional, seperti Maison & Objet Asia, Salone del Mobile, dan masih banyak lagi. 


Foto oleh CASA Indonesia.