BE A PART OF IT

Pesta desain Asia Singapore Design Week (SDW) 2017 akan digelar pada tanggal 3 hingga 26  Maret 2017 di berbagai sudut kreatif kota Singapura. SDW yang digelar rutin setiap tahun ini dihelat oleh DesignSingapore Council bagian dari Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura untuk mendukung industri desain domestik dan menarik minat para wisatawan internasional.





Berbagai acara desain tergabung dalam festival SDW 2017 diantaranya ialah International Furniture Fair Singapore (IFFS) yang sudah berlangsung sukses selama tiga dekade, lalu ada SingaPlural yaitu, ajang unjuk kreativitas para pelaku desain dengan konsep pameran yang menarik, diskusi mengenai desain seperti Innovation by Design Conference, dan Design Trails, sebuah tur yang mengajak publik untuk mengunjungi berbagai sudut kota Singapura yang kental dengan unsur desain lokal.

International Furniture Fair Singapore (IFFS) 2017

Digelar sejak tahun 1981, International Furniture Fair Singapore (IFFS) merupakan ajang yang paling dinanti setiap tahun oleh para penikmat desain Asia dan dunia. Akan digelar pada tanggal 9 hingga 12 Maret 2017 di Singapore Expo, IFFS 2017 bekerja sama dengan ASEAN Furniture Show (AFS) dan Nook Asia sebagai partner yang baru.


IFFS 2017 juga tampil dengan berbagai inovasi baru seperti tersedianya Outdoor Boulevard, Virtual Experience Center, Brand Franchise Pavilion, serta hadirnya The Italian Hospitality, sebuah pavilion yang mengenalkan aspek terbaik dunia desain Italia, dari industri furnitur, teknologi, hingga kuliner khas Italia. Pavilion ini didesain dan dikurasi oleh tokoh desain Italia terkemuka, yaitu Giulio Cappellini.


SingaPlural 2017

Salah satu acara yang juga disorot pada SDW 2017 ialah SingaPlural, sebuah pameran dengan display kreatif yang merangkum segala aspek desain dari arsitektur, interior, furnitur, tata kota, lansekap, hingga desain grafis dan fashion. Berlangsung dari tanggal 7 hingga 12 Maret 2017 di lokasi yang baru yaitu F1 Pit Building.


SingaPlural 2017 akan dikurasi untuk pertama kalinya oleh Black, firma desain yang memenangkan penghargaan sebagai Asia's Top Design Practices dalam ajang Singapore Design Award 2015. Diikuti oleh lebih dari 100 partisipan, SingaPlural dikemas dalam tiga tema besar yaitu, Partners, Pop-up, dan Projects serta pameran karya kolaborasi antara desainer dan ilustrator dalam Feature Project.




Pada segmen Partners, untuk pertama kalinya SingaPlural akan mempersembahkan KYO Project, sebuah kolaborasi antara Badan Ekonomi, Perdagangan dan Industri Kanto (METI-Kanto) dan pengrajin asal Jepang dengan desainer-desainer Singapura.

Segmen Pop-up merupakan concept store yang diisi berbagai produk kreatif hasil kreasi para desainer lokal yang bisa langsung dibeli oleh para pengunjung. Dan yang terakhir ialah segmen Projects yang menampilkan kolaborasi antara brand global dengan brand lokal Singapura, seperti Uniqlo dengan desainer Fizah dan Ando dari Machineast and Roots, merilis lini pakaian Uniqlo AIRism. Pengunjung dapat mengetahui keunggulan bahan AIRism yang quick-dry dan breathable dalam rangakain mini games dan instalasi yang interaktif.

Tak hanya fashion, Studio Architetto Egidio Panzera akan berkolaborasi dengan Ewins, mendesain sebuah instalasi dari acrylic sheets dari brand Veromobi yang menggunakan teknologi tinggi.


Sedangkan Feature Project khusus untuk SingaPlural 2017 ini tampil dengan tema besar yaitu, “Tomorrow: Design Stories of Our Future.” Sepuluh desainer peraih President’s Design Award dan sepuluh ilustrator berkolaborasi dalam sepuluh tema berbeda yang menggambarkan hidup berkeseharian di masa depan pada tahun 2065.

Tentu projek kolaborasi ini akan menjadi daya tarik tersendiri pada SingaPlural 2017.


Foto: Dok. Singapore Tourism Board