Lyndon Neri


Digelar pada 16 Desember 2017 lalu di Titan Center, Bintaro, Tangerang Selatan, Anabata Live Series, seminar yang selalu menghadirkan arsitek terkenal dunia dalam seri ketiganya kali ini mengundang Makoto Tanjiri dari Jepang dan Lyndon Neri dari Tiongkok.




Dimoderatori oleh Andrew Tirta, arsitek pendiri Inter-Linkages of Aptitudes Towards Arrays of Architectural Juxtaposition (ILATAAJ), sesi pertama dibuka dengan presentasi dari Makoto Tanjiri, pendiri Suppose Design Office.


Makoto Tanjiri




Pendekatan desain yang dilakukan Makoto cenderung menghilangkan label dari suatu benda sehingga fungsinya tak sebatas label tersebut. Prinsip ini yang menjadi dasar salah satu mahakaryanya yaitu, House in Takamiya, sebuah hunian yang mutifungsi dan dinamis.

Sesi kedua dilanjutkan oleh Lyndon Neri dari Neri & Hu Design & Research Office. Neri mengungkapkan tiga fokus utamanya ketika mendesain yaitu, interiority, sebuah pengalaman ruang; total design, penuh memegang kendali atas desain-desainnya, dan yang terakhir ialah nostalgia, momen-momen unik yang menjadi sumber inspirasi karya-karyanya, seperti The Waterhouse at South Bund dan Sulhwasoo Flagship Store, Seoul.


Foto : Dok.Instagram Anabata