Keindahan alam Bali tidak hanya berasal dari pantai dan lautan lepasnya. Jika Anda memiliki jiwa petualang untuk melanjutkan perjalanan menuju ke dataran tinggi di Pulau Dewata, banyak spot air terjun yang bisa ditemukan di sana.

CASA Indonesia telah mempersiapkan daftar wisata air terjun di Bali yang dapat berikan suasana berelaksasi maksimal berkat pemandangan alam nan memesona dan patut untuk dikunjungi.




1. Air Terjun Gitgit


Air terjun Gitgit


Air terjun Gitgit merupakan salah satu wisata air terjun di Bali yang sangat terkenal untuk wisatawan lokal hingga mancanegara. Berada di desa Gunung Luwih Gitgit, lokasi air terjun yang dekat dengan jalan raya ini sangat memudahkan pengunjung untuk memasuki kawasan wisata tersebut.


2. Air Terjun Banyumala


12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Banymala / @frnnd_bgs


Aliran air tenang yang meluncur dari ketinggian di kawasan air terjun Banyumala di desa Sukasada ini membuatnya berbeda dengan air terjun di Bali lainnya yang kebanyakan terjun dengan deras. Kondisi alam yang unik tersebut menghadirkan suasana yang lebih nyaman saat berendam ditemani dengan pemandangan hutan hijau yang indah.


3. Air Terjun Tibumana


12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Tibumana / @itsnedkelly


Berada di desa Apuan, air terjun Tibumana telah menjadi destinasi wisata favorit sejak beberapa tahun ke belakang. Di sana Anda akan disuguhkan tidak hanya satu air terjun, melainkan dua yang sering disebut juga “air terjun kembar” karena aliran air meluncur dari ketinggian secara simetris. Di belakang air terjun, ada gua yang konon katanya merupakan jalan pintas menuju Pura Gua Raja Besakih.


Baca juga: 10 Pantai Terindah di Bali yang Cocok untuk Liburan


4. Air Terjun Peguyangan


Air terjun Peguyangan


Untuk mencapai air terjun Peguyangan di desa Batu Kandik, Anda perlu menuruni kurang lebih 460 anak tangga di tebing yang curam. Namun, setelahnya Anda akan menemukan pemandangan yang fenomenal. Pengunjung bisa bermain air di kolam infinity pool alami di tebing pantai dengan pemandangan laut lepas Nusa Penida.


5. Air Terjun Tegenungan


Air terjun Tegenungan


Berada di dataran rendah membuat air terjun Tegenungan menjadi kawasan wisata di desa Kemenuh yang mudah untuk dikunjungi. Air terjun yang tidak terlalu tinggi namun meluncur deras, sangat menakjubkan untuk diabadikan dengan kamera. Banyaknya wisatawan yang berkunjung, membuat kawasan ini memiliki fasilitas umum yang memadai. 


6. Air Terjun Blahmantung


Air terjun Blahmantung


Air terjun Blahmantung yang berlokasi di desa pujungan merupakan salah satu air terjun yang cocok untuk dikunjungi saat Anda membutuhkan ketenangan di Bali. Aliran air meluncur dari ketinggian 50 meter ke kolam yang penuh dengan batuan alam sehingga menghasilkan pemandangan yang menarik. Letaknya yang berada di dalam kompleks Pura Taman Sari membuat kawasan ini sangat sunyi dan menenangkan. 


7. Air Terjun Sekumpul




12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Sekumpul / @jennykuheim


Masuk ke dalam daftar air terjun tertinggi di Bali dengan ketinggian mencapai 100 meter, air terjun Sekumpul merupakan kumpulan beberapa air terjun yang jatuh menuju ke satu muara. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung diharuskan berjalan cukup jauh hingga menyebrangi sungai. Sangat tidak disarankan untuk datang saat musim hujan karena debit air sungai bisa meluap sehingga membahayakan.


8. Air Terjun Aling-aling


12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Aling-aling / @stephanlika_traveler


Air terjun Aling-aling yang berada di desa Sambangan juga telah menjadi salah satu wisata air terjun favorit wisatawan di Bali saat ini. Banyak pengunjung yang mencoba untuk melompat ke kolam air terjun dengan kedalaman hingga 4 meter ini. Namun sebelum bisa menikmati yang ditawarkan di kawasan air terjun ini, Anda perlu menuruni ratusan anak tangga terlebih dahulu 


Baca juga: 5 Tempat Wisata Alam di Bali yang Cocok untuk Keluarga


9. Air terjun Nungnung


12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Nungnung / @ariadnunii


Berkat pengelolaan pemerintah setempat, akses menuju kawasan wisata air terjun Nungnung cukup mudah untuk dilalui. Air terjun yang berada di desa Nungnung ini memiliki ketinggian 50 meter dengan aliran yang deras, sehingga percikan airnya bisa menghadirkan kesegaran. Anda juga bisa bersantai di gazebo yang ada di pinggiran kolam air terjun.


10. Air Terjun Yeh Mampeh


Air terjun Yeh Mampeh


Jika diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia, nama Yeh Mampeh berarti air terjun terbang. Nama tersebut disematkan pada air terjun yang berada di desa Les ini. Jika diperhatikan, air yang jatuh ke kolam air terjun seperti melayang. Hal tersebut terjadi berkat struktur batuan di sisi kolam yang menutupi titik jatuhnya air.


11. Air Terjun Tembok Barak


12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Tembok Barak / @almuzakii


Air terjun Tembok Barak menambah daftar keunikan dari wisata air terjun di Bali. Hal unik pertama di kawasan air terjun ini adalah hadirnya tebing berwarna merah alami. Selain itu, yang kedua merupakan sumber air terjun yang tidak terlalu tinggi, mengalir di sela-sela dinding tebing tersebut dan mampu mengisi kolam air terjun hingga batas pinggang orang dewasa.


12. Air Terjun Kanto Lampo


12 Wisata Air Terjun di Bali yang Menyegarkan

Air terjun Kanto Lampo / @bugoff_tv


Datang ke kawasan air terjun Kanto Lampo dan mengabadikan momen melalui kamera merupakan aktivitas yang wajib di lakukan. Struktur batuan tebing berundak-undak membuat aliran air terjun yang berada di desa Beng ini memiliki percikan air tidak beraturan yang sangat indah untuk ditangkap oleh mata kamera. Selain itu, terdapat gua untuk meditasi yang konon katanya dipenuhi kelelawar.


Foto teaser: dok @corendon.vliegvakanties