Sebentar lagi akan ada long weekend di bulan April saat liburan Paskah, kemana Anda merencanakan berlibur dengan keluarga? Jika Singapura adalah salah satu destinasi yang Anda pilih, CASA Indonesia memberikan rekomendasi tempat wisata yang cocok untuk keluarga. 


Universal Studio Singapore dan Singapore Zoo merupakan tempat wisata wajib Anda kunjungi. Namun sebetulnya begitu banyak destinasi unik yang bisa Anda telusuri di Singapura. Bagi Anda yang membawa anak kecil, disarankan membaya stroller dan baju yang nyaman, agar buah hati tidak kelelahan dan tetap merasa senang. 




Berikut ini 14 tempat wisata keluarga di Singapura yang dijamin akan membuat liburan Anda menyenangkan, edukatif, dan memorable. Mulai dari outdoor playground, kota salju, hingga belajar menjadi pemadam kebakaran. 


CASA Indonesia mencantumkan alamat, MRT terdekat, serta harga tiket masuk. Selamat jalan-jalan!


1. Marine Life Park


Cuaca Singapura yang panas perlu disandingkan dengan bermain air yang seru di Adventure Cove Waterpark. Bagi yang membawa anak-anak, Anda bisa mencoba Adventure River. Sebuah kolam santai yang melintasi 14 habitat seperti gua, taman hutan yang rimbun, dan terowongan bawah air dengan ikan yang berenang di atas dan sekitar Anda.

Di kawasan Marine Life Park terdapat S.E.A Aquarium yang menampilkan lebih dari 100.000 hewan laut. Ini adalah akuarium terbesar di ASEAN. 


Blooloop


Harga Adventure Cove Waterpark: S$30

Harga S.E.A Aquarium: S$40

Lokasi: 8 Sentosa Gateway, Resort World Sentosa

MRT Terdekat: Harbourfront Station dan lanjut Sentosa Express (monorail) ke waterfront station


2. Tayo Station


Bagi orang tua yang memiliki anak kecil, tentu tahu karakter bus dari Korea Selatan bernama Tayo. Singapura memiliki satu indoor playground khusus Tayo seluas 930 meter persegi. Tempat bermain ini cocok untuk anak usia 18 bulan ke atas yang lengkap dengan Tayo’s Road Circuit, Poco’s Hinoki Play, dan Gani’s Playground. Anak-anak bisa bermain balap-balapan di Road Circuit dan bermain pasir di Hinoki Play. 



Tayo Station


Harga: S$16-28

Lokasi: Market Square,@ Downtown East, E!Hub, Level 3(#03-112, 1 Pasir Ris Cl

MRT Terdekat: Pasir Ris


3. Science Center


Liburan yang edukatif bisa didapatkan secara lengkap di 14 galeri milik Science Centre. Dua pengalaman paling seru di sini adalah Snow City dan Omni-Theatre. Snow City adalah wahana salju indoor pertama di Singapura yang lengkap dengan lereng salju, pertunjukan The Snow Show, serta patung-patung hewan yang sudah punah. Jangan lupa membawa jaket yang tebal karena tempat ini bersuhu di bawah titik beku. 

Snow City


Omni-Theatre merupakan satu-satunya teater kubah IMAX di Singapura dengan layar kubah setinggi 5 lantai yang menakjubkan. Omni-Theatre menampilkan film-film edukatif. Untuk 1 bulan mendatang, film yang diputar adalah The Adventures Of Rosetta And Philae tentang perjalanan karakter satelit yang menjelajahi komet dan mengelilingi matahari.


Science Centre


Harga: S$35

Lokasi: 15 Science Centre Rd

MRT Terdekat: Jurong East Station


Baca juga, Tetap Stylish! Ini Tips Liburan Aman Bersama Balita


4. Central Public Library


Sisipkan waktu untuk mengunjungi perpustakaan agar anak belajar membaca buku sejak dini. Agar tidak membosankan, Central Public Library bisa menjadi tempat menarik berkat interiornya yang menggemaskan di area My Tree House. Perpustakaan dengan koleksi 288,000 buku ini adalah perpustakaan pertama di dunia yang menggunakan aspek “go green”, mulai dari desain interior, infrakstuktur hingga programming.


Inhabitat


My Tree House didesain menggunakan botol, kayu, dan karpet yang didaur ulang, serta furnitur yang diperbaharui dan pencahayaan LED yang hemat energi. Jangan lupa, ajak anak Anda mencoba Weather Stump untuk belajar tentang suhu, kecepatan angin, dan curah hujan.


Harga: gratis

Lokasi: 100 Victoria St.

MRT Terdekat: Bugis atau City Hall



5. Universal Studio Singapore (USS)


Wahana kelas dunia in sudah tidak asing lagi didengar dan menjadi daftar utama yang Anda harus catat. Universal Studio selalu membuat parade tematik. Bagi Anda yang mengunjungi tempat ini pada tanggal 8 Maret-28 April 2019, parade USS kali ini adalah Sesame Street 50 Years and Counting Celebration.



Wolf Adventures


Jangan lewatkan acara Sesame Street Birthday Blowout dengan lagu-lagu seru dan kue ulang tahun raksasa. Kunjungi juga Big Bird’s Nest, Abby’s Fairy Garden, dan Oscar the Grouch. Nikmati juga berjalan-jalan di Sesame Street dan bersantai di Bert and Ernie's Apartment.


Harga: S$79

Lokasi: 8 Sentosa Gateway, Resort World Sentosa

MRT Terdekat: Harbourfront Station dan lanjut Sentosa Express (monorail) ke waterfront station



6. Children’s Garden di Garden by the Bay


Hanya berjarak 10 menit berjalan kaki dan dapat diakses langsung dari hotel Marina Bay Sands, Gardens by the Bay menjadi destinasi wajib di Singapura. Tempat ini ialah taman botani modern yang dapat dikunjungi secara gratis, kecuali mengunjungi Flower Dome dan Cloud Forest yang berbayar.



Grant Associates


Mendekati waktu matahari terbenam, sempatkan foto dengan latar belakang Supertrees yang berpendar indah. Untuk anak-anak, bisa mencoba Children’s Garden yang dilengkapi oleh interactive play areas, water fountain, amphitheatre, water play features, dan occasionally educational programmes. 


Harga: Gratis

Lokasi: 18 Marina Gardens Drive

MRT Terdekat: Bayfront


7. Hay Dairies

Hay Dairies memelihara 800 kambing ras campuran. Tempat ini merupakan bisnis yang telah berdiri sejak 20 tahun lalu, sehingga servisnya sangat terpercaya. Mampir di pagi hari untuk menangkap kambing yang sedang diperah, kemudian bawa beberapa botol saat Anda pulang.

Pemerahan susu dilakukan sekali sehari, di pagi-pagi sekali sampai sekitar 10:30 pagi. Rata-rata, setiap kambing menghasilkan sekitar 3 liter susu saja. Jangan lewatkan pengalaman seru ini. 


The New Age Parents


Harga: gratis

Lokasi: 3 Lim Chu Kang Lane 4

MRT Terdekat: Choa Chu Kang, kemudian lanjut menggunakan bus 975 (dari bus stop no. 44531).





8. Singapore Discovery Centre


Siapkan popcorn Anda dan nikmati bioskop terbesar di Singapura menampilkan film 2D dan 3D. Lego Movie 2 dan Captain Marvel tayang di sini. Dengan sistem suara yang sangat baik, bioskop kelas dunia dengan 344 tempat duduk ini mengundang Anda untuk merasakan pengalaman yang sinematik dan realistis.


Choo Yut Shing / Flickr


Selain itu, Singapore Discovery Centre juga memiliki area Visionarium Design Studio dengan layar berbentuk layar 360 derajat. Di area ini, Anda bisa merancang kota Singapura secara virtual dengan berbagai fitur menarik.



Ticki Kids


Harga: S$10

Lokasi: 510 Upper Jurong Road

MRT Terdekat: Boon Lay, lalu lanjut bus 193 atau 182 


9. Singapore Zoo


Singapore Tourism Board bersama Singapore Zoo dan Wildlife Reserve Singapore akan menghadirkan sesuatu yang baru di bulan Juni 2018 lalu bernama “Rainforest Lumina”. Program ini memiliki konsep Night Safari. Jadi, para pengunjung akan diajak untuk berjalan sejauh satu kilometer mengitari hutan tropis Singapore Zoo di malam hari. Dilengkapi dengan dengan visual yang interaktif dan meriah dari studio hiburan multimedia, Moment Factory.


Singapore Zoo


Harga: S$38

Lokasi: 80 Mandai Lake Rd

MRT Terdekat: North-South MRT line dan lanjut menggunakan bus



Baca juga, Bila ke Singapura, 9 Hal Baru ini Wajib Anda Coba!


10. Trick Eye Museum


Berikan pengalaman yang seru dengan anak-anak dengan instalasi seni 4 dimensi di Trick Eye Museum. Sebanyak 80 ilusi optik yang terbagi menjadi enam kategori, yaitu World of Masterpieces, Excitement, Supernatural, Fairy Tale, Fantasy, dan Trick World. Di museum ini, Anda diijinkan untuk mengambil foto sepuasnya, bahkan menungganginya. Trick Eye Museum terletak dekat Universal Studios dan Malaysian Food Street.


Hapz


Harga: S$20 - S$25

Lokasi: Resorts World Sentosa, 26 Sentosa Gateway #01

MRT Terdekat: Harbourfront Station dan lanjut Sentosa Express (monorail)



11. Art Science Museum di Marina Bay Sands


Museum interaktif yang menggabungkan ilmu pengetahuan dan seni. Tempat ini memiliki 21 galeri di tiga lantai seluas 50.000 meter persegi. Dijamin akan puas! Art Science pernah memamerkan artefak bersejarah mulai dari rezim Genghis Khan sampai dengan suasana dan kostum dari film Harry Potter.



Visit Singapore


Jangan lupa, coba wahana futuristik bernama Future World. Berkolaborasi dengan teamLab (sebuah kolektif seni interdisipliner Jepang yang terkenal), wahana ini menghadirkan segala pengalaman interaktif berteknologi tinggi. Kunjungi situs resmi untuk mengetahui jadwal workshopnya. 


Tips dari Singapore Tourism Board: kunjungi tempat ini pada hari Jumat karena setiap satu tiket dewasa yang Anda beli akan mendapatkan tiket gratis bagi anak-anak di bawah 12 tahun hingga empat orang.



Singapore Guide


Harga: S$19-32

Lokasi: 6 Bayfront Ave

MRT Terdekat: Bayfront


12. Mint Museum of Toys


Ini tempat yang menyenangkan bagi orang tua ataupun anak-anak, karena segala macam mainan ada di sini. Museum pribadi ini menawarkan lebih dari 50.000 buah mainan vintage, tentunya bisa menjadi nostalgia yang mengharukan bagi orang tua. Koleksinya seperti Astro Boy, Ultraman, Tintin, dan masih banyak lagi.


Overseas Attraction


Beberapa koleksi di museum ini ada yang berusia lebih dari 100 tahun dan mencakup lebih dari 40 negara. Tempatnya cukup terpencil, jadi Anda harus teliti saat mencari. Bagi arsitek atau desainer, tahukah Anda bahwa tempat ini dirancang oleh arsitek ternama asal Singapura bernama Soo K. Chan?


Harga: S$15

Lokasi: 26 Seah St.

MRT Terdekat: City Hall


Baca juga profil Soo. K Chan dan cerita di balik desain Soori, Bali


13. Singapore Civil Defence Force


Ingin mencoba pengalaman menjadi pemadam kebakaran bersama petugas sesungguhnya? Singapore Civil Defence Force (SCDF) mengajak anak-anak untuk mencoba mengoperasikan peralatan penyemprot air, meluncur di tiang pemadam kebakaran, serta menaiki mobil pemadam. SCDF membuka tur di setiap hari Sabtu antara jam 9 hingga 11 pagi.


Lil Blue Bottle


Stasium pemadam kebaran yang membuka open house antara lain Banyan Fire Station, Bishan Fire Station, Brani Marine Fire Station, Jurong Island Fire Station, Sentosa Fire Station, Tuas View Fire Station, dan West Coast Marine Fire Station.

Jika Anda mengunjungi Central Fire Station di Hill Street, Anda dapat mampir Civil Defence Heritage Gallery di sebelahnya (buka mulai pukul 10.00 hingga 17.00, tutup di hari Senin).


Harga: Gratis

Lokasi: Central Fire Station, 62 Hill St.

MRT Terdekat: City Hall


14. Neko No Niwa


Bagi pecinta kucing, Singapura juga memiliki cafe kucing yang mengadaptasi budaya Jepang bernama Neko No Niwa. Sang pemilik menghadirkan 13 kucing menggemaskan yang bisa Anda ajak bermain sembari mencicipi fruit smoothies signature mereka. Tempat ini mendapat penghargaan Certificate of Excellence tahun 2015 dari Tripadvisor berkat interior yang menarik serta service yang baik. Tempat ini diperuntukan bagi anak usia di atas 7 tahun. 



Harga:

1st hour: S$12

Next 1/2 hour: S$5

3-Hour Special: S$24*

Whole Day Pass: S$32*


Lokasi: Level 2, 54A Boat Quay

MRT Terdekat: Raffles Place


Foto teaser: Singapore Motherhood