Tiada habisnya edukasi mengenai seni yang dihadirkan oleh Museum Modern and Contemporary Art in Nusantara (MACAN). Beragam pameran seni telah dipersiapkan oleh museum hingga awal tahun 2020 nanti.


Pameran apa sajakah yang akan ditampilkan? Simak ulasan lengkap berikut ini.




Maret 2019

Kumpulan karya dari Jehan Sukmantoro menjadi perhatian utama di bulan Maret ini. Bertajuk Jeihan: Hari-Hari di Cicadas, sejumlah karya seni lukis yang sarat akan kisah sejarah yang dialami sang seniman sekaligus penyair. Resmi terbuka untuk publik pada tanggal 26 Maret 2019, pameran secara spesifik menampilkan karya Jeihan semasa tinggal di Cicadas, Bandung antara tahun 1960an hingga 1980an.




April 2019

Berbeda dari pameran-pameran sebelumnya, kali ini Museum MACAN menggaet arsitek Indonesia, Andra Matin dalam pameran bertajuk Matter and Place. Karya Elevation milik Andra Matin merupakan instalasi yang beliau hadirkan saat di Venice Architecture Biennale 2018 dan meraih penghargaan special mention. Tak hanya itu saja, karya instalasi ini turut didampingin dengan site-specific installation oleh perupa asal Malaysia, yaitu Shoosie Sulaiman bersama dengan seniman asal Indonesia maupun internasional lainnya.







Baca juga, Terpilih! Utusan Indonesia di Venice Art Biennale 2019


Mei 2019

Museum MACAN siap menilik topik pergolakan politik dan sesudah reformasi yang diwakili oleh karya sepuluh seniman Indonesia. Mengusung tajuk Dunia dalam Berita, museum menampilkan karya milik Heri Dono, Nyoman, Masriadi, FX Harsono, dan masih banyak lagi. Pameran ini akan berlangsung dari 1 Mei hingga 21 Juli 2019.



I Nyoman Masriadi - Ini Boss (1999) / Koleksi Museum MACAN 


Agustus 2019

Karya perupa kontemporer asal Tiongkok, yaitu Xu Bing siap menggugah sisi seni Anda di akhir tahun 2019 ini. Museum MACAN menyusun pameran bertajuk Xu Bing: Thought and Method mulai dari 31 Agustus hingga 12 Januari 2020. Terkenal dengan karya instalasi yang konseptual serta kedekatan dengan topik teks, karya Xu Bing yang tampil di museum kali ini merupakan hasil kerja sama dengan UCCA Center for Contemporary Art.


Xu Bing - Book from The Sky (1988) / Sun Shi / UCCA

Xu Bing - Book from The Sky (1988) / Sun Shi / UCCA


Jadi, pameran manakah yang Anda nanti-nanti. Simak terus info selanjutnya melalui website CASA Indonesia serta lini masa Museum MACAN.


Foto Teaser: Jeihan - Unknown (1972), Pameran Jeihan: Hari-hari di Cicadas, Main Getah/Rubberscape oleh Shoosie Sulaiman / Museum MACAN