Belakangan ini, tanaman hias seringkali dijadikan dekorasi pada ruangan-ruangan di dalam rumah. Alasannya sederhana, karena tanaman hias dipercaya dapat mengubah suatu ruangan menjadi lebih hidup dan penuh kesan. 


Menambahkan tanaman ke dalam ruangan akan membawa berbagai macam bentuk dan warna serta suasana yang menyegarkan. Memiliki peran yang serupa dengan sebuah lukisan, tanaman hias dapat menghidupkan satu sudut yang kosong dan membosankan.




Berikut beberapa tanaman hias yang dapat menyegarkan sekaligus memperindah ruang tamu Anda menurut CASA Indonesia.


 1. Kuping Gajah

Tanaman kuping gajah atau Anthurium Andraeanum memiliki batang yang cenderung berukuran tipis dan daun yang berwarna hijau tua dengan tulang daun yang berwarna putih kehijauan.


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Dekoruma


Tanaman yang berasal dari Amerika Selatan ini memiliki ukuran yang bervariasi, mulai dari panjang 20 cm hingga 40 cm dan lebar mulai dari 15 cm hingga 38 cm.


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Burford


Ukuran yang bervariasi ini menjadi nilai lebih karena dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan atau sudut yang akan ditempati. Identik dengan ukuran daun yang lebar, tanaman ini menjadi pilihan yang sempurna untuk menjadi dekorasi yang tepat di ruang tamu Anda. 


2. Sirih Gading


Tanaman selanjutnya adalah golden pothos atau dalam bahasa Indonesia sering dikenal dengan nama sirih gading. Tanaman ini memiliki daun yang halus dengan bentuk seperti hati. Tanaman dengan permukaan yang mengilap ini termasuk ke dalam kelompok tanaman rambat, dengan cara menempelkan akar pada permukaan pohon atau dinding. 


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Brighter Blooms


Nama lain dari tanaman hias ini adalah Devil's Vine atau Devil's Ivy, nama ini berdasarkan pada sifat kuat dari sirih gading yang sangat susah untuk mati. Tanaman ini memiliki tinggi yang dapat tumbuh mencapai 20 m dengan ukuran batang 4 cm. Daun dari tanaman sirih gading yang sudah tua dapat tumbuh mencapai panjang 100 cm dan lebar 45 cm sedangkan, daun muda yang baru tumbuh biasanya memiliki ukuran dibawah 20 cm. 


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Soon Afternoon


Golden pothos atau sirih gading termasuk jenis tanaman dengan karakter yang kuat. Tetapi, tumbuhan ini terbukti beracun untuk hewan apabila dikonsumsi, khususnya hewan kucing dan anjing. Maka disarankan untuk merawat dan meletakkan tanaman ini di tempat yang aman dari jangkauan hewan. 


 3. Peace Lily


Peace lily atau dalam bahasa Indonesia bernama lili perdamaian dapat menjadi tanaman yang sempurna untuk mempercantik ruang tamu Anda. Tanaman ini memiliki bunga dengan warna putih yang berbentuk seperti sendok dengan tangkai yang berukuran cenderung panjang.


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Interior Plants


Lili perdamaian ini termasuk tanaman yang tidak bisa menerima pancaran sinar matahari secara langsung, maka dari itu tanaman ini akan sangat cocok untuk ditempatkan di ruang tamu Anda.


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Leon & George




Memiliki bentuk yang sederhana dengan keseimbangan keindahan yang selaras, tanaman lili perdamaian akan secara otomatis menambah kesan elegan dan berkelas pada ruang tamu Anda.


4. Kaktus

Tumbuhan kaktus sudah dikenal sebagai tumbuhan dengan perawatan yang sangat mudah. Mulai dari kemampuan tumbuhan ini dalam menyimpan air sampai kemampuan tumbuhan ini untuk tumbuh dan bertahan pada suhu yang beragam. 


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

IDN Times


Bentuk, ukuran dan jenis tumbuhan kaktus yang beragam membuatnya selalu dipilih untuk menjadi tanaman hias yang dapat diandalkan. Variasi yang banyak tersebut membuat banyak orang mudah tertarik dengan tanaman asal berduri ini.


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Design Sponge


Tumbuhan kaktus dapat membawa kesan manis yang minimalis pada sudut rumah yang kosong dan merubahnya menjadi sebuah statement corner di dalam rumah. 


5. Lidah Mertua

Berdaun tegak dan tebal dengan duri pada ujung daun, tanaman lidah mertua atau snake plant adalah tanaman yang tidak kalah cantik untuk dijadikan tanaman hias pada ruang tamu Anda. Di sudut dekat jendela, di antara sofa, atau di sebelah pintu, tanaman ini akan tetap memancarkan keindahannya. 


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

CASA Indonesia


Ruangan yang dihias dengan keberadaan tanaman lidah mertua ini akan secara otomatis terkesan lebih modern dan minimalis karena bentuk dari tanaman ini yang mendukung. Sebagai nilai tambah, memelihara tanaman hias ini juga dapat mengurangi gelombang radiasi yang datang dari barang-barang elektronik di sekitar karena diserap oleh tanaman lidah mertua ini.


Baca juga, Manfaat Tanaman Hias Lidah Mertua dan Cara Merawatnya


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Pistils Nursery


Lidah mertua memiliki berbagai macam jenis daun, mulai dari ukuran 8 cm hingga yang dapat tumbuh mencapai 50-75 cm dengan identitas bentuk daun yang berliku-liku.


6. Philodendron

Apa itu philodendron? Philodendron adalah salah satu jenis tanaman hias yang sedang menjadi tren karena memiliki bentuk dan ukuran yang unik dan menarik. Tanaman dengan ukuran daun yang cenderung besar ini dapat ditempatkan pada bagian dalam maupun luar rumah.


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Shai Room


Anda dapat memilih lebih dari 200 jenis philodendron dengan ukuran dan bentuk yang bervariasi. Menempatkan philodendron sebagai tanaman hias akan menciptakan suasana yang sejuk dan asri pada sudut rumah. CASA Indonesia menyarankan penempatan tanaman ini sebaiknya tidak pada sudut dengan suhu yang tinggi. Hal ini akan mengakibatkan berubahnya warna daun menjadi pucat.


Baca juga, Tanaman Hias Apa yang Cocok di Dalam Rumah?


Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Bay On A Budget


Apabila dilihat dari cara tumbuhnya, philodendron dapat dibagi menjadi dua tipe. Tipe pertama adalah philodendron yang berupa tanaman daratan (terrestrial plants) dan philodendron yang berupa tanaman menumpang (epiphyte/epifit). 


Sumber teaser: Vogue Australia
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara