Memiliki hunian dengan interior yang terkesan luas, bersih, serta terang kerap kali menjadi salah satu kriteria rumah idaman. Tak hanya di Indonesia, dinding berwarna putih itu sudah sangat umum dipakai di rumah seluruh dunia. Alasannya apa? Warna putih adalah warna netral dan paling aman dikombinasikan dengan warna lainnya. Warna putih dapat membuat rumah terlihat bersih, namun memang harus rutin dibersihkan.


Gaya rumah apapun pasti menggunakan warna putih, sekecil apapun, tapi yang paling umum adalah rumah bergaya minimalis, modern, atau shabby chic. Warna terang bersifat memantulkan cahaya sehingga ruangan akan terlihat lapang; dibanding menggunakan warna-warna gelap. Hal ini pun berlaku untuk furnitur. Jadi jika Anda berencana ingin merenovasi rumah dan mendapatkan hasil yang signifikan, maka disarankan mengubahnya menjadi warna putih.







Namun, tahukah Anda bahwa cat berwarna putih pun hadir dengan berbagai variasi? Variasi warna putih tersebut sangat yang perlu diperhatikan guna menampilkan kesan terbaik ke dalam rumah. Contoh paling sering ditemukan adalah saat Anda melihat katalog cat dinding. Warna putih memiliki banyak turunannya, seperti putih dengan sedikit sentuhan biru, abu-abu, kuning, ataupun hijau.


Dengan macam-macam warna putih yang ada, CASA Indonesia telah mempersiapkan tips memilih variasi cat warna putih untuk rumah idaman Anda. Berikut ini ada 6 jenis warna putih yang nampak serasi dengan pemilihan furnitur dan elemen interior lainnya.


1. Putih Terang (Bright White)

Jika intensitas cahaya matahari yang masuk terbilang kurang, pemilihan warna putih yang terang bisa jadi opsi terbaik untuk rumah Anda. Warna putih ini terbilang netral, tanpa rona yang menghadirkan kesan sejuk ataupun hangat. Warna putih terang ini akan sangat cocok dikombinasikan dengan aksesori interior bernilai seni.


6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah

dok. Burke Decor


Selayak namanya, bright white adalah jenis warna putih yang paling terang. Untuk meredamnya, Anda bisa menggunakan furnitur dan karpet berwarna gelap. Warna putih ini paling mudah dikombinasikan dengan elemen apapun seperti kanvas. Jadi kreasikan rumah Anda!


2. Putih Hangat (Warm White)

Dari macam-macam warna putih, warna warm white paling banyak diminati untuk perumahan karena memberikan kesan hangat dan akrab. Warna cat putih hangat identik dengan rona yang mendekati warna jingga. Jika Anda berencana untuk menghadirkan suasana santai untuk ruang berkumpul bersama keluarga, variasi cat warna putih ini menjadi solusi terbaik. 


6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah

dok. Kate Gardner


Kesan hangat yang terpancar dapat membantu untuk merevitalisasi energi Anda dan keluarga setelah menjalankan rutinitas.Palet warna yang cocok dengan warm white adalah beige, light brown, dan light grey. Lantai parket kayu akan tampak serasi dengan warm white.


3. Putih Gading (Ivory White)

Dalam menghadirkan kesan elegan di dalam rumah, cat warna putih gading kerap kali menjadi pilihan untuk menghias interior. Memiliki rona yang tidak terlalu mencolok, warna ini sangat cocok dikombinasikan dengan elemen bernuansa natural, seperti lantai kayu dan meja marmer.


6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah



dok. Lily Pad Cottage


Warna putih gading biasanya banyak ditemukan di finishing kayu untuk wall treatment atau bed head. Jadikan material kayu putih gading itu menjadi aksen dinding dan bersandingan dengan dinding berwarna light grey atau light brown.


Baca juga, Rekomendasi Cat Dinding untuk Interior Seluruh Ruangan


4. Putih Salju (Snow White)

Jika dilihat secara seksama, warna cat putih salju smeiliki karakteristik yang lembut di antara warna putih lainnya. Variasi cat warna putih ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada interior bergaya kontemporer atau art deco. Kontras yang hadir dari elemen interior dua gaya tersebut mampu melengkapi keindahan ruang di rumah Anda.


6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah

dok. Restoration Hardware


Cat warna putri salju tampak serasi dijadika latar belakang untuk aksesori interior berwarna atau bermaterialkan gold. Rumah akan semakin mewah jika Anda menggunakan jenis profiling di dinding dan pintu.


5. Putih Krem (Creamy White)

Para pecinta buku, Anda mungkin akan sangat tertarik dengan desain interior pada gambar di bawah ini. Pengaplikasian cat warna putih krem akan terasa tepat pada ruangan yang bersifat privat, seperti kamar tidur atau library. Pastikan untuk menghadirkan pencahayaan alami yang cukup pada ruangan dengan variasi warna cat putih ini agar kesan lembutnya terjaga.


6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah

dok. House of Bliss


6. Putih Antik (Antique White)

Berencana untuk memiliki rumah bergaya American Classic atau Farmhouse? Pastikan Anda memilih variasi warna putih antik untuk cat interior. Variasi warna cat putih ini dapat mengelevasi detil-detil furnitur serta elemen interior lainnya sebagai penanda dari kesan elegan yang hadir pada sebuah hunian.


6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah

dok Brantley Photography


Untuk menambah kesan antik tapi tetap terlihat edgy, Anda bisa menggunakan coffee table dengan tampilan unfinished wood atau menggunakan hanging lamp dengan model vintage.


Foto teaser: dok. Roeser Homes