Apakah Anda sedang mempertimbangkan untuk memelihara tanaman hias di rumah Anda? 


Layaknya sepasang orang tua yang menyiapkan kehadiran buah hatinya, memutuskan untuk memelihara tanaman hias juga membutuhkan beberapa persiapan dan rutinitas yang nantinya harus terus dilakukan. 




Berikut CASA Indonesia mengumpulkan beberapa cara yang diharapkan dapat membantu para pemula dalam merawat tanaman barunya.


1. Kenali jenis tanaman yang tepat

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa jenis tanaman yang akan Anda rawat dapat tinggal di lingkungan tempat Anda tinggal. Mulai dari intensitas sinar matahari yang akan diterima, suhu pada lingkungan rumah Anda hingga kelembaban udara sekitar.


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman Hias untuk Pemula

Apartment Therapy


Ketahui dan kemudian sesuaikan jenis tanaman hias apa saja yang dapat bertahan di lingkungan tempat Anda tinggal. Langkah ini sangat penting karena dengan begitu, tanaman akan hidup dengan lebih nyaman dan lebih lama. 


Baca juga, Ini dia! Prediksi Tren Tanaman di Tahun 2020


2. Tentukan tempat dan media yang sesuai

Penempatan yang dimaksud tidak sekedar penempatan tanaman pada lingkungan rumah tetapi juga jenis pot serta media yang dipilih untuk menampung tumbuhan itu sendiri. Berhubungan dengan pemilihan media dan pemindahan pot, CASA Indonesia menyarankan agar tanaman hias yang baru Anda beli tidak segera dipindahkan ke pot baru setelah mengalami perpindahan dari penjual ke rumah Anda.


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Katrina Chambers


Biarkan tanaman hias Anda menyesuaikan diri dengan lingkungan barunya untuk beberapa hari sebelum kembali merasakan perpindahan ke pot yang baru. Melakukan hal ini dapat mengurangi kecenderungan tanaman merasakan stres.


3. Siram tanaman secukupnya

Memiliki tanaman hias baru terkadang membuat beberapa orang ingin terus menerus menyiramnya agar tanaman mereka sehat dan subur. Pandangan ini justru sangat salah. Menyiram tanaman secara terus menerus akan membuat tanaman kelebihan kelembaban dan membusuk. 


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Orchid Republic


Hal yang dapat Anda lakukan untuk mengetahui kapan tanaman hias Anda butuh untuk disiram adalah dengan memasukan jari Anda pada tanah tumbuhan tersebut, apabila tanah masih terasa lembab maka tanaman Anda belum butuh untuk disiram. Namun, apabila tanah tanaman Anda terasa kering maka ini adalah waktu yang tepat untuk menyiram tanaman Anda.


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Allergic Living


Cara menyiram tanaman hias juga tidak boleh seenaknya, jangan sampai Anda menyiram tanaman hias Anda dengan jumlah air yang terlalu banyak dan berujung merendam tanaman. Hal ini justru dapat menyebabkan kematian pada tanaman karena air yang diterima terlalu banyak. 


4. Pilih penempatan yang pantas 

Sebelum membeli tanaman, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tempat yang tepat untuk dijadikan rumah baru dari tanaman hias Anda. Sesuaikan penempatan dengan kebutuhan masing-masing tanaman untuk menjamin kebahagiaan dari tanaman tersebut.




Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Home You


Tanaman hias yang membutuhkan banyak sinar matahari akan sangat baik apabila ditempatkan di dekat jendela. Tanaman hias yang membutuhkan tingkat kelembaban yang cukup tinggi bisa diletakkan di dekat kolam ikan


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Home Buildecor


Penyesuaian ini dibutuhkan untuk menjaga kesuburan dan kebahagiaan tanaman yang Anda pelihara. 


5. Rapikan daun tanaman secara rutin

Merapikan daun dari tanaman yang sudah tumbuh dengan lebat dapat dilakukan dengan cara menggunting daun-daun. Langkah ini perlu untuk dilakukan secara rutin dengan alasan agar tanaman tetap terlihat segar dan rapi. 


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Bloomscape


Merapikan tanaman yang sudah tumbuh dengan lebat dapat menghilangkan sisa-sisa dedaunan yang sudah mati dan ditakuti dapat mengganggu pertumbuhan dari tanaman hias tersebut. Selain itu, untuk menjaga keindahan dari tanaman Anda, sebaiknya lap daun tanaman Anda secara rutin untuk menghilangkan debu.


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Plant Care Today


6. Ketahui bahwa merawat tanaman tidak mudah

Merawat tanaman adalah sesuatu yang tidak tergolong mudah. Memastikan penyiraman dilakukan dengan benar, pemupukan dilakukan dengan benar hingga penempatan yang mempengaruhi kesehatan tanaman hias Anda. 


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

Planet Natural


Anda harus tahu bahwa apabila Anda memutuskan untuk memelihara tanaman, Anda harus siap untuk berani kotor. Mengapa demikian? Karena suatu saat tanaman yang Anda pelihara dapat saja terkena penyakit yang menyebabkan datangnya jamur dan beberapa serangga lain mengelilingi tanaman Anda.


Baca juga, Tips Ahli: Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar


Ini Dia! Tip Merawat Tanaman untuk Pemula

The Spruce


Tetapi, di ujung hari, melihat hunian Anda dihiasi dengan berbagai macam tanaman hias yang sehat akan membawa suatu kepuasan dan kebanggaan tersendiri.


Sumber teaser: Venue Report
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara