Belakangan ini, fungsi tanaman tidak lagi hanya sebagai penyejuk dan penyaring udara, tetapi sebagai salah satu bentuk aksesori rumah. Tanaman dapat menghias teras, kamar tidur, dapur hingga kamar mandi dan mengubahnya menjadi terkesan lebih nyaman dan santai.


Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!



Business of Home


Tetapi, memilih tanaman hias yang cocok dapat menjadi sebuah tantangan apabila Anda tidak memahami apa yang harus Anda lakukan untuk memenuhi kebutuhan tanaman. Apakah Anda sedang berpikir untuk membeli tanaman hias pertama Anda? CASA Indonesia akan membantu Anda mulai dari memilih toko hingga membawanya pulang.

Sebelum membeli

Sebelum mengunjungi penjual tanaman, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa hal berikut.

Buat gambaran mengenai jenis tanaman yang Anda ingin

Pasti Anda sudah beberapa kali menemukan foto tanaman-tanaman hias di berbagai platform media sosial. Adakah yang menarik perhatian Anda? Simpan foto-foto tersebut untuk dijadikan sebagai referensi saat sedang memilih-milih di toko tanaman nantinya. 

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Curbed

Ketahui kemampuan Anda dan lingkungan

Mengetahui kemampuan diri dan lingkungan sekitar diperlukan untuk menyesuaikan kebutuhan tanaman hias dengan fasilitas yang dapat Anda dan lingkungan Anda sediakan. Mulai dari berapa banyak jumlah cahaya matahari yang diterima? Bagaimana suhu udara di lingkungan Anda? Seberapa besar komitmen Anda dalam memelihara tanaman hias ini? Apakah Anda tinggal dengan anak kecil? Apakah Anda memiliki hewan peliharaan? dan hal-hal kecil lainnya.

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Media Post

Tentukan penempatan tanaman

Langkah selanjutnya adalah menentukan penempatan untuk calon tanaman baru Anda. Pastikan Anda menyesuaikan penempatan ini dengan kebutuhan dari masing-masing tanaman. Tanaman hias yang membutuhkan banyak sinar matahari dapat diletakan di dekat jendela atau di teras rumah. Tanaman hias yang membutuhkan sinar matahari yang sedikit dapat diletakan di ruang-ruang tertutup yang tidak menerima jumlah sinar matahari yang banyak.

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Claire Esparros

Pilih toko yang tepat

Setelah mengetahui jenis tanaman hias apa yang akan Anda beli, sebaiknya Anda memilih toko apa yang akan Anda kunjungi. Cari tahu mengenai toko-toko tanaman di sekitar tempat tinggal Anda melalui teman, tetangga atau Anda juga dapat mencari informasi melalui internet. Pilihlah toko tanaman yang kredibel dan berpengalaman agar informasi dan bantuan yang Anda terima adalah informasi yang akurat. 

Baca juga, 7 Hal Penting untuk Merawat Tanaman di Dalam Ruangan

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!



Urban Jungle Bloggers

Saat membeli

Sesampai di toko tujuan, berinteraksilah dengan penjaga toko untuk mengenal tanaman hias Anda lebih dalam. 

Tanyalah banyak pertanyaan

Membeli tanaman secara langsung memiliki keuntungannya yang lebih dibandingkan dengan membeli secara online, yaitu berinteraksi secara langsung dengan penjual tanaman. Tanyakan segala detail mengenai tanaman hias yang menjadi pilihan Anda. Apa saja kebutuhannya, apa yang dapat mengancamnya, bagaimana perawatannya, harus ditempatkan di tempat yang seperti dan lain sebagainya.

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Broadsheet

Minta bantuan

Orang-orang yang Anda temui di toko tanaman pastinya adalah orang-orang ahli yang mengenai tanaman. Anda dapat meminta pendapat mereka mengenai apakah tanaman hias yang Anda pilih adalah tanaman yang tepat untuk Anda pelihara. Minta juga bantuan mereka untuk menyesuaikan kebutuhan tanaman dengan fasilitas yang dapat Anda berikan. 

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Broadsheet

Pilihan tanaman dengan teliti

Setelah mendapat informasi dan saran dari sang ahli, waktunya untuk memilih tanaman hias yang akan Anda bawa pulang. Ketelitian sangat diperlukan di langkah ini, pastikan Anda tidak membawa pulang tanaman hias yang sakit dan tidak akan berumur panjang. Jangan pilih tanaman hias dengan daun yang layu atau kering pada bagian pinggirnya. Pastikan untuk menengok bagian bawah daun untuk memastikan tidak adanya jamur pada tanaman. 

Baca juga, Tips Ahli: Cara Merawat Tanaman Hias Agar Selalu Segar

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Arium Botanicals

Pilih pot yang sesuai

Apabila Anda sudah menemukan tanaman hias yang cocok, pilihlah pot yang sesuai untuk menjadi rumah baru dari tanaman Anda. Sesuaikan juga bahan dasar pot dengan tempat di mana Anda akan meletakkan tanaman tersebut. Pot berbahan dasr terakota akan lebih cocok untuk diletakkan di luar rumah, seperti di teras atau di halaman belakang. Sedangkan pot yang terbuat dari keramik akan lebih cocok untuk ditempatkan di dalam rumah. 

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Made

Setelah membeli

Sesudah membawa pulang tanaman baru Anda, letakan tanaman tersebut di tempat yang sudah Anda tentukan sebelumnya. Rawat tanaman hias Anda dengan baik dan penuh kasih. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih paham mengenai tanaman apabila Anda mengalami masalah atau kesulitan saat merawat tumbuhan Anda. 

Lakukan Ini Sebelum Membeli Tanaman Hias Pertama Anda!

Lumikasa


Sumber teaser: Tech Crunch
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara