Sebuah pusat industri di Barcelona telah disulap menjadi pusat industri kreatif bernama Acid House Barcelona. Arquitectura-G, studio arsitektur asal Barcelona yang merenovasi pabrik ini, memanfaatkan lahan dengan ukuran 500 m2 dan mengubah bangunan ini menjadi sangat berbeda. 


Pabrik Tua Ini Disulap Menjadi Pusat Industri Kreatif




Denah sebuah pabrik yang tadinya tertutup dan gelap disulap oleh Arquitectura-G menjadi sebuah bangunan dengan konsep terbuka yang menerima banyak sinar matahari. Bernuansa bersih dengan interior serba putih membuat siapapun yang meginjakan kakinya ke dalam Acid House Barcelona menjadi tenang dan menyatu.


Baca juga, Butik Berbalut Besi dari Acne Studios di Nagoya


Pabrik Tua Ini Disulap Menjadi Pusat Industri Kreatif


Walaupun dilapisi dengan warna putih secara keseluruhan, Arquitectura-G menggabungkan berbagai macam tekstur ke dalam pusat industri kreatif ini. Perpaduan kaca, kayu, batu bata dan semen semprot dengan hasil akhir yang kasar menciptakan ruang yang terlihat raw. Beberapa tanaman hijau juga dihadirkan pada interior bangunan ini untuk menambah sentuhan warna yang membangun dan menyegarkan. 


Pabrik Tua Ini Disulap Menjadi Pusat Industri Kreatif




Selain dimanfaatkan sebagai pusat berkumpulnya berbagai macam industri kreatif, bangunan yang terletak di El Poblenou ini juga menghadirkan butik dari berbagai macam bisnis kreatif seperti Vice, Nomad Coffee, Offf dan masih banyak lagi.


Pabrik Tua Ini Disulap Menjadi Pusat Industri Kreatif


Tidak menghilangkan ciri khas dari bentuk pabrik yang sebelumnya, TDI Enginyers dibantu oleh Toni Casas, konsultan yang bergerak di bidang struktural, berhasil menempatkan tiap industri kreatif di batasan area yang disesuaikan dengan denah pabrik yang sebelumnya. 


Baca juga, Seperti Rumah, Co-working Space Terbaru di Brussels


Pabrik Tua Ini Disulap Menjadi Pusat Industri Kreatif


Dapat ditemukan area kerja utama, ruang kelas dan beberapa kamar mandi di lorong pusat dari bangunan ini. Sedangkan di lantai dasar, pengunjung dapat menemukan beberapa ruang kerja, butik, sebuah kafetaria serta beberapa ruang meeting.


Dilansir dari: Frame Web
Sumber teaser dan foto: Arquitectura-G
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara