Air purifier merupakan alat pembersih udara yang sering Anda temukan di banyak hunian. Dengan bentuknya yang menyerupai kipas, alat tersebut mampu menghisap udara kotor lalu menyemburkannya dalam bentuk udara bersih.


Sugo, firma desain furnitur biophilic yang berdiri sejak 2018 ini menciptakan Guilin Lampscape, lampu pembersih udara yang menggunakan teknologi photocatalysis.







Teknologi tersebut dapat membersihkan dan mensirkulasikan udara, mengeliminasi 99,9% bakteri, hingga partikel-partikel bau dan karbon dioksida.


Baca juga: Udara Kotor? 5 Air Purifier Bisa Jadi Solusi!


Pembersih udara dalam bentuk lampu ini juga menampilkan desain kontemporer berbentuk gunung dengan model pencahayaan temaram yang bisa diatur sesuai preferensi pemiliknya.


Pendiri Sugo, Kevin Chu dan Giulia DiBonaventura mendapatkan ide lampu tersebut ketika plesir ke Pegunungan Guilin di timur laut Tiongkok.






Hal tersebutlah yang membuat lampu pembersih udara ini dibentuk menyerupai gunung. Susunan akrilik dengan tebal 5mm yang membentuk pegunungan memendarkan cahaya dari lampu LED low-voltage yang berada di bagian dasar lampu.


Baca juga: 10 Tips Menciptakan Rumah Sehat untuk Keluarga


Ketika lampu dinyalakan, panel photocatalytic yang ditempatkan di bawah lampu akan mulai bekerja untuk membersihkan udara.




Lampu yang 100% materialnya dapat didaur ulang ini dapat diubah sesuai preferensi masing-masing. Anda juga bisa menambahkan panel-panel gunung akrilik agar tercipta efek pencahayaan yang berbeda.


Sumber, Foto & Teaser: Inhabitat