Merayakan 100 tahun dunia desain interior di Eropa, Vitra Design Museum di Jerman baru saja membuka pamerannya yang menampilkan nuansa retrospektif dengan tajuk Home Stories: 100 Years, 20 Visionary Interiors. Pameran ini hadir untuk kembali memperkenalkan nilai-nilai historis penting terkait perkembangan desain dari satu abad yang lalu.


Vitra Design Museum Gelar Pameran Desain Retrospektif




Setiap sudut ruang pameran di Vitra Design Museum menampilkan purwarupa interior dari arsitek dan seniman ternama seperti Karl Lagerfeld, Andy Warhol, Lina Bo Bardi, hingga Finn Juhl. Mateo Kries selaku direktur museum berbicara tentang peran pameran ini sebagai narasi yang menceritakan perkembangan desain interior di budaya Barat. Setiap furnitur, lukisan, dokumentasi, serta aksesori pelengkap hunian lainnya telah dikurasi melalui urutan retrospektif.


Baca juga: Fantastis! Dua Pameran Memukau di Museum MACAN


Vitra Design Museum Gelar Pameran Desain Retrospektif


Pameran ini terbagi ke dalam empat ruang utama. Ruang pertama menampilkan tren interior yang bermula pada tahun 2000 hingga saat ini. Ruangan ini dipenuhi dengan rangkaian struktur bangunan yang mengedepankan space-saving serta minimalism living yang salah satunya dirancang oleh studio arsitektur asal Spanyol, Elii.


Baca juga: 4 Instalasi Interaktif Ramaikan Winter Stations Kanada


Vitra Design Museum Gelar Pameran Desain Retrospektif




Di ruangan kedua, para pengunjung diajak untuk memerhatikan tren desain maximalist yang diaplikasikan ke dalam sebuah hunian oleh Karl Lagerfeld dan Andy Warhol yang cukup bertahan lama hingga awal tahun 1990-an. Ruangan ketiga menyajikan desain interior yang sempat populer di tahun 1940 hingga 1960. 


Vitra Design Museum Gelar Pameran Desain Retrospektif


Untuk ruangan terakhir pengunjung diajak untuk mengetahui akar desain interior melalui perkembangan domestikasi hubungan manusia yang cukup berpengaruh mulai pada tahun 1920 hingga 1940.


Vitra Design Museum Gelar Pameran Desain Retrospektif


Pameran menarik ini akan berlangsung hingga 23 Agustus mendatang dan akan sangat sayang sekali untuk dilewatkan.


Sumber foto: dok. Vitra Design Museum / Hypebeast