Ketika bersekolah, anak-anak menjadikan kelas tidak hanya sebagai ruangan belajar, tetapi juga ruangan berkreasi dan berjejaring dengan anak-anak lainnya.


Hal tersebut tentu membuat kelas harus tampil menarik. Berikut CASA Indonesia sajikan 10 inspirasi hiasan kelas kreatif yang bisa membuat para muridnya semangat belajar.





1. Pajang kata-kata inspirasi



Ilustrasi


Memajang kata-kata inspirasi pada dinding kelas sebagai hiasan kelas tidak hanya membuat kelas tampil menarik. Kata-kata inspirasi juga membuat murid-murid makin semangat ketika belajar.


2. Buat kelas seperti amfiteater



Ilustrasi


Kelas biasanya terdiri deretan meja dan kursi yang monoton. Menghilangkan susunan kursi dan meja lalu menggantinya dengan bentuk kursi berundak bisa membuat suasana kelas kembali fresh.


Baca juga: 40 Tempat Wisata Anak dan Keluarga Terlengkap di Bali


3. Jadikan kelas menyatu dengan alam




Sekolah alam merupakan salah satu jenis sekolah yang cukup terkenal di Indonesia. Kelas reguler pun juga bisa disulap sebagai kelas yang menyatu dengan alam.




Anda bisa menambahkan hiasan kelas kreatif seperti objek-objek natural seperti karpet rumput dan pot tanaman. Namun Anda juga harus memastikan kelas jenis ini mendapatkan pencahayaan alami yang cukup melalui bukaan jendela yang lebar.


4. Gunakan kursi kubus



Ilustrasi


Kursi atau stool berbentuk kubus merupakan pilihan desain yang sesuai untuk kelas-kelas dengan ruangan terbatas. Bentuknya yang sederhana membuat kursi ini dapat disimpan sehingga ruangan kelas bisa memiliki banyak fungsi.


Baca juga: 28 Ide Terbaru Menata Kamar Tidur Untuk Anak


Selain itu, Anda juga dapat berkreasi melalui penggunaan warna-warna kursi yang bervariasi untuk menciptakan kesan menyenangkan.


5. Gunakan warna untuk kelas yang lebih rileks



Ilustrasi


Hiasan kelas yang kreatif tidak selalu memerlukan benda-benda unik. Anda juga bisa berkreasi melalui penggunaan skema warna pada dinding kelas untuk memunculkan mood belajar yang lebih baik.


Jika biasanya kelas tampil dengan warna putih yang standar, Anda bisa menggunakan skema warna pastel yang lebih halus seperti merah muda, light grey agar memunculkan suasana yang rileks.


Sumber & Foto: Futurist Architecture
Teaser: Parkland Players