Arsitek asal Tiongkok, Sun Dayong telah menciptakan sebuah desain konseptual yaitu perisai pelindung untuk melawan wabah virus Corona. Perisai ini menggunakan sinar UV untuk mensterilkan dirinya sendiri.







"Be a Bat Man" itulah nama perangkat mutakhir yang Dayong ciptakan, khusus diperuntukan bagi orang yang sedang terpapar situasi darurat dari virus yang sedang marak di seluruh dunia. Perisai yang dibuat dari serat karbon berbentuk seperti sayap kelelawar ini akan terlihat seperti ransel ketika dikenakan.


Baca juga, Max Siedentopf Merilis Karya Terkait Coronavirus




Sebuah plastik bermaterialkan PVC film akan meregang diantara sela-sela perisai ini yang akan terlihat seperti membran sayap kelelawar. Suhu temperatur di dalam perisai ini pun cukup tinggi untuk membunuh patogen pada pengguna yang akan menjaga lingkungan steril di area dalam.






Baca juga, Wuhan, 'River City' yang Diisolasi Corona


Dikutip dari Dezeen, Sun Dayong mengatakan bahwa virus Corona akan terbunuh oleh suhu 56 derajat celsius. Dengan ini ia berharap dapat menemukan pendukung untuk merealisasikan konsepnya menjadi kenyataan. Dan setelah konsep perisai ini terbuat ia berpikir bahwa produk ini dapat ditingkatkan pula dengan teknologi Google Glass dan akan menjadi unique private mobile space untuk masyarakat nantinya.




Inspirasi Be a Bat Man sendiri didapat dari superhero yang melampaui batas manusia ini dan fakta bahwa kelelawar adalah salah satu hewan liar yang bisa menjadi sumber dari Covid-19 (virus Corona) yang telah menyebar ke seluruh dunia. 


Baca juga, Ayo Sehat! Berantas Corona di Rumah dengan 10 Tahap Ini


Sumber foto + teaser: Dezeen