ISA Art & Design, sebuah galeri seni yang berbasis di Jakarta, berkolaborasi dengan seniman London berdarah Bali, Sinta Tantra dalam menghasilkan sebuah karya seni mural. Mural ini dibuat dalam rangka merayakan ulang tahun doctorSHARE yang ke 10 tahun. 


Peresmian Mural Razzle Dazzle karya Sinta Tantra



Para tamu undangan berfoto di depan mural Razzle Dazzle


Baca juga, Banksy Ciptakan Mural Natal untuk Tuna Wisma


DoctorSHARE adalah sebuah organisasi kemanusiaan nirlaba yang fokus memberikan pelayanan kesehatan serta bantuan kemanusiaan kepada masyarakat luas sejak tahun 2009. Setelah berhasil membangun dua rumah sakit apung sebelumnya, doctorSHARE kembali membangun rumah sakit apungnya yang ketiga dengan nama Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II. Rumah sakit ini akan membantu para pasien di wilayah pelosok untuk memenuhi kebutuhan dasarnya dalam bidang kesehatan secara gratis.



Mural Razzle Dazzle di Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II


Sinta Tantra disponsori oleh JOTUN Indonesia, salah satu merek cat ternama di dunia, dalam merealisasikan mural dengan tajuk Razzle Dazzle. Peresmian mural Razzle Dazzle pada 29 Februari 2020 di Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II ini diharapkan dapat menghadirkan suasana baru yang positif pada rumah sakit apung yang mengemban peran mulia dalam menyebarkan fasilitas kesehatan dasar ke berbagai wilayah pelosok.


Peresmian Mural Razzle Dazzle karya Sinta Tantra



Perwakilan doctorSHARE memberi plakat kepada JOTUN Indonesia


Sinta Tantra yang dikenal memiliki ketertarikan pada warna dan komposisi bereksperimen membuat mural ini dengan terinspirasi dari kapal kamuflase yang sering digunakan saat Perang Dunia Kedua. Mural karya seniman yang lahir di New York ini memiliki motif garis-garis simetris dengan beberapa pesan yang disimbolkan melalui warna.


Baca juga, Segera Hadir, Pameran di Dalam Pangkalan Kapal Selam!



Mural Razzle Dazzle di Rumah Sakit Apung Nusa Waluya II


Warna biru dipilih untuk merepresentasikan ombak dan air yang akan mereka lalui di lautan. Sedangkan warna merah muda merepresentasikan iklim khatulistiwa yang akan dilalui oleh kapal ini. Garis diagonal dan bentuk persegi yang saling berkaca membawa kesan distortif dengan tetap memelihara keseimbangan yang simetris. Seni mural ini menjadi titik fokus yang memikat mata di area masuk rumah sakit apung. 


Sumber teaser dan foto: CASA Indonesia, ISA Art & Design
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara