Hunian duplex adalah istilah yang biasanya digunakan untuk menggambarkan dua hunian dari satu keluarga yang sama dan terletak tidak jauh antara satu dengan yang lain, atau bersebelahahan. Pada hunian duplex, masing-masing rumah biasanya memiliki pintu masuknya sendiri-sendiri.


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini



Tampak depan La Duette di Montreal, Kanada


Meniru konsep duplex, Natalie Dionne Architecture, arsitek asal Montreal, Kanada, berhasil membangun satu bangunan minimalis yang terdiri dari dua rumah. Berbeda dari duplex pada umumnya yang bersifat horizontal, duplex karya Natalie yang resmi selesai pada tahu 2019 ini bersifat vertikal.


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini

Tangga di area dalam La Duette


La Duette, yang berarti ‘the duet’, didesain khusus oleh Natalie untuk sepasang adik dan kakak yang memiliki keinginan untuk tetap tinggal di rumah yang sama, bahkan setelah berkeluarga. Area fasad dari bangunan ini dilapisi dengan batu bata berwarna krem yang disusun dengan rapi dan melahirkan kesan yang stabil.


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini

Tangga di area fasad La Duette


Memiliki tiga lantai di atas tanah seluas 300 m2, Natalie membagi hunian ini menjadi hunian bagian atas yang terdiri dari dua lantai dan hunian bagian bawah yang terdiri dari satu lantai. Hunian bagian atas dapat diakses melalui pintu yang terdapat di area depan bangunan, tepat di depan jalan. Sedangkan hunian bagian bawah dapat diakses melalui pintu yang terdapat di sisi kanan La Duette.


Baca juga, Desain Rumah Tropis Keluarga Modern


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini

Dua pintu masuk yang berbeda pada La Duette




Hunian bagian bawah dari La Duette dibangun beberapa meter dibawah dataran tanah, dengan dua kamar tidur dan ruang tengah yang menyambung ke halaman belakang yang tertutup. Walaupun berada sedikit dibawah permukaan, hunian ini tetap menerima sinar matahari yang cukup dari pintu dan jendela-jendela besar yang terbuat dari kaca.


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini

Tampak belakang dari La Duette


Sebuah tangga pada area depan bangunan akan menuntun tamu masuk ke dalam hunian yang dibangun beberapa meter di atas permukaan tanah. Area yang luas dengan konsep terbuka akan menyambut tamu sesaat memasuki pintu. Dapur dan area ruang makan didesain menyatu tanpa sekat untuk menambah kesan luas pada hunian dengan tanah yang relatif sempit ini.


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini


Terdapat satu master bedroom dan bathroom, dua kamar dan area bermain anak di lantai atas. Untuk memaksimalkan pemanfaatan pencahayaan alami, Natalie memasang banyak kaca, tidak hanya pada eksterior hunian ini melainkan pada interior juga. 


Baca juga, 15 Ide dan Inspirasi Jenis Pintu Kayu untuk Hunian


Dua Keluarga dalam Satu Rumah dengan Desain Ini


Selain memiliki banyak kaca, interior dari La Duette yang berlokasi di Montreal, Kanada ini juga diisi dengan banyak warna putih dan beberapa sentuhan kayu yang membawa kehangatan, menyeimbangakan lantai semen yang mendinginkan suasana.


Dilansir dari: Arch Daily
Sumber teaser dan foto: Raphaël Thibodeau
Teks oleh: Shabrina P. Nisakara