Lantai keramik granit merupakan salah satu pilihan yang bisa Anda gunakan ketika mempercantik interior rumah.


Namun sebelum memilih keramik granit sebagai material lantai, CASA Indonesia akan menyajikan 6 fakta sekaligus keuntungan menggunakan lantai keramik granit.





1. Lantai keramik granit disebut juga sebagai homogenous tile



Barana Ceramic


Serupa dengan keramik, keramik granit dibuat menggunakan campuran tanah liat, kaolin, dan silika. Perbedaannya adalah, keramik granit dibakar menggunakan suhu yang lebih tinggi sehingga menghasilkan pori-pori lantai yang sangat kecil.


Suhu pembakaran yang tinggi membuat lapisan keramik granit seakan homogen, sehingga penyebutan homogenous tile pun muncul.


2. Keramik granit memiliki tingkat durabilitas tinggi



Duravit


Proses pembuatan dengan suhu tinggi juga membuat lantai keramik granit memiliki tingkat durabilitas yang relatif tinggi.


Hal itu dikarenakan pori-pori keramik granit yang sangat kecil membuat materialnya menjadi lebih keras. Keramik granit bahkan diketahui mampu menopang beban hingga 500kg per meter persegi.


3. Perawatan granit lebih sederhana



Indogress


Dibanding material untuk lantai lainnya, termasuk keramik, perawatan lantai keramik granit relatif sederhana.


Baca juga: Ini dia! Tanaman Hias yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda


Anda bisa menggunakan campuran air panas dan sabun cuci piring untuk mengepel lantai keramik granit. Selanjutnya, Anda dapat membersihkan residu sabun dengan air dingin.


4. Keramik granit tidak mudah kotor





Express Flooring


Durabilitas dan pori-porinya yang kecil membuat lantai keramik granit tidak mudah kotor dan membekas akibat tumpahan kopi, makanan, dan cairan-cairan lainnya.


Lantai keramik granit juga menjadi material yang tidak mudah tergores. Hal tersebut membuat Anda tidak perlu mengalaskan furnitur Anda dengan karpet untuk membuat lantai keramik granit tetap terjaga.  


5. Keramik granit merupakan investasi yang cerdas




Perawatannya yang mudah dan tingkat durabilitas yang tinggi menjadi alasan material keramik granit dapat menjadi investasi yang cerdas.


Baca juga: 6 Tips Mudah Memilih Variasi Cat Warna Putih Pada Rumah


Karena tahan lama dan kualitasnya tidak gampang menurun, nilai jual rumah juga bisa semakin tinggi karena tidak diperlukan proses maintenance yang rumit. Selain itu, interior rumah tentu juga makin indah berkat penggunaan keramik granit. 


6. Motif keramik granit variatif dan unik




Meski motif keramik granit tidak lebih banyak dari keramik biasa, motif yang menyerupai batu alam dari keramik granit selalu menampilkan urat berbeda yang unik sehingga tidak membosankan.


7. keramik granit bisa memberikan kesan elegan




Dibandingkan marmer yang memiliki harga jauh di atas, lantai keramik granit juga tetap bisa memberikan kesan mewah dan elegan pada hunian.


Namun sebelum mendesain interior, sebaiknya Anda menentukan gaya furnitur, warna cat dinding dan warna keramik granit Anda agar ketiga aspek tersebut bisa saling bersinergi dan tidak bertabrakan.


Teaser: Pinterest