Setelah hampir enam tahun tidak meluncurkan mobil listrik, kemarin di Geneva Motor Show 2020, pabrikan asal Jerman, BMW pertama kali memamerkan mobil konsep BMW i4 di depan para pengunjung.







Mobil listrik dari BMW ini disebut juga sebagai electric Gran Coupe dengan 4 pintu dan 4 tempat duduk. Adrian van Hooydonk, Senior Vice President BMW Group Design mengatakan jika i4 merupakan produk sempurna BMW yang tidak mengeluarkan emisi.




Dari performa, mobil ini akan memiliki 530-tenaga kuda dengan percepatan 0-96 kpj hanya dalam tempo empat detik. Mobil listrik ini juga memiliki kecepatan maksimal 200 kpj dengan jangkauan jarak hingga 434 kilometer menggunakan baterai 80 kWh.


Baca juga: Mobil Listrik Compact untuk Solusi Perkotaan


Angka-angka tersebut tentu impresif karena BMW i4 memiliki tingkat efisiensi energi yang cukup mumpuni. Jika dibandingkan, Porsche Taycan Turbo menggunakan bateria 93,4 kWh untuk mencapai jarak tempuh 323 kilometer.






Selain performa, BMW cukup percaya diri akan desain mobil listrik i4 yang dinamis dan elegan. Domagoj Dukec, head of BMW Design berujar jika mobil listrik ini memiliki proporsi fantastis yang akan meningkatkan kenikmatan berkendara.




Kabin mobil listrik BMW i4 lalu didominasi oleh panel unique curved untuk menampilkan instrumen berkendara dan sistem informasi kendaraan.


Baca juga: Perusahaan TV Ini Tampilkan Mobil Listrik Pertamanya!


Panel tersebut melengkung secara elegan dan berisi hampir semua fitur kendaraan, termasuk pengatur suhu. Lewat desain ini, para desainer BMW dapat mengurangi tombol-tombol fisik yang biasa terdapat di dalam dasbor.




BMW i4 merupakan bagian dari masterplan BMW untuk menyediakan 25 variasi mobil listrik pada 2023. Sementara itu, BMW i4 diperkirakan masuk ke tahap produksi pada 2021.


Foto & Teaser: dlmag