Lemari merupakan salah satu furnitur penting yang berfungsi untuk melengkapi interior rumah. Sampai dengan saat ini, lemari kayu masih sangat diminati. Selain tahan lama, desainnya pun cukup variatif. Selain itu cara merawat lemari kayu cukup mudah dan tidak sulit asalkan Anda melakukan prosesnya secara tepat.

Ketika lemari kayu mengalami kerusakan, kondisi ini mengharuskan Anda untuk membeli lemari kayu yang baru. Ini dilakukan untuk mencegah barang-barang yang disimpan di dalam lemari juga rusak. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui cara merawat lemari kayu dengan melakukan beberapa tips ini sehingga dapat menjaga daya tahan lemari kayu tersebut.




1. Jangan Pernah Malas Membongkar Isi Lemari

Sebagian orang malas membongkar isi lemari karena terlalu sibuk dengan aktivitasnya. Padahal, dengan membongkar isi lemari kayu ini penting di mana Anda dapat memeriksa isi secara teratur.


Lemari Kayu Minimalis

Bramble Furniture


Dengan membongkar lemari, Anda bisa membersihkan area-area yang lembap dan berjamur. Jangan sesekali menggunakan lemari yang lembap untuk menyimpan barang-barang penting di dalamnya karena ini akan semakin memperparah kerusakan lemari tersebut dan juga barang-barang yang disimpan di dalamnya.


Baca Juga: Tips Merapikan Pakaian di Dalam Lemari


2. Posisikan Lemari Jauh dari Tembok


Lemari Pakaian dari Kayu

Ikea Indonesia


Biasanya lemari diletakkan menempel dengan tembok atau dinding ruangan. Kondisi ini mungkin terjadi apabila ukuran rumah Anda tergolong kecil. Cara ini dianggap solusi efektif dalam menghemat ruang. Padahal hal sepele ini justru akan membuat lemari rentan lembap dan juga berjamur.

Alangkah baik jika Anda meletakkan lemari dengan memberikan jarak minimal 5 sentimenter dengan tembok. Langkah ini akan membantu memperlancar sirkulasi udara di belakang lemari sehingga cara ini efektif untuk mencegah lemari menjadi lembap.


3. Hindari Memakai Koran sebagai Alas Lemari


Lemari Kayu Minimalis untuk Pakaian

bufetminimalis.com


Banyak orang yang menggunakan koran sebagai alas lemari. Hal ini tentu harus dihindari, karena material koran bisa menjadi makanan terbaik untuk jamur, tungau, yang akan membuat lemari kayi rentan berlembab dan berjamur. Jika sudah terjadi, maka Anda hanya perlu membersihkan lemari sampai bersih sebelum digunakan kembali untuk menyimpan pakaian dan barang-barang lainnya.


Baca Juga: 5 Tips untuk Merawat Furnitur Kayu di Musim Hujan




4. Gunakan Hair Dryer untuk Keringkan Isi Lemari


Lemari Kayu Tradisional

Woodcraft Magazine


Cara merawat lemari kayu ini memang tidak banyak orang yang mengetahuinya. Dengan hair dryer, Anda bisa sekaligus mengeringkan seisi lemari yang lembab sekaligus membersihkan dari kutu, dan jamur yang menempel di sudut-sudut dalam lemari.

Setelah dikeringkan dengan hair dryer, diamkan dan biarkan lemari kosong sebentar sehingga temperaturnya kembali normal. Jika dikira sudah normal, maka baru masukkan kembalil barang-barang ke dalam lemari tersebut. Lakukan proses pengeringan ini secara teratur untuk memperoleh hasil terbaik.


5. Gunakan Lap kering untuk Membersihkan Lemari


Gunakan Lap kering untuk Membersihkan Lemari

howtocleanstuff.net


Bagian luar dari lemari juga harus dibersihkan. Gunakan lap kering untuk menghilangkan debu yang menempel di lapisan luar lemari kayu tersebut. Untuk hasil yang sempurna, disarankan tidak menggunakan lap basah. Karena kandungan air yang ada di lap tersebut justru rentan menyebabkan pertumbuhan jamur pada lemari kayu.


Baca Juga: Cantik & Rapi! 6 Cara Mudah Menata Laci Lemari di Rumah


6. Lapisi Lemari Kayu dengan Cairan Polish


Lapisi Lemari Kayu dengan Cairan Polish

ThriftyFun.com


Bagian luar lemari pun tidak boleh dilupakan. Dengan perawatan yang benar, maka kualitas kayu akan terjaga dan selalu terlihat menarik. Oleh itu, Anda harus rutin melapisi bagian luar lemari kayu dengan cairan polish. Cairan polish ini akan membantu menonjolkan kilau alami dari lemari kayu, bahkan membuat kayu tahan akan serangan rayap. Pastikan Anda memilih cairan polish berkualitas untuk hasil terbaik. 


7. Letakkan Kapur Barus di dalam Lemari


Kapur Barus

ProductNation.co


Kapur barus menjadi solusi tepat untuk mengatasi lemari kayu yang lembab dan berbau tidak sedap. Kandungan yang ada di dalam kapur barus juga efektif mencegah berkembang biak kutu, tungau, dan mikroorganisme lainnya yang akan merusak lemari.

Aroma kapur barus memang cukup menyengat di mana bau ini akan mengusir semua mikroorganisme yang ingin merusak. Jika Anda tidak menyukai aromanya, pilihlah kapur barus yang tidak berbau dan kemas yang rapi. Jangan lupa untuk selalu mengisi kapur barus ke dalam lemari secara berkala.

Mulai dari sekarang, pastikan Anda selalu merawat lemari kayu dengan cara yang tepat dan benar. Dengan demikian furniture tersebut akan tahan lama dan selalu terlihat seperti baru.


foto teaser: indigofurniture.co.uk